Analisis Pemilihan Strategi Pemasaran Dalam Pengembangan Usaha Garam UD. Ndan Ndut Ria Menggunakan Metode Fuzzy AHP

Authors

  • Satryo Adi Nugroho Universitas Islam Sultan Agung Semarang Author
  • Nuzulia Khoiriyah Program Studi Teknik Industri, Fakultas Teknologi Industri, Universitas Islam Sultan Agung Semarang Author
  • Retno Marti Wulandari Program Studi Teknik Industri, Fakultas Teknologi Industri, Universitas Islam Sultan Agung Semarang Author

DOI:

https://doi.org/10.71282/jurmie.v2i10.1082

Keywords:

Fuzzy AHP, Strategi Pemasaran, Industri Garam, UMKM

Abstract

  1. Ndan Ndut Ria merupakan industri kecil yang bergerak di bidang pengolahan garam konsumsi yang berlokasi di Desa Purworejo, Kecamatan Kaliori, Kabupaten Rembang. Produk yang dihasilkan meliputi garam briket dan garam halus. Dalam beberapa tahun terakhir, penjualan produk mengalami penurunan yang disebabkan oleh belum optimalnya strategi pemasaran yang diterapkan. Penelitian ini bertujuan untuk merumuskan strategi pemasaran yang tepat guna meningkatkan penjualan dan mengembangkan usaha garam. Untuk memperoleh hasil yang objektif dalam penentuan prioritas strategi, digunakan metode Fuzzy Analytical Hierarchy Process (Fuzzy AHP) yang mampu mengakomodasi ketidakpastian dan subjektivitas dalam pengambilan keputusan. Metode ini memungkinkan pengambilan keputusan yang lebih akurat dibandingkan metode AHP konvensional karena menggunakan bilangan fuzzy dalam proses pembobotan kriteria dan alternatif strategi. Hasil penelitian ini diharapkan dapat memberikan rekomendasi strategi pemasaran yang efektif dan aplikatif bagi UD. Ndan Ndut Ria untuk menghadapi persaingan pasar serta meningkatkan kinerja usahanya.

Downloads

Download data is not yet available.

References

[1] K. H. Chang, H. H. Lai, and B. J. Hung, “Combining the Fuzzy Analytic Hierarchy Process Method with the Weighted Aggregated Sum Product Assessment Method to Address Internet Platform Selection Problems in an Environment with Incomplete Information,” Appl. Sci., vol. 14, no. 11, 2024, doi: 10.3390/app14114390.

[2] T. Varshney, A. V. Waghmare, V. P. Singh, V. P. Meena, R. Anand, and B. Khan, “Fuzzy analytic hierarchy process based generation management for interconnected power system,” Sci. Rep., vol. 14, no. 1, pp. 1–24, 2024, doi: 10.1038/s41598-024-61524-2.

[3] S. Moslem et al., “An Integrated Fuzzy Analytic Hierarchy Process (AHP) Model for Studying Significant Factors Associated with Frequent Lane Changing,” Entropy, vol. 24, no. 3, pp. 1–19, 2022, doi: 10.3390/e24030367.

[4] G. Peng, L. Han, Z. Liu, Y. Guo, J. Yan, and X. Jia, “An Application of Fuzzy Analytic Hierarchy Process in Risk Evaluation Model,” Front. Psychol., vol. 12, no. September, pp. 1–12, 2021, doi: 10.3389/fpsyg.2021.715003.

[5] I. Perić, K. Klarić, A. Pirc Barčić, K. Vukman, T. Sedlar, and P. Grošelj, “Optimising Risk Management in Wood-based Manufacturing: A Fuzzy AHP-FMEA Framework Approach,” BioResources , vol. 20, no. 2. pp. 2979–3001, 2025. doi: 10.15376/biores.20.2.2979-3001.

Downloads

Published

25-10-2025

How to Cite

Analisis Pemilihan Strategi Pemasaran Dalam Pengembangan Usaha Garam UD. Ndan Ndut Ria Menggunakan Metode Fuzzy AHP. (2025). Jurnal Riset Multidisiplin Edukasi, 2(10), 857-873. https://doi.org/10.71282/jurmie.v2i10.1082

Similar Articles

11-20 of 98

You may also start an advanced similarity search for this article.