Dampak pendampingan dengan manajemen aktivitas berdasar al-Qur'an dan Hadits terhadap siswa autis di sekolah umum
DOI:
https://doi.org/10.71282/at-taklim.v2i11.1189Keywords:
Qur, Hadith, Autis, Manajemen aktivitasAbstract
Semua anak berhak mendapatkan pendidikan yang baik, termasuk anak autis. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dampak pendampingan dengan manajemen aktivitas berdasar al-Qur'an dan Hadits terhadap siswa autis. Penelitian ini menggunakan desain penelitian kualitatif. Proses pengambilan data dilakukan dengan observasi, dokumentasi, wawancara, kajian pustaka serta kajian al-Qur'an dan Hadits. Objek penelitian ialah seorang siswa autis yang didampingi penulis di SMP Muhammadiyah 3 Banjarmasin. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa manajemen aktivitas berdasar Al -Qur'an dan Hadits berdampak positif bagi siswa yang didampingi.
Downloads
References
Al Qur’an dan Terjemahannya. Almumayyaz (2014). Bekasi: Cipta Bagus Segara.
Divisi Fatwa Majelis Tarjih dan Tajdid Pimpinan Pusat Muhammadiyah (2020a) Fidyah Shalat Menurut Tarjih, Suara Muhammadiyah. Tersedia di: https://web.suaramuhammadiyah.id/2020/06/08/fidyah-shalat/amp/ (diakses: 4 November 2024).
Divisi Fatwa Majelis Tarjih dan Tajdid Pimpinan Pusat Muhammadiyah (2020b) Kewajiban Muslim terhadap Orang Gila, Suara Muhammadiyah. Tersedia di: https://web.suaramuhammadiyah.id/2020/01/02/kewajiban-muslim-terhadap-orang-gila/amp/ (Diakses: 4 November 2024).
Frimpong, S.O. (2021) ‘The role of teaching and learning materials and interaction as a tool to quality early childhood education in Agona East District of the Central Region of Ghana’, African Educational Research Journal, 9(Maret), hal. 168–178. Tersedia di: https://doi.org/10.30918/AERJ.91.20.112.
Haryanto, H. (2008) Rasulullah Way of Managing People Seni Mengelola Sumber Daya Manusia. Cetakan 1. Editor M.Y.A. Muthalib. Jakarta Timur: Khalifa (Pustaka Al-Kautsar Grup).
Kartika, G.N. (2024) Manajemen Keislaman. Banjarmasin: Universitas Islam Kalimantan Muhammad Arsyad Al Banjari Banjarmasin.
Makarim, F.R. (2024) Autisme, Halodoc. Tersedia di: https://www.halodoc.com/kesehatan/autisme?srsltid=AfmBOoo_oyBmq7MIEsygnH5YEy_URkveNgmN69VzMfS-1WqbBTSR_Zsn (Diakses: 13 Oktober 2024).
Mukhtar, M. (2013) Metode Praktis Penelitian Deskriptif Kualitatif. Jakarta: GP Press Group.
Nashir, H. (2023) Akhlak Bermusyawarah di Muhammadiyah, Suara Muhammadiyah. Tersedia di: https://www.suaramuhammadiyah.id/read/akhlak-bermusyawarah-di-muhammadiyah (Diakses: 5 November 2024).
Nugroho, A. dan Masrukan, F. (2018) ‘Studi Metode Dakwah Ceramah Persuasif yang digunakan Ustad Jamil di Masjid At-Tauhid Betiting Surabaya pada Pengajian kitab Al-Wajiz fi Fiqh Sunnah’, Masjiduna : Jurnal Ilmiah Stidki Ar-Rahmah, 1(1), hal. 1–16. Tersedia di: https://doi.org/10.52833/masjiduna.v1i1.19.
Pimpinan Pusat Muhammadiyah (2024) Berita Resmi Muhammadiyah Nomor 03/2022-2027/Syakban 1445 H/Februari 2024 M. Yogyakarta: Pimpinan Pusat Muhammadiyah. Tersedia di: https://tarjih.or.id/wp-content/uploads/2024/03/BRM-03-Tanfidz-Keputusan-Munas-Tarjih.pdf.
Sholeh, M.J. (2015) ‘Pandangan dan Kritik Yusuf Al-Qaradawi terhadap Pandangan Barat tentang Agama dan Ilmu Pengetahuan’, MARAJI : JURNAL STUDI KEISLAMAN, 2(September), hal. 92–116. Tersedia di: https://www.neliti.com/id/publications/149181/pandangan-dan-kritik-yûsuf-al-qaradâwî-terhaadap-pandangan-barat-tentang-agama-d.
Stefanni, D.M. (2024) Wamenkes Ungkap 2,4 Juta Anak di Indonesia Idap Autisme, detikhealth. Tersedia di: https://health.detik.com/berita-detikhealth/d-7336606/wamenkes-ungkap-2-4-juta-anak-di-indonesia-idap-autisme?single=1 (Diakses: 3 November 2024).
Sugiyono, S. (2016) Memahami Penelitian Kualitatif. Cetakan 12. Bandung: Alfabeta.
Syarif, A. (2024) Tuntunan Islam dalam Mengendalikan Amarah, Pimpinan Daerah Muhammadiyah Kota Tangerang. Tersedia di: https://pdmtangerang.or.id/tuntunan-islam-dalam-mengendalikan-amarah/ (Diakses: 5 November 2024).
Tasbih, T. dan Hafid, S.A. (2024) ‘Metode Pembinaan Karakter Islami Anak Autis Berbasis Media Audiovisual’, Jurnal Al-Irsyad Al-Nafs, 11(1), hal. 47–60. Tersedia di: https://doi.org/10.24252/al-irsyad%20al-nafs.v11i1.50607.
Usop, D.S. and Kholisotin, L. (2017) ‘Pendidikan Islami bagi Penyandang Autisme’, Anterior Jurnal, 17(1), hal. 1–10. Tersedia di: https://doi.org/10.33084/anterior.v17i1.14.
Wahyuni, W. (2023) Hak Warga Negara dalam Memperoleh Pendidikan, JDIH Kota Probolinggo. Tersedia di: https://jdih.probolinggokota.go.id/2023/05/03/hak-warga-negara-dalam-memperoleh-pendidikan/ (Diakses: 3 November 2024).
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 viqi nursekha, Viqi Nursekha, Zakky Zamrudi, Syahrial Shaddiq (Author)

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.










