Efektivitas Bimbingan Klasikal Dengan Teknik Sosiodrama Dalam Meningkatkan Pengendalian Diri Pada Siswa SMPN 4 Madiun

Authors

  • Wahyu Dwi Lestari Universitas PGRI Madiun, Jawa Timur, Indonesia Author
  • Nunung Lusiana Margawati Universitas PGRI Madiun, Jawa Timur, Indonesia Author
  • Tyas Martika Anggriana Universitas PGRI Madiun, Jawa Timur, Indonesia Author

DOI:

https://doi.org/10.71282/at-taklim.v2i5.330

Keywords:

Bimbingan Klasikal, Sosiodrama, Pengendalian Diri

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah layanan bimbingan klasikal dengan teknik sosiodrama efektif dalam meningkatkan pengendalian diri siswa kelas VIIIC SMP Negeri 4 Madiun. Latar belakangnya adalah masih adanya siswa yang kurang mampu mengendalikan diri, seperti mudah marah dan bertindak impulsif. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif deskriptif dalam bentuk Penelitian Tindakan Bimbingan dan Konseling (PTBK), dengan subjek 32 siswa. Data dikumpulkan melalui angket, observasi, dan evaluasi kegiatan. Tindakan dilakukan dalam dua siklus. Pada siklus pertama, keterlibatan siswa masih rendah, tetapi meningkat pada siklus kedua dan disertai perubahan perilaku yang lebih baik. Hasilnya, rata-rata skor pengendalian diri naik dari 59,6 (pretest) menjadi 77,4 (setelah siklus II). Jumlah siswa dengan pengendalian diri tinggi meningkat, sedangkan yang rendah menurun menjadi nol. Ini menunjukkan bahwa teknik sosiodrama efektif dalam membantu siswa mengendalikan diri. Oleh karena itu, metode ini direkomendasikan untuk digunakan dalam layanan bimbingan di sekolah

Downloads

Download data is not yet available.

References

Arikunto, S. (2015). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Corey, G. (2016). Theory and Practice of Counseling and Psychotherapy (10th ed.). Boston: Cengage Learning.

Desmita. (2016). Psikologi Perkembangan Peserta Didik. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Ghufron, M. N., & Risnawita, R. (2016). Teori-teori Psikologi. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Latipun. (2021). Psikologi Konseling. Malang: UMM Press.

Mulyasa, E. (2015). Menjadi Guru Profesional: Menciptakan Pembelajaran Kreatif dan Menyenangkan. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D). Bandung: Alfabeta.

Sutardjo, & Rachmadi, W. (2018). Efektivitas Teknik Sosiodrama dalam Meningkatkan Keterampilan Sosial Siswa SMP. Jurnal Bimbingan Konseling, 7(2), 45–52.

Downloads

Published

19-05-2025

How to Cite

Efektivitas Bimbingan Klasikal Dengan Teknik Sosiodrama Dalam Meningkatkan Pengendalian Diri Pada Siswa SMPN 4 Madiun. (2025). AT-TAKLIM: Jurnal Pendidikan Multidisiplin, 2(5), 432-438. https://doi.org/10.71282/at-taklim.v2i5.330

Similar Articles

1-10 of 14

You may also start an advanced similarity search for this article.