Analisis Peran Tipografi dalam Membangun City Branding Jakarta: Studi Kasus Plus Jakarta Sans
DOI:
https://doi.org/10.71282/jurmie.v2i9.910Keywords:
tipografi, city branding, Plus Jakarta Sans, Jakarta.Abstract
City branding adalah strategi penting dalam membangun identitas kota yang kuat, terutama di era digital. Tipografi sebagai elemen desain visual berperan besar dalam merepresentasikan nilai dan karakter sebuah kota. Tulisan ini bertujuan untuk mengeksplorasi peran tipografi dalam city branding Jakarta dengan fokus pada Plus Jakarta Sans, font sans-serif geometris yang dirancang khusus untuk mendukung identitas visual kota. Metodologi yang digunakan mencakup analisis visual dan studi literatur. Penelitian ini menegaskan bahwa tipografi adalah elemen penting dalam membangun city branding yang kuat, relevan, dan kompetitif di tingkat global.
Downloads
References
Matahariputri, G. M., Mansoor, A. Z., & Nawawi, D. A. (2024). Membangun identitas Jakarta melalui kampanye Plus Jakarta: Kota kolaborasi. Serat Rupa Journal of Design, 8(1), 37-50. https://doi.org/10.28932/srjd.v8i2.6511
+Jakarta kota kolaborasi (city of collaboration brand book). (2020). (P. P. D. Jakarta, Ed.). 6616 Creative House.
Plus Jakarta Sans (2020). Tokotype. Diakses pada tanggal 28 Desember from https://www.tokotype.com/custom-fonts/plusjakarta?ref%3Dlorcandempsey.net
Aprianto, H., Nurhasana, R., Badry, A. I. (2023). Transformasi City Branding di Jakarta Menuju Kota Kolaborasi. Edunomika - Vol. 08, No. 01.
Prabainastu, H. (2020). Pengaruh City Branding dan City Image Terhadap Keputusan Berkunjung Wisatawan ke Kota Denpasar. Jurnal Destinasi Pariwisata
Zahrah, F. (2023). City Branding Dimensions, Strategies, and Obstacles: A Literature Review. Jurnal Bina Praja, 15(1), 101–109. https://doi.org/10.21787/jbp.15.2023.101-109
Dick, M. E. K., Woloszyn, M. (2023). Influence of typographic properties on user experience in digital interfaces. Estudos em Design| Revista (online). Rio de Janeiro: v. 31 | n. 2 [2023], p. 99 – 109
Shagaya, M. O (2023). Investigation of the Font Composition in Billboard Design in Ilorin Metropolis.
Karen Cheng (2020). Designing Type. London: Laurence King Publishing Ltd
Bringhurst, R (1997). The Elements of Typographic Style. Hartley & Marks
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Qinthara Yasyfa Dasha, Inko Sakti Dewanto (Author)

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.