Analisis Peran Tipografi dalam Membangun City Branding Jakarta: Studi Kasus Plus Jakarta Sans

Authors

  • Qinthara Yasyfa Dasha Desain Komunikasi Visual, Fakultas Arsitektur dan Desain, Institut Teknologi Nasional Author
  • Inko Sakti Dewanto Desain Komunikasi Visual, Fakultas Arsitektur dan Desain, Institut Teknologi Nasional Author

DOI:

https://doi.org/10.71282/jurmie.v2i9.910

Keywords:

tipografi, city branding, Plus Jakarta Sans, Jakarta.

Abstract

City branding adalah strategi penting dalam membangun identitas kota yang kuat, terutama di era digital. Tipografi sebagai elemen desain visual berperan besar dalam merepresentasikan nilai dan karakter sebuah kota. Tulisan ini bertujuan untuk mengeksplorasi peran tipografi dalam city branding Jakarta dengan fokus pada Plus Jakarta Sans, font sans-serif geometris yang dirancang khusus untuk mendukung identitas visual kota. Metodologi yang digunakan mencakup analisis visual dan studi literatur. Penelitian ini menegaskan bahwa tipografi adalah elemen penting dalam membangun city branding yang kuat, relevan, dan kompetitif di tingkat global.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Matahariputri, G. M., Mansoor, A. Z., & Nawawi, D. A. (2024). Membangun identitas Jakarta melalui kampanye Plus Jakarta: Kota kolaborasi. Serat Rupa Journal of Design, 8(1), 37-50. https://doi.org/10.28932/srjd.v8i2.6511

+Jakarta kota kolaborasi (city of collaboration brand book). (2020). (P. P. D. Jakarta, Ed.). 6616 Creative House.

Plus Jakarta Sans (2020). Tokotype. Diakses pada tanggal 28 Desember from https://www.tokotype.com/custom-fonts/plusjakarta?ref%3Dlorcandempsey.net

Aprianto, H., Nurhasana, R., Badry, A. I. (2023). Transformasi City Branding di Jakarta Menuju Kota Kolaborasi. Edunomika - Vol. 08, No. 01.

Prabainastu, H. (2020). Pengaruh City Branding dan City Image Terhadap Keputusan Berkunjung Wisatawan ke Kota Denpasar. Jurnal Destinasi Pariwisata

Zahrah, F. (2023). City Branding Dimensions, Strategies, and Obstacles: A Literature Review. Jurnal Bina Praja, 15(1), 101–109. https://doi.org/10.21787/jbp.15.2023.101-109

Dick, M. E. K., Woloszyn, M. (2023). Influence of typographic properties on user experience in digital interfaces. Estudos em Design| Revista (online). Rio de Janeiro: v. 31 | n. 2 [2023], p. 99 – 109

Shagaya, M. O (2023). Investigation of the Font Composition in Billboard Design in Ilorin Metropolis.

Karen Cheng (2020). Designing Type. London: Laurence King Publishing Ltd

Bringhurst, R (1997). The Elements of Typographic Style. Hartley & Marks

Downloads

Published

08-09-2025

How to Cite

Analisis Peran Tipografi dalam Membangun City Branding Jakarta: Studi Kasus Plus Jakarta Sans. (2025). Jurnal Riset Multidisiplin Edukasi, 2(9), 91-97. https://doi.org/10.71282/jurmie.v2i9.910

Similar Articles

1-10 of 81

You may also start an advanced similarity search for this article.