Dampak Pemikiran Linguistik Imam Sibawaih Dalam Perkembangan Ilmu Nahwu Di Bashrah (Kajian Analisis Sintaksis)

Authors

  • Muhammad Ilham Wijaya Universitas Islam Negeri Sultan Maulana Hasanuddin Banten, Indonesia Author

DOI:

https://doi.org/10.71282/at-taklim.v2i4.244

Keywords:

Imam Sibawaih, Ilmu Nahwu, Sintaksis Arab

Abstract

Penelitian ini membahas pengaruh pemikiran linguistik Imam Sibawaih terhadap perkembangan ilmu nahwu di Bashrah melalui pendekatan analisis sintaksis. Imam Sibawaih dikenal sebagai tokoh utama dalam mazhab Basrah yang berhasil menyusun teori sintaksis bahasa Arab secara sistematis dan preskriptif melalui karya utamanya Al-Kitāb. Pendekatan yang digunakan bersifat logis dan filosofis, menekankan pentingnya qiyas (analogi) dan validitas linguistik berdasarkan bahasa Arab murni. Dalam kajian ini, metode yang digunakan adalah studi pustaka dengan pendekatan kualitatif. Data dianalisis secara deskriptif-analitis guna menelaah struktur sintaksis yang dibangun oleh Sibawaih serta pengaruhnya terhadap pembentukan karakter keilmuan mazhab Bashrah. Hasil kajian menunjukkan bahwa pemikiran Sibawaih menjadi fondasi utama bagi sistem nahwu klasik yang berpengaruh hingga kini, baik dalam aspek metodologis, terminologi, maupun sistematika penulisan. Pemikirannya turut memperkuat identitas keilmuan Bashrah sebagai mazhab yang rasional dan sistematik dalam studi kebahasaan Arab.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Adhimah, S. (2022). Menguasai Nahwu dan Shorof: Pondasi Penting dalam Pembelajaran Bahasa Arab Modern di Sekolah Dasar. 01.

Ahmad Zaky. (2020). USHUL NAHWI SEJARAH DAN PERKEMBANGANNYA. WARAQAT : Jurnal Ilmu-Ilmu Keislaman, 4(1), 15. https://doi.org/10.51590/waraqat.v4i1.69

Albab, U. (2015). PERFORMANSI DAN GRAMATIKA BAHASA ARAB SEBAGAI BAHASA KEDUA. ARABIYAT : Jurnal Pendidikan Bahasa Arab dan Kebahasaaraban, 2(1), 75–85. https://doi.org/10.15408/a.v2i1.1516

Alfalah, A., & Sopian, A. (2024). Simplifikasi I’rab Nahwu Imam Sibawaih Perspektif Nahwu Modern Ibrahim Mustafa / Simplification of I’rab Nahwu Imam Sibawaih According to Perspective of Ibrahim Mustafa’s Modern Nahwu. Loghat Arabi : Jurnal Bahasa Arab dan Pendidikan Bahasa Arab, 5(1), 1. https://doi.org/10.36915/la.v5i1.93

Arummi, A. (2020). TINJAUAN TEORITIS LINGUISTIK UMUM TERHADAP FENOMENA KEBAHASAAN DALAM BAHASA ARAB.

Bahri, S. (2024). MEMAHAMI AL-LAHN DAN SIGNIFIKANSI KODIFIKASI ILMU NAHWU DALAM BAHASA ARAB. el Buhuth: Borneo Journal of Islamic Studies, 445–452. https://doi.org/10.21093/el-buhuth.v6i2.8198

Fitriani. (2023). Fungsi, Kategori, dan Peran Sintaksis Bahasa Arab: Perspektif Linguistik Modern. International Journal Conference, 1(1), 180–212. https://doi.org/10.46870/iceil.v1i1.473

Ismail, Moh. (2013). Peranan Psikolinguistik dalam Pembelajaran Bahasa Arab. At-Ta’dib, 8(2). https://doi.org/10.21111/at-tadib.v8i2.508

Mubarak, F. (2015). NAHU DAN BALAGHAH DALAM PERSPEKTIF ILMU LINGUISTIK MODERN. Jurnal Ta’lim Muta’allim, 3(6), 11. https://doi.org/10.18592/tm.v3i6.529

Nurdianto, T. (2021). The Role of Classical Arabic Grammarian in the Renewal of Arabic Syntax: Proceedings of the 4th International Conference on Sustainable Innovation 2020–Social, Humanity, and Education (ICoSIHESS 2020). 4th International Conference on Sustainable Innovation 2020–Social, Humanity, and Education (ICoSIHESS 2020), Yogyakarta, Indonesia. https://doi.org/10.2991/assehr.k.210120.137

Rabiul Farra Tazkiyatun. (2024). Divergensi Mazhab Nahwu: Kajian Komparatif Aliran Basrah-Kufah. Dewantara : Jurnal Pendidikan Sosial Humaniora, 3(2), 245–254. https://doi.org/10.30640/dewantara.v3i2.2639

Ritonga, A. M. (2024). Signifikansi Metode Deduktif dan Induktif dalam Pembelajaran Ilmu Nahu. MODELING: Jurnal Program Studi PGMI, 11(2), 124–134. https://doi.org/10.69896/modeling.v11i2.2385

Sumarna, L., & Delami, D. (2020). Formulasi Nalar Linguistik Sibawayh: Polemik Legitimasi Otoritas Syair Dalam Perumusan Kaidah Nahwu. Diwan: Jurnal Bahasa dan Sastra Arab, 12(2), 128–152. https://doi.org/10.15548/diwan.v12i2.639

Syatiri, S. R., Muhda, M., Siti, S., Wulan, W., & Nurjanah, N. (2025). Sejarah Perkembangan Pendidikan Era Bani Umayyah (661-750). Jambura History and Culture Journal, 7(1), 73–85. https://doi.org/10.37905/jhcj.v7i1.26279

Wahab, M. A. (2014). PERAN BAHASA ARAB DALAM PENGEMBANGAN ILMU DAN PERADABAN ISLAM. ARABIYAT: Jurnal Pendidikan Bahasa Arab dan Kebahasaaraban, 1(1), 1–20. https://doi.org/10.15408/a.v1i1.1127

Widad, L., & Pribadi, M. (2023). HISTORISITAS MAZHAB NAHWU DI ANDALUSIA DAN TOKOH-TOKOH PEMBAHARU. 7(2).

Zulhannan, Z. (2018). BAHASA ARAB DAN PSIKOLINGUISTIK: Kajian Konseptual dan Historis. Jurnal Al Bayan: Jurnal Jurusan Pendidikan Bahasa Arab, 9(2). https://doi.org/10.24042/albayan.v9i2.2241

Published

24-04-2025

How to Cite

Dampak Pemikiran Linguistik Imam Sibawaih Dalam Perkembangan Ilmu Nahwu Di Bashrah (Kajian Analisis Sintaksis). (2025). AT-TAKLIM: Jurnal Pendidikan Multidisiplin, 2(4), 218-229. https://doi.org/10.71282/at-taklim.v2i4.244

Similar Articles

11-20 of 40

You may also start an advanced similarity search for this article.