Analisis Pengaruh User Experience Terhadap Kepuasan Pengguna Pada Aplikasi myBCA Menggunakan UX Honeycomb

Authors

  • Angga Bagus Prasetyo Universitas Bina Sarana Informatika, Indonesia Author
  • M Ilyas Dwi Anggara Universitas Bina Sarana Informatika, Indonesia Author
  • Rinda Shafira Universitas Bina Sarana Informatika, Indonesia Author
  • Murniyati Universitas Bina Sarana Informatika, Indonesia Author

DOI:

https://doi.org/10.71282/jurmie.v2i1.84

Keywords:

Kepuasan Pelanggan, Aplikasi myBCA, User Experience, Perbankan Digital

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh user experience terhadap kepuasan pengguna aplikasi myBCA, yang merupakan salah satu aplikasi mobile banking terkemuka di Indonesia. Dalam era digital yang semakin berkembang, pemahaman yang mendalam tentang pengalaman pengguna menjadi krusial untuk meningkatkan kepuasan dan loyalitas pengguna. Dengan menggunakan metode kuantitatif, data dikumpulkan dari 30 responden melalui kuesioner yang dirancang untuk mengevaluasi berbagai aspek user experience, termasuk kemudahan penggunaan, keandalan, dan kepuasan keseluruhan. Hasil analisis regresi linier sederhana menunjukkan bahwa user experience memiliki pengaruh positif yang signifikan terhadap kepuasan pengguna, dengan koefisien regresi sebesar 0,463 (p < 0,01). Temuan ini mengindikasikan bahwa peningkatan dalam kualitas user experience secara langsung berkontribusi pada peningkatan kepuasan pengguna. Penelitian ini memberikan wawasan berharga bagi pengembang aplikasi untuk merancang fitur dan antarmuka yang lebih responsif dan user-friendly, serta menekankan pentingnya inovasi berkelanjutan dalam memenuhi kebutuhan pengguna. Dengan demikian, penelitian ini tidak hanya berkontribusi pada literatur akademis mengenai user experience dan kepuasan pengguna, tetapi juga memberikan rekomendasi praktis untuk pengembangan aplikasi perbankan yang lebih baik di Indonesia.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Alja FM, Daniati E, Ristyawan A. Perancangan Ui/Ux E-Commerce Menggunakan Metode User Centered Design (Ucd). J Inf Syst Manag. 2024;6(1):93-101. doi:10.24076/joism.2024v6i1.1669

Purwaningtias F, Ulfa M. Desain UI/UX Website Menggunakan Metode Lean UX. J Inf Technol Ampera. 2024;5(1):117-128. doi:10.51519/journalita.v5i1.589

Nabila G, Wahyuni S. Penerapan UI/UX Dengan Metode Design Thinking Pada Aplikasi Jaya Indah Perkas. Mdp Student Conf . Published online 2022:231-238.

Salsabila Z, Halim F, Lumban gaol AFFP, Hutauruk AA. Penggunaan User Experience Questionnaire Plus (UEQ+) untuk Mengevaluasi Pengalaman Pengguna Aplikasi Mypertamina. REMIK Ris dan E-Jurnal Manaj Inform Komput. 2023;7(4):1856-1867. https://www.jurnal.polgan.ac.id/index.php/remik/article/view/13052

Indrati A, Bayu Saputra. Analisis Usability Layanan Bca Mobile Banking Berdasarkan Persepsi Pengguna Menggunakan Heuristic Evaluation. J Ilm Tek. 2023;2(1):35-42. doi:10.56127/juit.v2i1.469

Budiarti AT, Wahyudi F, Ratnasari N. Analisis Pengaruh User Experience Terhadap Kepuasan Pengguna Pada Aplikasi Gojek Menggunakan UX Honeycomb. J Sist Inf dan Inform. 2022;1(2):104-111. doi:10.33379/jusifor.v1i2.1634

Purwitasari RW, Ramadhan NG. Evaluasi User Experience pada Website Posyandu Menggunakan Metode In-Person Usability Testing dan User Experience Questionnaire (UEQ). J Ilm IT CIDA. 2023;9(2):62. doi:10.55635/jic.v9i2.190

Downloads

Published

19-01-2025

How to Cite

Analisis Pengaruh User Experience Terhadap Kepuasan Pengguna Pada Aplikasi myBCA Menggunakan UX Honeycomb. (2025). Jurnal Riset Multidisiplin Edukasi, 2(1), 518-527. https://doi.org/10.71282/jurmie.v2i1.84

Similar Articles

1-10 of 18

You may also start an advanced similarity search for this article.