PENGARUH STORE IMAGE DAN SALES PROMOTION TERHADAP KEPUTUSAN PURCHASE INTENTION DI UMKM WP SMOOTHIES WILAYAH CIREBON

Authors

  • D Slamet Riyadi Fakultas Ekonomi Universitas Muhammadiyah Cirebon Author
  • Sahara Fakultas Ekonomi Universitas Muhammadiyah Cirebon Author
  • Tedi Kustandi Fakultas Ekonomi Universitas Muhammadiyah Cirebon Author

DOI:

https://doi.org/10.71282/jurmie.v2i8.876

Keywords:

Store Image, Sales Promotion, Purchase Intention, WP Smoothies

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh store image dan sales promotion terhadap purchase intention pada UMKM WP Smoothies di Kota Cirebon. Latar belakang penelitian ini didasarkan pada fenomena meningkatnya tren minuman sehat, khususnya smoothies, yang diiringi dengan persaingan ketat antar pelaku usaha. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan pendekatan deskriptif dan kausal. Sampel penelitian sebanyak 100 responden yang merupakan konsumen WP Smoothies, ditentukan menggunakan teknik purposive sampling dan rumus Slovin. Data dikumpulkan melalui kuesioner dengan skala Likert lima poin dan dianalisis menggunakan regresi linier berganda dengan bantuan SPSS versi 30. Hasil analisis menunjukkan bahwa variabel store image berpengaruh positif dan signifikan terhadap purchase intention dengan nilai signifikansi < 0,05. Variabel sales promotion juga memiliki pengaruh positif signifikan terhadap purchase intention. Secara simultan, kedua variabel berpengaruh signifikan terhadap niat beli, dengan nilai R² sebesar 0,670, yang berarti 67% variasi purchase intention dapat dijelaskan oleh store image dan sales promotion, sedangkan sisanya dipengaruhi oleh variabel lain. Temuan ini menunjukkan pentingnya citra toko yang baik dan strategi promosi yang efektif untuk meningkatkan niat beli konsumen pada sektor UMKM minuman sehat.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ajijah, N., Harini, D., & Riono, S. B. (2023). Pengaruh Brand Image, Harga, dan Kualitas Produk terhadap Keputusan Pembelian (Studi Kasus Pelanggan pada Toko Roti Gembong Gedhe). Management and Entrepreneurship Research, 1(2), 43–60.

Alessandro, L. C., Japarianto, E., & Kunto, Y. S. (2023). Peran Mediasi Brand Image Pada Pengaruh Celebrity Endorsement Terhadap Purchase Intention Produk Skin Care Nature Republic. Jurnal Manajemen Pemasaran, 17(1), 24–30. https://doi.org/10.9744/jmp.17.1.24-30

Allfio Justin Zebaja Ristiand, & Abdi, A. S. (2023). Role of Pop-Up Advertising and Sales Promotion on Customer Purchasing Decisions with Customer Satisfaction as a Mediating Variable. Jurnal Manajemen Bisnis, 11(1), 496–510. https://doi.org/10.33096/jmb.v11i1.747

Amarasena, S. M. (2025). Impact of Logistics Performance Efficiency on Store Image , Consumer Satisfaction and Consumer Loyalty in Supermarket Chains : A Study in Colombo District , Sri Lanka. March.

Citra, P., Terhadap, T., Pembelian, K., Minat, D., Sebagai, B., & Intervening, V. (2025). Pengaruh Citra Toko Terhadap Keputusan Pembelian Dengan Minat Beli Sebagai Variabel Intervening (. 4, 38–51. https://doi.org/10.32699/magna.v4i1.8978

Daosue, C., & Wanarat, S. (2019). The Effects of Advertising and Sales Promotion on. ABAC Journal, 39(1), 57–75. https://search.proquest.com/

Et.al, H. E. (2021). Effect Of Digital Marketing And Social Media On Purchase Intention Of Smes Food Products. Turkish Journal of Computer and Mathematics Education (TURCOMAT), 12(3), 3672–3678. https://doi.org/10.17762/turcomat.v12i3.1648

Furqan, M., Yuliati, L. N., Indrawan, D., Info, A., Mix, M., & Indonesia, C. (2024). THE INFLUENCE OF MARKETING MIX, STORE IMAGE, STORE ATMOSPHERE, SHOPPING EXPERIENCE ON BUYING INTEREST OF TRANSMART CARREFOUR INDONESIA CONSUMER. 1(June), 8–18.

Graciola, A. P., De Toni, D., Milan, G. S., & Eberle, L. (2020). Mediated-moderated effects: High and low store image, brand awareness, perceived value from mini and supermarkets retail stores. Journal of Retailing and Consumer Services, 55(July 2019), 102117. https://doi.org/10.1016/j.jretconser.2020.102117

Hanjaya, J. K., & Setiawan, P. Y. (2022). Pengaruh Kualitas Layanan, Promosi Penjualan Dan Digital Marketing Terhadap Loyalitas Konsumen Gojek Di Denpasar. E-Jurnal Manajemen Universitas Udayana, 11(9), 1634. https://doi.org/10.24843/ejmunud.2022.v11.i09.p03

Hermansyah, T., Kamanda, S. V., & Qolbi, N. (2022). Keputusan Pembelian Pada E-Commerce Shopee Ditinjau Dari Pengaruh Faktor Sales Promotion, Brand Image Dan Price. Jurnal Al-Amal, 1(1), 19–25. https://e-journal.institutabdullahsaid.ac.id/index.php/jurnal-al-amal/article/view/122

Htet, A. T. (2025). Website Quality , Store Image and Customer Satisfaction of E-Commerce in Myanmar. 4(1), 22–30.

Ismael, A. S., Amin, M. Bin, Ali, M. J., Hajdú, Z., & Péter, B. (2025). Relationship between social media marketing and young customers’ purchase intention towards online shopping. Cogent Social Sciences, 11(1). https://doi.org/10.1080/23311886.2025.2459881

Junaedi, I. W. R., Pribadi, F. S., Latif, A. S., Juliawati, P., Sumartana, I. M., Nurdiana, Abdurohim, Andriani, A. D., Sukmawati, H., Mahanani, E., Fiyul, A. Y., Ariyanto, A., Trinanda, O., & Santoso, R. (2022). Manajemen Pemasaran. In CV. Eurieka Media Aksara.

Jurnal, J., Mea, I., Nyoman, N., Seruni, A., Suryaniadi, S. M., Indah, N., & Dewi, K. (2024). PENGARUH INFLUENCER MARKETING TERHADAP MINAT PEMBELIAN PRODUK KECANTIKAN BRAND AZARINE PADA GENERASI Z : STUDI KASUS KABUPATEN BADUNG JIMEA | Jurnal Ilmiah MEA ( Manajemen , Ekonomi , dan Akuntansi ). 8(3), 885–900.

Kotler. (2022). Manajemen Pemasaran. In: Manajemen Pemasaran. In Edisi Millenium, Jilid 1 (Vol. 1, Issue 2).

Kurdi, B. Al, Alshurideh, M., Akour, I., Tariq, E., Alhamad, A., & Alzoubi, H. M. (2022). The effect of social media influencers’ characteristics on consumer intention and attitude toward Keto products purchase intention. International Journal of Data and Network Science, 6(4), 1135–1146. https://doi.org/10.5267/j.ijdns.2022.7.006

Langga, A., Kusumawati, A., & Alhabsji, T. (2021). Intensive distribution and sales promotion for improving customer-based brand equity (CBBE), re-purchase intention and word-of-mouth (WOM). Journal of Economic and Administrative Sciences, 37(4), 577–595. https://doi.org/10.1108/JEAS-03-2019-0041

Pratama, R. A., Prasetyo, W. B., & Ramli, A. H. (2024). E-Service Quality, E-Trust, E-Satisfaction And E-Loyalty In Online Shopping. Jurnal Ilmiah Manajemen Kesatuan, 11(3), 1377–1388. https://doi.org/10.37641/jimkes.v11i3.2313

Rahmawati, L. (2024). Strategi Pemasaran Green Marketing Dalam Meningkatkan Volume Penjualan Pada Okayu Galeri Cafe Kertosono. 3, 213–221.

Rahmawati, S. A., Bisnis, M. A., Lambung, U., Banjarmasin, M., Bisnis, D. A., Lambung, U., Banjarmasin, M., Bisnis, D. A., Lambung, U., Banjarmasin, M., Bisnis, D. A., Lambung, U., & Banjarmasin, M. (2024). PENGARUH POPULARITAS MEREK DAN CONTENT MARKETING TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PRODUK UMKM LOTION RACCA BEAUTY MELALUI. 4(2), 22–33.

Sambodo Rio Sasongko. (2021). Faktor-Faktor Kepuasan Pelanggan Dan Loyalitas Pelanggan (Literature Review Manajemen Pemasaran). Jurnal Ilmu Manajemen Terapan, 3(1), 104–114. https://doi.org/10.31933/jimt.v3i1.707

Suayana, I. N., Wijaya, P. Y., & Suartina, I. W. (2023). Pengaruh Kualitas Produk dan Potongan Harga terhadap Niat Beli Item dalam Game Online Krafton pada Siswa SMP Negeri 14 Denpasar di Kesiman Petilan. 3(11), 2144–2152.

Sugiyono. (2021a). Metode Penelitian. In Jurnal Dinamika Ekonomi Pembangunan (Vol. 1, Issue 3, p. 35). https://doi.org/10.14710/jdep.1.3.35-45

Sugiyono. (2021b). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif. In Jurnal Dinamika Ekonomi Pembangunan (Vol. 1, Issue 3, p. 35). https://doi.org/10.14710/jdep.1.3.35-45

Wardani, I. Y., Ruspitasari, W. D., & Handoko, Y. (2022). Pengaruh Kualitas Produk Dan Promosi Penjualan Terhadap Keputusan Pembelian Ulang Melalui Kepuasan Pelanggan Pada 200 Cafe and Food Di Kota Malang. Jurnal Ekonomi Manajemen Dan Bisnis, 3(2), 89–100. https://doi.org/10.32815/jubis.v3i2.1524

Downloads

Published

26-08-2025

How to Cite

PENGARUH STORE IMAGE DAN SALES PROMOTION TERHADAP KEPUTUSAN PURCHASE INTENTION DI UMKM WP SMOOTHIES WILAYAH CIREBON. (2025). Jurnal Riset Multidisiplin Edukasi, 2(8), 827-841. https://doi.org/10.71282/jurmie.v2i8.876

Similar Articles

41-50 of 81

You may also start an advanced similarity search for this article.