PENELITIAN TINDAKAN KELAS
DOI:
https://doi.org/10.71282/jurmie.v2i6.539Keywords:
Penelitian, Tindakan, KelasAbstract
Penelitian Tindakan Kelas (PTK) merupakan suatu pendekatan sistematis yang dilakukan oleh guru untuk memperbaiki proses pembelajaran di kelasnya sendiri melalui tindakan-tindakan reflektif yang berkelanjutan. Secara teoritis, PTK berakar pada konsep reflective practice yang dikembangkan oleh Kurt Lewin yang menekankan pentingnya refleksi dalam meningkatkan praktik profesional. PTK dilakukan melalui empat tahap utama: perencanaan (planning), pelaksanaan (action), observasi (observing), dan refleksi (reflecting). Dalam konteks pendidikan, PTK bertujuan untuk mengidentifikasi masalah nyata yang terjadi di dalam kelas, merancang solusi yang bersifat tindakan nyata, dan mengevaluasi dampaknya terhadap proses serta hasil belajar siswa. Prinsip-prinsip PTK dilaksanakan dalam lingkungan alamiah kesadaran diri untuk perbaikan kinerja, penggunaan analisis SWOT, upaya empiris dan sistematik, mengikuti prinsip smart dalam perencanaan. Guru sebagai peneliti di kelasnya sendiri, sekaligus sebagai agen perubahan untuk peningkatan kualitas pembelajaran. PTK tidak hanya meningkatkan kompetensi siswa, tetapi juga profesionalisme guru dalam menerapkan strategi pembelajaran yang lebih efektif dan inovatif.
Downloads
References
Afandi, M. 2011. Cara Efektif Menulis Karya Ilmiah Seting Penelitian Tindakan Kelas Pendidikan Dasar Dan Umum. Bandung: Alfabeta, CV.
Anindita SHM Kusuma, Iva Nurmawanti. 2023. Penelitian Tindakan Kelas Sarana Peningkatan Profesionalisme Guru. Lombok Tengah, NTB: Pusat Pengembangan Pendidikan dan Penelitian Indonesia.
Azizah A,. 2021. ‘Pentingnya Penelitian Tindakan Kelas Bagi Guru Dalam Pembelajaran.’ Auladuna : Jurnal Prodi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, 3(1):15–22. https://doi.org/10.36835/au.v3i1.475.
Halik, Abdul, Muhammad Asrul Sultan, and Husnul Khatimah Asri. 2023. ‘Penerapan Model PQRST Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Membaca Pemahaman Siswa Kelas V SDN 176 Barru’.
Husna dkk. 2019. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Harapan Cerdas.
Kusnandar. 2010. Langkah Mudah Penelitian Tindakan Kelas Sebagaimana Pengembangan Profesi Guru. Jakarta: Rajagrafindo Persada.
Nurul Ulfatin. 2015. Metode Penelitian Kualitatif Di Bidang Pendidikan: Teori Dan Aplikasinya. Media Nusa Creative (MNC Publishing). https://books.google.co.id/books?id=kISeEAAAQBAJ.
Pratiwi Bernadetta Purba, dkk. 2021. Penelitian Tindakan Kelas. Cetakan 1. Dei Serdang: Yayasan Kita Menulis.
Prio Utomo. 2024. ‘Metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK): Panduan Praktis Untuk Guru Dan Mahasiswa Di Institusi Pendidikan’. Pubmedia Jurnal Penelitian Tindakan Kelas Indonesia 1, No 4:1–19. https://doi.org/10.47134/ptk.v1i4.821.
Rizal Pahleviannur dkk,. 2022. Penelitian Tindakan Kelas. Sukoharjo: CV. Pradina Pustaka Grup,.
Sadrack Luden dkk. 2023. ‘Pelatihan Penelitian Tindakan Kelas Dan Penulisan Artikel Ilmiah Bagi Guru SD Dan SMP’ 7 (2): 178–84. https://doi.org/10.23887/ijcsl.v7i2.55607.
Sanjaya W,. 2010. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.
Suharsimi Arikunto. 2010. Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.
Sukardi. 2013. Metodologi Penelitian Pendidikan: Kompetensi Dan Praktiknya (Edisi Revisi). Bumi Aksara. 2021. https://books.google.co.id/books?id=gJo_EAAAQBAJ.
Susilowati, Dwi. 2018. ‘Penelitian Tindakan Kelas (PTK): Solusi Alternatif Problematika Pembelajaran’. Jurnal Edunomika 02, No.01.
Vinsensia H. B. Hayon. 2024. ‘WORKSHOP DAN PENDAMPINGAN PENELITIAN TINDAKAN KELAS BAGI GURU SDN OEFOE KECAMATAN ROTE BARAT’ 5, Nomor 3:805. https://doi.org/10.38048/jailcb.v5i3.3792.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Norlaila, Dina Hermina (Author)

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.