Dampak pendampingan dengan manajemen aktivitas berdasar al-Qur'an dan Hadits terhadap siswa autis di sekolah umum

Authors

  • viqi nursekha Universitas Islam Kalimantan Muhammad Arsyad Al Banjari Banjarmasin Author
  • Viqi Nursekha, Zakky Zamrudi, Syahrial Shaddiq Universitas Islam Kalimatan Muhammad Arsyad Al Banjari Banjarmasin Author

DOI:

https://doi.org/10.71282/at-taklim.v2i11.1189

Keywords:

Qur, Hadith, Autis, Manajemen aktivitas

Abstract

Semua anak berhak mendapatkan pendidikan yang baik, termasuk anak autis. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dampak pendampingan dengan manajemen aktivitas berdasar al-Qur'an dan Hadits terhadap siswa autis. Penelitian ini menggunakan desain penelitian kualitatif. Proses pengambilan data dilakukan dengan observasi, dokumentasi, wawancara, kajian pustaka serta kajian al-Qur'an dan Hadits. Objek penelitian ialah seorang siswa autis yang didampingi penulis di SMP Muhammadiyah 3 Banjarmasin. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa manajemen aktivitas berdasar Al -Qur'an dan Hadits berdampak positif bagi siswa yang didampingi.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biography

  • Viqi Nursekha, Zakky Zamrudi, Syahrial Shaddiq, Universitas Islam Kalimatan Muhammad Arsyad Al Banjari Banjarmasin

    Viqi Nursekha, Universitas Islam Kalimantan Muhammad Arsyad Al Banjari.

    Zakky Zamrudi, Universitas Islam Kalimantan Muhammad Arsyad Al Banjari.

    Syahrial Shaddiq, Universitas Lambung Makurat Banjarmasin

References

Al Qur’an dan Terjemahannya. Almumayyaz (2014). Bekasi: Cipta Bagus Segara.

Divisi Fatwa Majelis Tarjih dan Tajdid Pimpinan Pusat Muhammadiyah (2020a) Fidyah Shalat Menurut Tarjih, Suara Muhammadiyah. Tersedia di: https://web.suaramuhammadiyah.id/2020/06/08/fidyah-shalat/amp/ (diakses: 4 November 2024).

Divisi Fatwa Majelis Tarjih dan Tajdid Pimpinan Pusat Muhammadiyah (2020b) Kewajiban Muslim terhadap Orang Gila, Suara Muhammadiyah. Tersedia di: https://web.suaramuhammadiyah.id/2020/01/02/kewajiban-muslim-terhadap-orang-gila/amp/ (Diakses: 4 November 2024).

Frimpong, S.O. (2021) ‘The role of teaching and learning materials and interaction as a tool to quality early childhood education in Agona East District of the Central Region of Ghana’, African Educational Research Journal, 9(Maret), hal. 168–178. Tersedia di: https://doi.org/10.30918/AERJ.91.20.112.

Haryanto, H. (2008) Rasulullah Way of Managing People Seni Mengelola Sumber Daya Manusia. Cetakan 1. Editor M.Y.A. Muthalib. Jakarta Timur: Khalifa (Pustaka Al-Kautsar Grup).

Kartika, G.N. (2024) Manajemen Keislaman. Banjarmasin: Universitas Islam Kalimantan Muhammad Arsyad Al Banjari Banjarmasin.

Makarim, F.R. (2024) Autisme, Halodoc. Tersedia di: https://www.halodoc.com/kesehatan/autisme?srsltid=AfmBOoo_oyBmq7MIEsygnH5YEy_URkveNgmN69VzMfS-1WqbBTSR_Zsn (Diakses: 13 Oktober 2024).

Mukhtar, M. (2013) Metode Praktis Penelitian Deskriptif Kualitatif. Jakarta: GP Press Group.

Nashir, H. (2023) Akhlak Bermusyawarah di Muhammadiyah, Suara Muhammadiyah. Tersedia di: https://www.suaramuhammadiyah.id/read/akhlak-bermusyawarah-di-muhammadiyah (Diakses: 5 November 2024).

Nugroho, A. dan Masrukan, F. (2018) ‘Studi Metode Dakwah Ceramah Persuasif yang digunakan Ustad Jamil di Masjid At-Tauhid Betiting Surabaya pada Pengajian kitab Al-Wajiz fi Fiqh Sunnah’, Masjiduna : Jurnal Ilmiah Stidki Ar-Rahmah, 1(1), hal. 1–16. Tersedia di: https://doi.org/10.52833/masjiduna.v1i1.19.

Pimpinan Pusat Muhammadiyah (2024) Berita Resmi Muhammadiyah Nomor 03/2022-2027/Syakban 1445 H/Februari 2024 M. Yogyakarta: Pimpinan Pusat Muhammadiyah. Tersedia di: https://tarjih.or.id/wp-content/uploads/2024/03/BRM-03-Tanfidz-Keputusan-Munas-Tarjih.pdf.

Sholeh, M.J. (2015) ‘Pandangan dan Kritik Yusuf Al-Qaradawi terhadap Pandangan Barat tentang Agama dan Ilmu Pengetahuan’, MARAJI : JURNAL STUDI KEISLAMAN, 2(September), hal. 92–116. Tersedia di: https://www.neliti.com/id/publications/149181/pandangan-dan-kritik-yûsuf-al-qaradâwî-terhaadap-pandangan-barat-tentang-agama-d.

Stefanni, D.M. (2024) Wamenkes Ungkap 2,4 Juta Anak di Indonesia Idap Autisme, detikhealth. Tersedia di: https://health.detik.com/berita-detikhealth/d-7336606/wamenkes-ungkap-2-4-juta-anak-di-indonesia-idap-autisme?single=1 (Diakses: 3 November 2024).

Sugiyono, S. (2016) Memahami Penelitian Kualitatif. Cetakan 12. Bandung: Alfabeta.

Syarif, A. (2024) Tuntunan Islam dalam Mengendalikan Amarah, Pimpinan Daerah Muhammadiyah Kota Tangerang. Tersedia di: https://pdmtangerang.or.id/tuntunan-islam-dalam-mengendalikan-amarah/ (Diakses: 5 November 2024).

Tasbih, T. dan Hafid, S.A. (2024) ‘Metode Pembinaan Karakter Islami Anak Autis Berbasis Media Audiovisual’, Jurnal Al-Irsyad Al-Nafs, 11(1), hal. 47–60. Tersedia di: https://doi.org/10.24252/al-irsyad%20al-nafs.v11i1.50607.

Usop, D.S. and Kholisotin, L. (2017) ‘Pendidikan Islami bagi Penyandang Autisme’, Anterior Jurnal, 17(1), hal. 1–10. Tersedia di: https://doi.org/10.33084/anterior.v17i1.14.

Wahyuni, W. (2023) Hak Warga Negara dalam Memperoleh Pendidikan, JDIH Kota Probolinggo. Tersedia di: https://jdih.probolinggokota.go.id/2023/05/03/hak-warga-negara-dalam-memperoleh-pendidikan/ (Diakses: 3 November 2024).

Downloads

Published

18-11-2025

How to Cite

Dampak pendampingan dengan manajemen aktivitas berdasar al-Qur’an dan Hadits terhadap siswa autis di sekolah umum. (2025). AT-TAKLIM: Jurnal Pendidikan Multidisiplin, 2(11), 394-405. https://doi.org/10.71282/at-taklim.v2i11.1189

Similar Articles

11-20 of 96

You may also start an advanced similarity search for this article.