Pengambilan Keputusan Kepala Sekolah Dalam Mengelola Konflik dan Perbedaan Pendapat
DOI:
https://doi.org/10.71282/at-taklim.v2i5.310Keywords:
kepala sekolah, Konflik, Perbedaan pendapat, Kepemipinan, KomunikasiAbstract
Peran kepala sekolah sangat krusial dalam memelihara suasana harmonis di lingkungan sekolah melalui pengambilan keputusan yang tepat saat terjadi konflik dan perbedaan pendapat. Pengambilan keputusan yang tepat dan berbasis nilai-nilai kepemimpinan partisipatif sangat diperlukan untuk mengelola perbedaan pendapat secara konstruktif. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menelusuri bagaimana peran kepala sekolah dalam pengambilan keputusan, menjelaskan cara pengelolaan perbedaan pendapat berdasarkan studi terdahulu, serta menyusun saran praktis dari hasil telaah literatur. Metode yang digunakan dalam penelitian berupa studi literatur dengan menelaah berbagai sumber terkait kepemimpinan dan manajemen konflik di sekolah. Hasil kajian menunjukkan bahwa kepala sekolah yang menerapkan kepemimpinan partisipatif dapat mengelola konflik dan perbedaan pendapat dengan melibatkan semua pihak secara aktif dalam proses pengambilan keputusan. Kepala sekolah perlu menguasai keterampilan komunikasi dan manajemen konflik untuk menciptakan keputusan yang adil dan mendukung keharmonisan di sekolah. Saran praktisnya adalah pentingnya pelatihan bagi kepala sekolah dalam pengelolaan konflik dan komunikasi efektif.
Downloads
References
Akhmad, S. (2019). Kepemimpinan kepala sekolah dalam melestarikan budaya mutu. EVALUASI: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 3(1), 257-273.
Aqli, M. S. (2022). Pengelolaan Konflik Studi Kasus Kepala Sekolah Madrasah Tsanawiyah Negeri 2 Jember Al Fuadiy. Hukum Keluarga Islam, 4(2), 1-10.
Arifin, I. &. (2023). Strategi manajemen kepala sekolah dalam mengelola konflik pendidikan di SMP Roudlotussalam Banyuwangi. Jurnal Ilmiah Pendidikan, 12(3), 553–570.
Bashori, B. (2020). Resolusi manajemen konflik (kajian manajemen konflik di lembaga. Civic-Culture: Jurnal Ilmu Pendidikan PKN dan Sosial Budaya, 4(2).
Brata, T. A. (2011). Peran Kepemimpinan Dalam Mengendalikan Konflik. Jurnal Media, 7(4), 56-64.
Kamaluddin, A. (2022). Kontsruksi Makna Taaruf Dalam Al-Qur’an (Upaya Membangun Harmonisasi Kehidupan Sosial). Al-Tadabbur: Jurnal Ilmu Al-Qur'an dan Tafsir, 7(2).
M. Alwi , & Safwandy Nugraha, M. (2023). Kepemimpinan Transformasional dalam Manajemen Konflik (Studi Kasus MTs Al-Istiqomah Kecamatan Warudoyong Kota Sukabumi). Jurnal Publikasi Sistem Informasi Dan Manajemen Bisnis, 2(2), 31–48.
Rahmatullah, M. Ilyas, Mutamakin, & Azmir Suljic4. (2024). Conflict Management Strategy in Principal Leadership. Leadership: Jurnal Mahasiswa Manajemen Pendidikan Islam, 192-2044.
Rahmi, A., & Jarkawi. (2023). Kepemimpinan Dan Perilaku Organisasi : Teori dan Praktik di Bidang Manajemen dan Pendidikan. Jawa Barat: Adab.
Rahmi, A., Muin, A., Zahra, A., Suriansyah, Sartika, D., Rahmawati, Y., Mayangsari, S. D. (2023). Peran Kepemimpinan Kepala Sekolah dalam Proses Supervisi Pendidikan untuk Meningkatan Mutu Pendidikan Di Era Society 5.0. Jawa Barat: Adab.
Sabariah, H. Rufi'i, & Rahmi, A. (2024). Kepemimpinan Kepala Sekolah dalam Peningkatan Kinerja Guru. Jawa Tengah: Amerta Media.
Sofia, N. N. (2021). Manajemen Konflik di Pesantren Melalui Kultur Pesantren dan Gaya Kepemimpinan Kyai. Jurnal Studi Islam dan Kemuhammadiyahan (JASIKA), 1(1), 1–16.
Yuniaty, D. (2013). Peran Pimpinan Dalam Menyelesaikan Konflik Di Organisasi. Program Studi Sekretari, Universitas Negeri Yogyakarta.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Candra Pratama, Asmiati, Agustina Rahmi (Author)

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.