Analisis Peran Dosen Dalam Memotivasi Mahasiswa Agar Berprestasi di Bidang Ekonomi
DOI:
https://doi.org/10.71282/at-taklim.v2i6.376Keywords:
Motivasi, Mahasiswa, EkonomiAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis peran dosen dalam memotivasi mahasiswa agar berprestasi di bidang ekonomi melalui pendekatan kualitatif dengan metode fenomenologi. Data dikumpulkan melalui wawancara semi-terstruktur dan analisis dokumen terhadap satu mahasiswa Pascasarjana Universitas Islam Kalimantan yang dipilih secara purposive sampling. Proses analisis data menggunakan teknik tematik untuk mengidentifikasi makna dari pengalaman partisipan, dengan pengujian keabsahan melalui triangulasi sumber. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peran dosen sangat signifikan dalam membentuk motivasi belajar mahasiswa, baik melalui dukungan emosional, fasilitasi akademik, maupun keteladanan profesional. Penelitian ini menunjukkan bahwa kepedulian personal dan inspirasi nyata dari dosen mampu membangun rasa percaya diri serta mendorong mahasiswa untuk aktif mengembangkan potensi akademik dan karier secara lebih mandiri dan berkelanjutan.
Downloads
References
Anita, L., & Idaman, N. (2022). Motivasi Belajar Memoderasi Pengaruh Kompetensi Dosen Terhadap Tingkat Pemahaman Akuntansi Mahasiswa IAIN Metro. AKUISISI : Jurnal Akuntansi, 18(1), 31–42.
Arifudin, O., Sofyan, Y., Sadarman, B., & Tanjung, R. (2020). Peranan Konseling Dosen Wali dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Mahasiswa di Perguruan Tinggi Swasta. Jurnal Bimbingan Dan Konseling Islam, 10(2), 237–242. https://doi.org/10.29080/jbki.2020.10.2.237-242
Batubara, M., Meidina, A., & Rahman, S. S. (2022). Menemukan Dukungan Sosial Yang Paling Berkontribusi Terhadap Psychological Well-Being Mahasiswa Yang Sedang Menyusun Skripsi, Dosen Pembimbing atau Orang Tua? Indonesian Psychological Research, 4(2), 71–77. https://doi.org/10.29080/ipr.v4i2.729
Braun, V., & Clarke, V. (2006). Using thematic analysis in psychology. Qualitative Research in Psychology, 3(2), 77–101. https://doi.org/10.1191/1478088706qp063oa
Chrisna, H., & Khairani. (2019). Pengaruh Perilaku Belajar, Pengendalian Diri, Motivasi, Empati, Keterampilan, Dan Kepercayaan Diri Terhadap Prestasi Akademik Mahasiswa Prodi Akuntansi Universitas Pembangunan Panca Budi Medan. Jurnal Akuntansi Bisnis & Publik, 10(1), 87–100. https://jurnal.pancabudi.ac.id/index.php/akuntansibisnisdanpublik/article/view/575
Destia, M., Mochamad, R. S., & Ramdan, I. M. (2022). Gaya mengajar dosen terhadap motivasi belajar mahasiswa di era new normal covid-19. Kampret Journal, 1(2), 60–68.
Diyah, H., & Indriyani, D. (2024). Pengaruh Motivasi Belajar terhadap Hasil Belajar Mahasiswa Politeknik STIA LAN Jakarta. Pubmedia Jurnal Penelitian Tindakan Kelas Indonesia, 1(3), 14. https://doi.org/10.47134/ptk.v1i3.434
Harahap, A. C. P., Harahap, D. P., & Harahap, S. R. (2020). Analisis Tingkat Stres Akademik Pada Mahasiswa Selama Pembelajaran Jarak Jauh Dimasa Covid-19. Biblio Couns : Jurnal Kajian Konseling Dan Pendidikan, 3(1), 10–14. https://doi.org/10.30596/bibliocouns.v3i1.4804
Harahap, N. (2020). Penelitian kualitatif.
Herlina, N. (2020). Manajemen Pembelajaran Daring Di Perguruan Tinggi Pada Masa Pandemi Covid-19. Journal Civics & Social Studies, 4(2), 102–108. https://doi.org/10.31980/civicos.v4i2.925
Husna, N., Savitri, S. I., & Sriyanto, A. S. (2022). Resiliensi Akademik Mahasiswa Skripsi Di Masa Pandemi Covid-19: Kepercayaan Diri Membaca-Menulis, Dukungan Dosen Pembimbing, Dan Kesiapan Pembelajaran Daring. Syntax Literate ; Jurnal Ilmiah Indonesia, 7(9), 15483. https://doi.org/10.36418/syntax-literate.v7i10.9796
Khotimatussannah, N., Khairunisya, N., Pitaliki, T., & Anggraeni, A. (2021). Pengaruh Efikasi Diri terhadap Penyesuaian Akademik di Masa Pembelajaran. Jurnal Sosial Dan Humaniora, 3(1), 29–36. http://ejournal.umbandung.ac.id/index.php/rasi/article/view/120
Kusumawati, K. (2023). Pemanfaatan Teknologi Informasi Dalam Pendidikan. Jurnal Limits, 5(1), 7–14. https://doi.org/10.59134/jlmt.v5i1.311
Lase, N. K. (2021). Analisis Pengetahuan Mahasiswa Prodi Pendidikan Biologi Ikip Gunungsitoli tentang Peralatan Laboratorium dan Fungsinya. Jurnal Pendidikan MINDA, 2(2), 104–115. https://ojs.ikipgunungsitoli.ac.id/index.php/dk/article/view/65
Marbun, K. A. F., Siagian, I. O., & Sinaga, H. (2023). Kepercayaan Diri dengan Tingkat Kecemasan pada Mahasiswa Tingkat Akhir dalam Mengerjakan Skripsi di Institut Kesehatan Immanuel Bandung. Jurnal Kesehatan, 12(2), 321–332. https://doi.org/10.46815/jk.v12i2.159
Muhibbin, M. A. (2021). Tantangan dan Strategi Pendidikan Inklusi di Perguruan Tinggi di Indonesia: Literature Review. Jurnal Pendidikan Inklusi, 4(2), 92–102.
Pratitis, N. T., Suroso, S., Cahyanti, R. O., & Sa’idah, F. L. S. (2021). Self Regulated Learning dan Dukungan Sosial dengan Prokrastinasi Akademik pada Mahasiswa di Masa Pandemi. KELUWIH: Jurnal Sosial Dan Humaniora, 2(1), 1–7. https://doi.org/10.24123/soshum.v2i1.3953
Putri, C. P., Mayangsari, M. D., & Rusli, R. (2018). Pengaruh Stres Akademik Terhadap Academic Help Seeking. Jurnal Kognisia, 1(2), 28–37. https://ppjp.ulm.ac.id/journals/index.php/kog/article/view/1544
Rabiah, S. (2019). Manajemen Pendidikan Tinggi Dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan. Sinar Manajemen, 6(1), 58–67.
Rifani, S. K., & Pohan, F. S. (2019). Pengaruh Perubahan Organisasi dan Budaya Organisasi Terhadap Kinerja Dosen dan Karyawan di Perguruan Tinggi Swasta. Jurnal Kesejahteraan Sosial, 6(1).
Sadewa, P., & Damayanti, R. (2023). Pengaruh Kompetensi Dosen Dan Lingkungan Kampus Terhadap Kepuasan Mahasiswa S1 Akuntansi Universitas Pamulang. SCIENTIFIC JOURNAL OF REFLECTION : Economic, Accounting, Management and Business, 6(1), 65–73. https://doi.org/10.37481/sjr.v6i1.620
Sahertian, E. A. E., Rikumahu, M. C. E., Manuhutu, V., Sopaheluwakan, J. E., & Huwae, A. (2024). Efikasi Diri Akademik Sebagai Mediator Pengaruh Dukungan Sosial Terhadap Stres Akademik Pada Mahasiswa Rantau. Bulletin of Counseling and Psychotherapy, 6(2), 1–11. https://doi.org/10.51214/00202406961000
Satwika, P. A., Setyowati, R., & Anggawati, F. (2021). Dukungan Emosional Keluarga dan Teman Sebaya terhadap Self-Compassion pada Mahasiswa saat Pandemi COVID-19. Jurnal Psikologi Teori Dan Terapan, 11(3), 304. https://doi.org/10.26740/jptt.v11n3.p304-314
Sugiyono. (2022). Metode Penelitian dan Pengembangan (Research and Development) ( sofia yustiani Suryandari (ed.); 5th ed.). Alfabeta.
Sukino, Erwin, & Sulpriatni, B. (2021). Adaptasi Sosial-Religius Mahasiswa Muslim Kost dalam Meraih Prestasi Akademik dan Non Akademik. Southeast Asian Journal of Islamic Education, 3(2), 133–152. https://doi.org/10.21093/sajie.v3i2.3331
Suripah, Firdaus, & Novilanti, F. R. E. (2022). Pengaruh Persepsi Mahasiswa Tentang Penggunaan Media Pembelajaran dan Metode Mengajar Dosen Terhadap Prestasi Mahasiswa Terintegrasi Nilai Karakte. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 6(1), 547–559. https://doi.org/10.31004/cendekia.v6i1.1247
Syaifuddin, M. R., & Fitrayati, D. (2021). Dampak Meningkatnya Kompetensi Dosen dan Motivasi Belajar Terhadap Prestasi Belajar Mahasiswa. Jurnal Pendidikan Ekonomi (JUPE), 9(3), 77–83. https://doi.org/10.26740/jupe.v9n3.p77-83
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Ahmad Ihsanul Anhar, Syahrial Shaddiq, Vina Yulia Anhar (Author)

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.