Analisis Kebijakan Pendidikan di Era Pandemi
DOI:
https://doi.org/10.71282/at-taklim.v2i6.389Keywords:
Kebijakan Pendidikan, Pandemi COVID-19, Pembelajaran Jarak Jauh, Kesenjangan DigitalAbstract
Pandemi COVID-19 telah memaksa pemerintah di seluruh dunia, termasuk Indonesia, untuk menerapkan kebijakan darurat di sektor pendidikan. Studi ini menganalisis kebijakan pendidikan yang diterapkan selama masa pandemi, mengevaluasi efektivitasnya, serta menilai dampaknya terhadap proses pembelajaran dan kesenjangan pendidikan. Menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif dan studi pustaka, hasil penelitian menunjukkan bahwa kebijakan pembelajaran jarak jauh (PJJ) menghadapi berbagai tantangan seperti keterbatasan infrastruktur, kesenjangan digital, dan kualitas pembelajaran. Namun demikian, terdapat pula berbagai inovasi kebijakan yang diidentifikasi, seperti platform Merdeka Belajar, peningkatan pelatihan guru, dan kolaborasi multi-pemangku kepentingan. Studi ini merekomendasikan reformasi pendidikan yang lebih inklusif dan berkelanjutan pada periode pasca-pandemi. Selain tantangan teknis dan infrastruktur, dimensi sosial dan psikologis dari kebijakan pendidikan selama pandemi juga memerlukan perhatian serius. Penyesuaian terhadap model pembelajaran jarak jauh menyebabkan banyak siswa mengalami stres, kebosanan, dan berkurangnya interaksi sosial, yang berdampak pada perkembangan karakter dan keterampilan sosial mereka. Para guru juga menghadapi tekanan tinggi karena harus cepat beradaptasi dengan teknologi dan metode baru, seringkali tanpa pelatihan yang memadai. Pengalaman selama pandemi memberikan pelajaran berharga bagi perumusan kebijakan pendidikan di masa depan. Pemerintah perlu merancang sistem pendidikan yang fleksibel dan tangguh, siap menghadapi disrupsi global. Ini mencakup pengembangan kurikulum hibrida, pembelajaran digital yang merata, dan perencanaan kontinjensi berbasis data. Selain itu, kolaborasi antara pemerintah pusat dan daerah, serta kemitraan dengan sektor swasta dan komunitas lokal, terbukti penting dalam mendukung keberlanjutan pendidikan di masa krisis.
Downloads
References
UNESCO. (2020). COVID-19 Educational Disruption and Response. Retrieved from https://en.unesco.org/covid19/educationresponse
Basilaia, G., & Kvavadze, D. (2020). Transition to online education in schools during a SARS-CoV-2 coronavirus (COVID-19) pandemic in Georgia. Pedagogical Research, 5(4), em0060. https://doi.org/10.29333/pr/7937
Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. (2020). Surat Edaran Nomor 4 Tahun 2020 tentang Pelaksanaan Kebijakan Pendidikan dalam Masa Darurat Penyebaran COVID-19. https://www.kemdikbud.go.id/
Kompas. (2021, March 5). Pemerintah distribusikan bantuan kuota internet. Kompas.com. https://www.kompas.com/
Nurfauziah, A. (2021). Ketimpangan akses pendidikan di masa pandemi. Jurnal Pendidikan dan Kebijakan, 5(1), 45–52.
Organisation for Economic Co-operation and Development. (2021). The state of global education: 18 months into the pandemic. OECD Publishing.
Sari, D. P., & Prasetyo, R. A. (2021). Analisis dampak pelatihan guru dalam pembelajaran daring di masa pandemi. Jurnal Teknologi Pendidikan, 23(2), 89–101.
World Bank. (2020). Remote learning during the global school closures: How countries are addressing the challenge. https://www.worldbank.org/
Kemendikbud. (2020). Surat Edaran Nomor 4 Tahun 2020 tentang Pelaksanaan Kebijakan Pendidikan dalam Masa Darurat Penyebaran Coronavirus Disease (COVID-19). Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia.
OECD. (2021). The State of Global Education: 18 Months into the Pandemic. OECD Publishing.
Reimers, F. M., & Schleicher, A. (2020). A framework to guide an education response to the COVID-19 Pandemic of 2020. OECD Publishing.
Siahaan, M. (2020). Dampak pandemi COVID-19 terhadap dunia pendidikan. Jurnal Kajian Ilmiah, 20(3), 1–4.
Kominfo. (2021). Statistik Akses Internet di Indonesia. Kementerian Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia.
Yulia, H. (2020). Online Learning to Prevent the Spread of Pandemic Corona Virus in Indonesia. ETERNAL (English Teaching Journal), 11(1), 48–56. https://doi.org/10.26877/eternal.v11i1.6068.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Sanniati Muddin, Mardiana, Yuspiani, Musdalifah (Author)

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.