PENYELESAIAN SENGKETA NON-LITIGASI ANTARA KONSUMEN DAN JNE EXPRESS ATAS KESALAHAN PENGIRIMAN BARANG (STUDI KASUS PENGIRIMAN DI KOTA MALANG)

Authors

  • Nindia Rifdah Fakhirah Fakultas Hukum, Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Jakarta Author
  • Kayla Mahiya Putri Wibowo Fakultas Hukum, Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Jakarta Author
  • Elisabeth Hana Gracesoldy Sihombing Fakultas Hukum, Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Jakarta Author
  • Desi Yayi Tarina Fakultas Hukum, Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Jakarta Author

DOI:

https://doi.org/10.71282/jurmie.v2i11.1247

Keywords:

Expedition, Logistics Management, Internal Control, Responsibility

Abstract

One of the most common operational problems in the shipping service industry, including large companies such as JNE Express, is the misdelivery of goods. This study focuses on a case of a package being misdelivered from Malang to Banjarmasin due to incorrect labeling and data entry at the initial stage of the shipping process. The analysis shows that not only human error was the source of the problem, but also suboptimal internal control, inconsistent verification procedures at the branch level, and operational pressure caused by large shipping volumes. This study analyzes the management aspects and legal responsibilities of shipping service providers based on the Consumer Protection Law and the Commercial Code, which require companies to maintain the accuracy and security of goods during shipment.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Artikel/Jurnal

Ma’ruf, A., & Sushanty, V. R. (2022). Perlindungan hukum dan tanggung jawab pelaku usaha atas hilangnya paket dalam jasa layanan pengiriman barang melalui PT. JNE wilayah Kediri. Judiciary, 11(2), 1–15. https://ejournal.fh.ubhara.ac.id/index.php/judiciary/article/view/128/124.

Fitriani, N., Sahputra, N., & Al Firah. (2025). Analisis human error karyawan dalam proses pengemasan sparepart pada PT. Riko Parts Medan. JUDIS: Jurnal Multidisiplin dan Sains, 1(2), 66–77. https://doi.org/10.63854/jms.v1i2.33.

Laia, N., Hutagalung, M., Simanjuntak, B., & Purba, P. (2021). Tanggung jawab PT. JNE Express terhadap konsumen dalam pengiriman barang yang hilang dan rusak (Menurut Undang-Undang Nomor 8 Tahun 1999 tentang Perlindungan Konsumen). Jurnal Mutiara Hukum, 4(2), 71–87. https://doi.org/10.51544/jmh.v4i2.5440. Diakses dari https://e-journal.sari-mutiara.ac.id/index.php/JMH/article/download/5440/3667/23126.

Azzam, A., Ridwan, S. M., Sukmono, Y., & Sitania, F. D. (2025). Analisis risiko dan penentuan strategi mitigasi proses pengiriman barang dengan menggunakan metode FMEA (Studi kasus: PT XYZ). Jurnal Teknik Industri (JATRI), 3(2), 9–17. https://doi.org/10.30872/7ktz3063.

Syafrida, S., & Marbun, M. T. (2020). Pertanggung jawaban pelaku usaha melakukan perbuatan yang dilarang dalam kegiatan usaha berdasarkan Pasal 8 juncto Pasal 19 Undang-Undang Nomor 8 Tahun 1999 tentang Perlindungan Konsumen. Nusantara: Jurnal Ilmu Hukum, 3(2), 261–272. https://doi.org/10.47313/njl.v3i2.916. Diakses dari https://journal.unas.ac.id/law/article/view/916.

Ista Sitepu dan Hanamuhamad (21 Juni 2022). Efektivitas BPSK sebagai Lembaga Penyelesaian Sengketa Konsumen. Diakses 20 November 2025. Jurnal Rechten https://rechten.nusaputra.ac.id/article/view/79.

Suherman dan Enggraini (27 Juni 2022). Efektivitas Penyelesaian Sengketa di BPSK Jakarta melalui Konsiliasi. Diakses 20 November 2025. Reformasi Hukum https://ojs.uid.ac.id/index.php/jrh/article/view/393.

M. Sunandar Yuwono dan Ade Saptomo (20 Desember 2024). Legal Efforts in Handling Consumer Disputes at the Consumer Dispute Settlement Body (BPSK) in Indonesia. Diakses 20 November 2025. Asian Journal of Social and Humanities https://doi.org/10.59888/ajosh.v3i3.469.

Elia Damanik dan Fani Budi Kartika. Efektivitas BPSK dalam Melindungi Hak Konsumen: Studi Kasus Jasa Ekspedisi di Kota Medan. Diakses 20 November 2025. Warta Dharmawangsa https://jurnal.dharmawangsa.ac.id/index.php/juwarta/article/view/7589 .

Muhamad Hafizh Dwi Febriani (28 Maret 2024) “Analisis Kecepatan Pengiriman, Akurasi Pelacakan dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan,”. Diakses 20 November 2025. Jurnal Sistem Manajemen dan Digital. https://research.e-siber.org/JSMD/article/view/210.

Muhammad Rizki Ramadhan, & Sri Maharani MTVN. (2025). Perlindungan hukum terhadap pelaku usaha jasa pengiriman barang yang mengalami kerugian akibat konsumen tidak membayar biaya pengiriman barang. HUKMY : Jurnal Hukum, 5(1), 793–802. https://doi.org/10.35316/hukmy.2025.v5i1.793-802

Peraturan Perundang-undangan

Indonesia. (n.d.). Kitab Undang-Undang Hukum Dagang (KUHD). JDIH Mahkamah Agung RI. Diakses 15 November 2025, dari https://jdih.mahkamahagung.go.id/storage/uploads/produk_hukum/file/KUH%20DAGANG.pdf.

Indonesia. (n.d.). Kitab Undang-Undang Hukum Perdata (KUHPerdata). JDIH Mahkamah Agung RI. Diakses 15 November 2025, dari https://jdih.mahkamahagung.go.id/download-file-satker/kitab-undang-undang-hukum-perdata-1.

Indonesia. (1999). Undang-Undang Nomor 8 Tahun 1999 tentang Perlindungan Konsumen. Diakses 15 November 2025, dari https://peraturan.bpk.go.id/Details/45288/uu-no-8-tahun-1999

Keputusan Menteri Perindustrian dan Perdagangan Nomor 350/MPP/Kep/12/2001 tentang Pelaksanaan Tugas dan Wewenang BPSK. Diakses 20 November 2025. https://jdih.kemendag.go.id/depan/js/pdfjs/web/viewer.html?file=https://jdih.kemendag.go.id/pdf/Regulasi/2001/kepmenperindag_350mppkep122001.pdf.

Internet

Uki. (2024, May 9). Barang kembali utuh, pengirim dan JNE Express sepakat damai, begini pernyataan kedua belah pihak. SurabayaPost.id. Diakses 13 November 2025, dari https://surabayapost.id/barang-kembali-utuh-pengirim-dan-jne-express-sepakat-damai-begini-pernyataan-kedua-belah-pihak/.

Syahputra, D. (2025, April 8). 10 penyebab umum keterlambatan pengiriman paket yang perlu kamu tahu. Lion Parcel. Diakses 15 November 2025, dari https://lionparcel.com/info-seller/penyebab-keterlambatan-paket.

Famius, R. (2025, April 20). Human error dalam input produk: Masalah kecil yang bisa berdampak besar. Autokirim. Diakses 15 November 2025, dari https://autokirim.com/blog/human-error-dalam-input-produk/.

Forwarder.ai. (2025, Maret 10). 5 penyebab overload pengiriman dan dampak buruknya pada bisnis. Diakses 15 November 2025, dari https://forwarder.ai/article/overload-pengiriman.

Akbar, A. V. (2025, February 4). Cara mengoptimalkan alur kerja di perusahaan ekspedisi untuk meningkatkan kecepatan layanan. Autokirim. Diakses 15 November 2025, dari https://autokirim.com/blog/cara-mengoptimalkan-alur-kerja-di-perusahaan-ekspedisi-untuk-meningkatkan-kecepatan-layanan/.

Downloads

Published

27-11-2025

How to Cite

PENYELESAIAN SENGKETA NON-LITIGASI ANTARA KONSUMEN DAN JNE EXPRESS ATAS KESALAHAN PENGIRIMAN BARANG (STUDI KASUS PENGIRIMAN DI KOTA MALANG). (2025). Jurnal Riset Multidisiplin Edukasi, 2(11), 856-870. https://doi.org/10.71282/jurmie.v2i11.1247

Similar Articles

1-10 of 197

You may also start an advanced similarity search for this article.