Pengaruh Brand Image, Iklan dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Produk Telkomsel di Pangkalpinang

Authors

  • Rani Nurjanah Universitas Bangka Belitung, Bangka Belitung, Indonesia Author
  • Nanang Wahyudin Universitas Bangka Belitung, Bangka Belitung, Indonesia Author
  • Darus Altin Universitas Bangka Belitung, Bangka Belitung, Indonesia Author

DOI:

https://doi.org/10.71282/jurmie.v2i5.308

Keywords:

Brand Image, Iklan, Harga , Keputusan Pembelian

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis kajian tentang Brand Image, Iklan dan Harga. Metode penelitian ini menggunakan penelitian deskriptif. Metode yang digunakan yaitu metode kuantitatif. Jumlah sampel dalam penelitian ini adalah 100 responden dengan menggunakan nonprobability sampling dengan teknik purposive sampling. Model analisis yang digunakan adalah analisis regresi linear berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada Produk Telkomsel di Pangkalpinang berada pada kategori baik. Hasil pengujian analisis regresi berganda menunjukkan hasil positif dari seluruh variabel yang ada. Sedangkan pada uji t dan uji f menunjukkan bahwa Brand image tidak memiliki pengaruh yang signifikan terhadap keputusan pembelian produk Telkomsel di Pangkalpinang, Iklan memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian produk Telkomsel di Pangkalpinang, Harga memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian produk Telkomsel di Pangkalpinang sedangkan Brand image, iklan dan harga berpengaruh terhadap keputusan pembelian produk Telkomsel di Pangkalpinang.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abbas, M., Ismail, H. A., Kessi, M. F., & Tajuddin, I. (2022). Pengaruh Bauran Pemasaran Terhadap Penjualan Produk Kartu Halo Telkomsel. AkMen JURNAL ILMIAH, 19(2), 195-208.

Angelia, Diva. 2022. 4 Operator Seluler di Indonesia Alami Kenaikan Pendapatan pada Semester I 2022. goodstats.id. 21 September 2022

Apshari, A. (2023). Pengaruh Citra Merek, Kualitas Produk, Word Of Mouth Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Menggunakan Telkomsel Simpati Kota Ponorogo (Doctoral dissertation, IAIN Ponorogo).

Buulolo, W., Asmeri, R., & Firdaus, T. R. (2022). Pengaruh Harga, Iklan, dan Citra Merek (Brand Image) Terhadap Keputusan Pembelian Smartphone Android Samsung Galaxy Series Di Kota Padang:(Studi Kasus Samsung Center Padang). Matua Jurnal, 4(3), 509-526.

Fadillah, I. N., & Prijati, P. (2019). Pengaruh Kualitas Produk, Harga, Promosi terhadap Keputusan Pembelian Kartu Simpati. Jurnal Ilmu dan Riset Manajemen (JIRM), 8(11).

Firdaus, R. F., Mariam, S., & Sudrajat, A. (2022). Pengaruh Kualitas Produk Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Kartu Perdana Telkomsel. JSMA (Jurnal Sains Manajemen dan Akuntansi), 14(1), 44-53.

Ghozali, I. (2014). Structural Equation Modeling Metode Alternatif Dengan Partial Least Square. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Ghozali, I. 2016. Aplikasi Analisis Multivariate dengan Progam SPSS. Cetakan Delapan. Universitas Diponegoro. Semarang.

Ghozali, Imam. 2021. Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program IBM SPSS 26. 10th ed. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Hardani, Andriani, H., Auliya, N. H., Fardani, R. A., Ustiawaty, J., Utami, E. F., Sukmana, D. J., & Istiqomah, R. R. (2020). Buku Metode Penelitian Kualitatif dan Kuantitatif (Issue March).

Hartono, N. W., & Sulistyowati, M. (2021). Pengaruh Citra Merek, Kualitas Produk, dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Kartu Telkomsel di Surakarta. Kelola, 8(1), 1-9.

Irani, R. A. (2019). Pengaruh Iklan dan Citra Merek terhadap Keputusan Pembelian Kartu Simpati Di Kota Jambi. Jurnal Manajemen Terapan dan Keuangan, 8(3), 52-58.

Iskandar. (2009). Metodologi Penelitian Kualitatif. Jakarta: Gaung Persada Press

Khusnaeni, N. L., Yulianto, E., & Sunarti, S. (2017). Pengaruh iklan terhadap sikap konsumen serta dampaknya pada keputusan pembelian (survei pada mahasiswa s1 universitas brawijaya malang pengguna kartu seluler telkomsel 4G LTE yang pernah melihat iklan telkomsel 4G LTE versi “nixia gamer”) (Doctoral dissertation, Brawijaya University).

Kotler dan Armstrong. (2019). Manajemen Pemasaran. Yogyakarta: CV Budi Utama

Kotler, P. & Armstrong, G. (2018). Principles of Marketing (17th ed.). United Kingdom: Pearson.

Kotler, Philip & Keller Kevin Lane. (2009). Marketing-Manajemen. New Jersey: Pearson.

Kotler, Philip., Keller, K. L. (2013). Manajemen Pemasaran (kedua). PT Erlangga.

Kotler,Philipand & Keller,Kevin Lane. (2012). Marketing Management. 14 the edition. New Jersey : Prentice.

Kusumaningtyas, M. S. (2020). Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Harga Terhadap Kepuasan Konsumen Kartu Paket Internet Pada Mahasiswa IAIN Ponorogo (Doctoral dissertation, IAIN PONOROGO).

KV, S., Kp, N., & Kamath, G. B. (2021). Social media advertisements and their influence on consumer purchase intention. Cogent Business & Management, 8(1), 2000697.

Lasaib, I. N. (2016). Pengaruh citra merek, iklan, kualitas yang dirasa terhadap keputusan pembelian sim card Telkomsel di Surabaya (Doctoral dissertation, Stie Perbanas Surabaya).

Medina. 2023. Pelanggan Layanan Seluler Cenderung Menurun. www.kompas.id. 9 April 2023

Nisak, D. A. K., & Astuningsih, S. E. (2021). Pengaruh Kepercayaan Merek, Harga, Kualitas Layanan dan Promosi terhadap Keputusan Pembelian Kartu Prabayar Produk Simpati Telkomsel (Studi pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam Iain Tulungagung). Jurnal Manajemen Dan Bisnis Indonesia, 7(1), 41-48.

Nugroho, F. A. (2021). Pengaruh Kualitas Produk, Harga dan Citra Merek terhadap Keputusan Pembelian Kartu Internet Telkomsel (Studi Pada Masyarakat Di Kabupaten Kediri). Jurnal Ilmiah Mahasiswa FEB, 10(1).

Nur, M., & Jumiati, J. (2022). Pengaruh Harga Paket Internet dan Customer Experience terhadap Keputusan Pembelian Pelanggan Kartu Perdana Internet Telkomsel (Studi pada Masyarakat Kota Sigli Kabupaten Pidie). Jurnal Ekobismen, 2(2), 49-64.

Pratama, B. S., Fathoni, A., & Hasiholan, L. B. (2017). Analisis Pengaruh Brand Image, Kualitas Produk Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Produk Kartu Perdana Telkomsel (Studi Pada Pengunjung Di Event-Event Kampus). Journal of Management, 3(3).

Rianto, M. R., Setyawati, N. W., Rohaeni, H., & Woelandari, D. S. (2022). Pengaruh Harga, Promosi dan Inovasi Terhadap Kepuasan Pelanggan Provider Telkomsel Pada Generasi Milenial Muslim di Kota Bekasi. Jurnal Ilmiah Ekonomi Islam, 8(2), 2159-2166.

Rizal, M. F. (2022). Pengaruh Merk, Harga, Dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Paket Internet Telkomsel (Studi Kasus Mahasiswa FEB Universitas Islam Malang Angkatan 2018).

Sakul, O. I., Tampi, J., & Tumbel, T. (2017). Pengaruh Brand Image Terhadap Keputusan Pembeli Simcard Telkomsel Pada Mahasiswa Fispol Unsrat Manado. JURNAL ADMINISTRASI BISNIS (JAB).

Saputra, M., & Putra, D. A. W. (2021). Pengaruh Harga, Iklan, dan Kualitas Produk terhadap Keputusan Pembelian Layanan Internet Telkomsel. Keizai, 2(2), 59-70.

Sugiyono. (2012). Metodologi Penelitian. Jawa Timur: Kbm Indonesia

Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D (cetakan ke). Alfabeta

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Pendekatan Kuantitatif. Bandung: CV. Media Sains Indonesia

Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung:Alfabeta.

Umama, H. A. (2017). Pengaruh Brand Awareness dan Brand Image terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Produk Telkomsel (Studi Masyarakat di Kota Serang Provinsi Banten) Abstrak Hany Azza Umama (1) Rifki Rakasiwi (2) Universitas Serang. Jurnal Manajemen, 7(2).

Veronica, S. (2018). Pengaruh Harga, Iklan, dan Brand Image terhadap Keputusan Pembelian Produk Supermi di Kecamatan Batam Kota (Doctoral dissertation, Prodi Manajemen).

Wahyuni, S., & Pardamean, J. (2016). Pengaruh Iklan, Harga Dan Kualitas Layanan Terhadap Keputusan Pembelian Kartu Simpati Di Institute Perbanas. Jurnal studi manajemen dan bisnis, 3(1), 13-30.

Winata, E. (2020). Pengaruh Kualitas Produk, Harga Dan Citra Merek terhadap Keputusan Pembelian Ulang Pulsa pada Kartu Simpati Telkomsel (Studi kasus pada mahasiswa STIM Sukma Medan). Jurnal Ilman: Jurnal Ilmu Manajemen, 8(2), 25-32.

Zakaria, A. F., Lim, S. C. J., & Aamir, M. (2024). A pricing optimization modelling for assisted decision making in telecommunication product-service bundling. International Journal of Information Management Data Insights, 4(1), 100212.

Zulkodri, M. 2023. Jumlah Penduduk Pangkalpinang Bertambah Signifikan, Pemerintah Klaim Karena Pertumbuhan Ekonomi. bangka.tribunnews.com. 21 Januari 2023

Downloads

Published

16-05-2025

How to Cite

Pengaruh Brand Image, Iklan dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Produk Telkomsel di Pangkalpinang. (2025). Jurnal Riset Multidisiplin Edukasi, 2(5), 195-220. https://doi.org/10.71282/jurmie.v2i5.308

Similar Articles

11-20 of 65

You may also start an advanced similarity search for this article.