Digitalisasi Pelayanan Publik di Era Revolusi Industri 4.0
DOI:
https://doi.org/10.71282/jurmie.v2i5.337Keywords:
Digitalisasi, Pelayanan Publik, Revolusi Industri 4.0, E-governmentAbstract
Penelitian ini mengkaji mengenai perkembangan teknologi digital yang pesat dan telah mendorong transformasi dalam berbagai aspek kehidupan, termasuk dalam penyelenggaraan pelayanan publik. Era Revolusi Industri 4.0 menuntut adanya adaptasi sistem pemerintahan menuju digitalisasi untuk meningkatkan efisiensi, transparansi, dan akuntabilitas. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis proses digitalisasi pelayanan publik di era Revolusi Industri 4.0, mengidentifikasi tantangan yang dihadapi, serta merumuskan strategi untuk optimalisasi implementasinya. Namun, keberhasilannya sangat bergantung pada kesiapan infrastruktur teknologi, sumber daya manusia yang kompeten, keamanan siber yang handal, serta komitmen kuat untuk memastikan bahwa digitalisasi dapat benar-benar memberikan manfaat maksimal bagi masyarakat dan mewujudkan tata kelola pemerintahan yang lebih baik.
Downloads
References
Arifin, Z., & Kohar, A. (2022). Dampak revolusi industri 4.0 terhadap kesiapan Indonesia. MENAWAN, 3(1), 195-205. https://journal.areai.or.id/index.php/MENAWAN/article/download/1181/1493/6246
Mulyono, I. U. W., Susanto, A., Widyatmoko, K., & Ningrum, N. K. (2023). Digitalisasi Pelayanan Publik dan Digital Marketing Produk UMKM Desa Karangpakel, Kec. Trucuk, Kab. Klaten. Jurnal Nasional Pengabdian Masyarakat Ilmu Komputer, 2(1), 25-33.
Pratama, A.B. (2021). "Kapasitas Aparatur dalam Transformasi Digital Pemerintahan", Jurnal Ilmu Sosial dan Politik, 24(2), 217-233.
Prihartono, D. (2023). Penerapan pelayanan publik berbasis e-governance pada era revolusi industri 4.0. Kebijakan: Jurnal Ilmu Administrasi, 14(2), 192-201. https://journal.unpas.ac.id/index.php/kebijakan/article/view/5179
Pusparisa, Y. (2020, September 15). Pengguna Smartphone diperkirakan Mencapai 89% Populasi pada 2025. Katadata. https://databoks.katadata.co.id/teknologi-telekomunikasi/statistik/bdbf32de49a325c/pengguna-smartphone-diperkirakan-mencapai-89-populasi-pada-2025
Satya, A. (2018). Perkembangan teknologi dan industri 4.0. FORKA. https://forka.id/perkembangan-teknologi-dan-industri-4-0.htm1
Setiadi, D., & Muhaemin, M. N. A. (2018). Penerapan internet of things (IOT) pada sistem monitoring irigasi (Smart Irigasi). Infotronik: Jurnal Teknologi Informasi dan Elektronika, 3(2), 95-102. https://doi.org/10.32897/infotronik.2018.3.2.108
Taufiqurokhman, T., Pathony, T., Syahmahita Damanik, F. H., Nurhakim, A., & Judijanto, L. (2023). Transformasi E-Government: Mengevaluasi Dampak Digitalisasi terhadap Pelayanan Publik. Jurnal Cahaya Mandalika (JCM), 1796.
Wardani, H. K., Mazidah, E. N., & Hidayah, B. (2024). Potensi dan tantangan kecerdasan buatan sebagai asisten belajar mahasiswa FKIP dalam menyelesaikan tugas akademik. Jurnal Ilmu Sosial dan Budaya Indonesia, 2(1), 18-30. https://doi.org/10.61476/9mq47w18
Yunaningsih, A., Indah, D., & Septiawan, F. E. (2021). Upaya meningkatkan kualitas layanan publik melalui digitalisasi. Altasia Jurnal Pariwisata Indonesia, 3(1), 9-16. https://journal.uib.ac.id/index.php/altasia/article/view/4336
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Yuni Antika, Mutia Sabila, Desta Natalia, Devi Auliya Sari, Ihwan Nuddin (Author)

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.