Optimalisasi Metode Pembelajaran Berbasis Kebutuhan Peserta Didik Untuk Meningkatkan Keterlibatan Dan Prestasi Di SDN 1 Trusmi Kulon

Authors

  • Nurkholis Pendidikan Profesi Guru, Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Cirebon Author
  • Ayesha Ziaurrakhman Pendidikan Profesi Guru, Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Cirebon Author
  • Lelly Winoja Harum Sari Pendidikan Profesi Guru, Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Cirebon Author
  • Amrina Rosada Pendidikan Profesi Guru, Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Cirebon Author

DOI:

https://doi.org/10.71282/at-taklim.v2i7.749

Keywords:

Effective Teaching Methods, Student Needs, Active Learning

Abstract

This study aims to understand and optimize student-centered learning methods at SDN 1 Trusmi Kulon to improve engagement and learning achievement. It focuses on the problem of misalignment between teaching methods and the unique needs of students, impacting motivation and academic outcomes. A qualitative method with a case study approach is used to deeply analyze adaptive teaching strategies. Data is collected through participant observation, in-depth interviews with teachers and students, and analysis of learning documents. The results show that active learning methods and student-centered approaches, implemented with sensitivity to context and individual needs, contribute significantly to improved student engagement, understanding, and achievement. Teacher training is also identified as an important factor in supporting successful implementation. In conclusion, a deep understanding of student needs and classroom context, along with the implementation of adaptive and responsive teaching methods, can create an inclusive learning environment. Recommendations are given to continue developing teaching strategies that are personal and relevant to student needs         

Downloads

Download data is not yet available.

References

Arvianti, L. A., Afifi, E. H. N., & Keliata, K. (2024). Inisiatif Guru Sekolah Dasar Menyediakan Media dan Bahan Pratikum Sains di Tengah Keterbatasan Fasilitas Laboratorium. SEARCH: Science Education Research Journal, 2(2), 102-114. Fasilitas Laboratorium. SEARCH: Science Education Research Journal, 2(2), 102-114.

Devianti, R., & Sari, S. L. (2020). Urgensi analisis kebutuhan peserta didik terhadap proses pembelajaran. Al-Aulia: Jurnal Pendidikan Dan Ilmu-Ilmu Keislaman, 6(1), 21-36.

Pebriyanti, D. (2023). Pengaruh implementasi pembelajaran berdiferensiasi pada pemenuhan kebutuhan belajar peserta didik tingkat sekolah dasar. Jurnal Kridatama Sains dan Teknologi, 5(01), 89-96.

Marhamah, M., & Zikriati, Z. (2024). Mengenal Kebutuhan Peserta Didik Diera Kurikulum Merdeka. Wathan: Jurnal Ilmu Sosial Dan Humaniora, 1(1), 89-106.Devianti, R., & Sari, S. L. (2020). Urgensi analisis kebutuhan peserta didik terhadap proses pembelajaran. Al-Aulia: Jurnal Pendidikan Dan Ilmu-Ilmu Keislaman, 6(1), 21-36.

Anjani, A., Syapitri, G. H., & Lutfia, R. I. (2020). Analisis metode pembelajaran di sekolah dasar. Fondatia, 4(1), 67-85.

Tanjung, H. S., & Nababan, S. A. (2018). Pengaruh penggunaan metode pembelajaran bermain terhadap hasil belajar matematika siswa materi pokok pecahan di kelas III SD Negeri 200407 Hutapadang. Bina Gogik: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 3(1).

Djalal, F. (2017). Optimalisasi pembelajaran melalui pendekatan, strategi, dan model pembelajaran. SABILARRASYAD: Jurnal Pendidikan dan Ilmu Kependidikan, 2(1).

Aryansyah, F. (2018). Optimalisasi penggunaan menggunakan metode pembelajaran double loop problem solving (DLPS) pada pembelajaran ekonomi di SMA. Jurnal Edukasi (Ekonomi, Pendidikan dan Akuntansi), 5(2).

Wahyuni, S., & Haryanti, N. (2024). Optimalisasi kompetensi guru dalam pengembangan pembelajaran berdiferensiasi berbasis media digital. Wahana Dedikasi: Jurnal PkM Ilmu Kependidikan, 7(1), 142-154.

Santoso, B., Rahayu, S., Fitriani, D., & Syahputra, A. (2023). Transformasi Pendidikan Inklusif: Optimalisasi Kesetaraan Melalui Metode Pembelajaran Responsif Dan Keterlibatan Komunitas. PEMAS: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(1), 17-24.

Nadiana, A., Putri, W. R., Maulida, F., Khoirunnisa, J. P. N., & Rohmawati, L. (2023). Optimalisasi Peran Orang Tua dalam Pengembangan Kompetensi dan Karakter Peserta Didik dengan Model KOPHOG (Keterlibatan Orang Tua berbasis Penguatan Hubungan Orang Tua dan Guru). JIIP-Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 6(12), 9766-9773.

Gusman, A. Y., & Fitriani, W. (2023). OPTIMASI MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE LEARNING TERHADAP KESULITAN BELAJAR PESERTA DIDIK SEKOLAH DASAR.

Sutomo, F. G., & Aini, M. R. Q. (2024). Pemahaman Karakteristik Peserta Didik Dalam Mengoptimalkan Pembelajaran. Jurnal Kajian Penelitian Pendidikan dan Kebudayaan, 2(4), 6072.

Spyanawati, N. L. P., Satyawan, I. M., & Danardani, W. (2024, December). OPTIMALISASI

PEMBELAJARAN PJOK DENGAN MODEL PBL DAN PJBL: PELATIHAN DAN

PENDAMPINGAN BAGI GURU SD KECAMATAN KINTAMANI. In Seminar Nasional

Pengabdian kepada Masyarakat (Vol. 9, No. 1, pp. 1400-1406).

Spyanawati, N. L. P., Satyawan, I. M., & Danardani, W. (2024, December). OPTIMALISASI

PEMBELAJARAN PJOK DENGAN MODEL PBL DAN PJBL: PELATIHAN DAN

PENDAMPINGAN BAGI GURU SD KECAMATAN KINTAMANI. In Seminar Nasional

Pengabdian kepada Masyarakat (Vol. 9, No. 1, pp. 1400-1406).

Jannah, D. M., Hidayat, M. T., Ibrahim, M., & Kasiyun, S. (2021). Pengaruh kebiasaan belajar dan motivasi belajar terhadap prestasi belajar siswa di sekolah dasar. Jurnal Basicedu, 5(5), 33783384.

Puspitasari, W. D. (2016). Pengaruh sarana belajar terhadap prestasi belajar ilmu pengetahuan sosial di Sekolah Dasar. Jurnal Cakrawala Pendas, 2(2).

Susanti, R. (2024). Analisis pengaruh kualitas sarana dan prasarana sekolah terhadap prestasi belajar siswa sekolah dasar. Jurnal Review Pendidikan dan Pengajaran (JRPP), 7(2), 5197-5201.

Khairunnisa, N., & Rigianti, H. A. (2023). Pengaruh lingkungan sosial terhadap prestasi belajar siswa di sekolah dasar. Didaktik: Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang, 9(3), 1360-1369.

Kusuma, M. W., Larasati, W., Risma, F. V., Sari, N., & Agustin, U. V. S. (2022). Pentingnya penerapan budaya literasi membaca dan menulis terhadap prestasi peserta didik di sekolah dasar. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(4), 132-138.

Sulastri, T., Suryana, Y., & Hidayat, S. (2021). Pengaruh kecerdasan emosional terhadap prestasi belajar matematika siswa kelas V Sekolah Dasar Negeri 1 Manonjaya. Pedadidaktika: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 8(1), 156-165.

Gusmawati, L., Aisyah, S., & Habibah, S. U. (2020). Upaya peningkatan prestasi belajar pada siswa sekolah dasar. PENSA, 2(1), 36-42.

Nasution, M. K. (2017). Penggunaan metode pembelajaran dalam peningkatan hasil belajar siswa. STUDIA DIDAKTIKA: Jurnal Ilmiah Bidang Pendidikan, 11(01), 9-16.

Downloads

Published

27-07-2025

How to Cite

Optimalisasi Metode Pembelajaran Berbasis Kebutuhan Peserta Didik Untuk Meningkatkan Keterlibatan Dan Prestasi Di SDN 1 Trusmi Kulon. (2025). AT-TAKLIM: Jurnal Pendidikan Multidisiplin, 2(7), 647-657. https://doi.org/10.71282/at-taklim.v2i7.749

Most read articles by the same author(s)

Similar Articles

31-40 of 93

You may also start an advanced similarity search for this article.