PENTINGNYA ETIKA DALAM MENINGKATKAN MINAT BELAJAR SISWA PADA KURIKULUM MERDEKA (DEEPLEARNING)
DOI:
https://doi.org/10.71282/at-taklim.v2i12.1294Keywords:
Minat Belajar; Kurikulum Merdeka; Pendidikan Karakter; Peran Guru; Lingkungan SekolahAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pentingnya penanaman etika dalam meningkatkan minat belajar siswa pada implementasi Kurikulum Merdeka di SMP Negeri 13 Kota Bengkulu. Latar belakang penelitian berangkat dari fenomena menurunnya minat belajar siswa yang salah satunya dipengaruhi oleh perilaku dan etika peserta didik selama proses pembelajaran. Penelitian menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara mendalam, dan dokumentasi yang melibatkan guru, wali kelas, serta siswa sebagai informan utama. Analisis data dilakukan melalui tahapan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa etika memiliki peran penting dalam menciptakan suasana belajar yang kondusif, memperkuat hubungan sosial yang positif, serta mendorong kedisiplinan dan tanggung jawab siswa. Guru berperan sebagai teladan dalam menanamkan nilai-nilai etika melalui pembiasaan, integrasi nilai dalam pembelajaran, serta pemberian penguatan positif. Sementara itu, sekolah mendukung melalui budaya sekolah, kebijakan yang konsisten, dan lingkungan yang aman. Penanaman etika dalam Kurikulum Merdeka terintegrasi melalui kegiatan intrakurikuler dan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5). Secara keseluruhan, pembiasaan etika yang konsisten terbukti mampu meningkatkan minat belajar siswa dan memperkuat efektivitas pelaksanaan Kurikulum Merdeka.
Downloads
References
Setyowati, N., & Sutikno, P. Y. (2024). “Habituasi pendidikan karakter pada paradigma baru Kurikulum Merdeka untuk mewujudkan Profil Pelajar Pancasila”. Journal of Education Action Research, 8(1), 100–109. https://doi.org/10.23887/jear.v8i1.76457
Taufiqurrahman, S. (2023). “Analisis nilai-nilai pendidikan karakter dalam Kurikulum Merdeka di Madrasah Ibtidaiyah. AL-KAINAH”: Journal of Islamic Studies, 2(2). https://doi.org/10.69698/jis.v2i2.466
Fitria, R., Indrawadi, J., Isnarmi, I., & Hasrul, H. (2025). “Internalisasi nilai-nilai pendidikan karakter pada Kurikulum Merdeka Belajar SMA”. Journal of Education, Cultural and Politics, 4(4), 833–843. https://doi.org/10.24036/jecco.v4i4.312
Tuma, H. M., Yunus, R., & Wantu, A. (2025). “Penerapan pendidikan karakter dalam Kurikulum Merdeka Belajar di SMA Negeri 1 Biluhu. Tut Wuri Handayani”: Jurnal Keguruan dan Ilmu Pendidikan, 4(2), 68–76. https://doi.org/10.59086/jkip.v4i2.776
Wahyudi, A. E., Sunarni, S., & Ulfatin, N. (2023). “Implementasi Kurikulum Merdeka berorientasi pembentukan karakter Profil Pelajar Pancasila di Sekolah Dasar”. Jurnal Moral Kemasyarakatan, 8(2), 179–190. https://doi.org/10.21067/jmk.v8i2.8532
Mokorowu, N. T., Katuuk, D. A., Tarusu, D. T., & Pangkey, R. D. H. (2023). “Implementasi pendidikan karakter Profil Pelajar Pancasila dalam Kurikulum Merdeka di SDN 1 Tombatu”. Jurnal Elementaria Edukasia, 6(4), 1544–1558. https://doi.org/10.31949/jee.v6i4.7314
Triana, G. K., & Siregar, H. (2025). “Analisis penerapan Kurikulum Merdeka Belajar terhadap peningkatan karakter kedisiplinan dan kesopanan siswa kelas IV-A di SD Negeri 064981 Helvetia. Pendas”: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar. https://doi.org/10.23969/jp.v9i04.19860
Pattiasina, P. J., Dzulkurnain, M. I., Martial, T., Nofarita, E., Usmany, P., & Sianipar, G. (2024). “Pengembangan karakter dan etika profesional melalui Kurikulum Merdeka”. Community Development Journal: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 5(1), 633–640. https://doi.org/10.31004/cdj.v5i1.24712
Sari, O. M. (2025). “Pengaruh penerapan Kurikulum Merdeka terhadap pembentukan karakter Siswa”. Jurnal Insan Cita Pendidikan (ICENI). https://doi.org/10.00000/xn8qdk48
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Ganesha Brillyan, Asprianto, Imanullah Husadan, Frenski Dwisetyo Nurcahyati, Intan Apriani, Meta Nofiani (Author)

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.










