PERAN HUMAS DALAM MENINGKATKAN KEPERCAYAAN PUBLIK TERHADAP PEMERINTAH
DOI:
https://doi.org/10.71282/jurmie.v1i2.22Keywords:
Peran Humas, Kepercayaan Publik, PemerintahAbstract
Kepercayaan publik terhadap pemerintah merupakan elemen vital dalam menjamin stabilitas dan keberhasilan program-program pemerintah. Humas (Hubungan Masyarakat) memiliki peran strategis dalam membangun, memelihara, dan meningkatkan kepercayaan publik melalui komunikasi yang efektif, transparansi, dan hubungan yang saling menguntungkan antara pemerintah dan masyarakat. Artikel ini bertujuan untuk menganalisis peran humas dalam meningkatkan kepercayaan publik terhadap pemerintah, dengan fokus pada strategi komunikasi, pengelolaan krisis, serta penerapan teknologi informasi dalam praktik humas. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi literatur untuk menggali konsep-konsep utama dan studi kasus yang relevan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa humas yang proaktif, adaptif, dan berbasis data dapat menjadi kunci dalam membangun hubungan yang harmonis antara pemerintah dan masyarakat.
Downloads
References
Ananda, M. Peran Humas Dalam Meningkatkan Pelayanan Informasi Ketenagakerjaan Di Dinas Tenaga Kerja Duri. repository.uin-suska.ac.id, 2020.
Ayudia, AP, and SS Wulandari. ‘Strategi Komunikasi Humas Dalam Meningkatkan Citra Pemerintah Kota Probolinggo’. Journal of Office Administration, 2021.
Batoebara, MU, and D Zebua. ‘Peran Public Relations Dalam Meningkatkan Citra Positif Hotel Santika Premiere Dyandra Medan’. Network Media, 2021.
Elyus, DS, and M Sholeh. ‘Strategi Humas Dalam Meningkatkan Citra Sekolah Di Era Pandemi Covid 19’. Jurnal Inspirasi Manajemen Pendidikan, 2021. https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/inspirasi-manajemen-pendidikan/article/view/38836/34197.
Munawir, A. Peranan Public Relations Dalam Meningkatkan Kepercayaan Masyarakat Terhadap Pesantren (Studi Di Pondok Pesantren Tarbiyatul Mubtadiin, Tigaraksa …. repository.uinbanten.ac.id, 2019.
Pramungkas, PR. ‘Peran Humas Pembentuk Opini Publik Dalam Upaya Pencitraan Lembaga Pendidikan’. garudKelola: Journal of Islamic Education Management, 2020.
Purwo, RHS, and D Puspasari. ‘Peran Humas Dalam Meningkatkan Citra Positif Pada Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BPSDM) Provinsi Jawa Timur’. Jurnal Pendidikan Administrasi Perkantoran, 2020. https://journal.unesa.ac.id/index.php/jpap/article/view/8903.
Rahayu, P, and N Trisnawati. ‘Strategi Humas Di SMK IPIEMS Surabaya Dalam Meningkatkan Citra Dan Kepercayaan Publik Pada Masa Pandemi Covid-19’. Jurnal Pendidikan Administrasi Perkantoran, 2022.
Rizki, A, and MHAA Ary. ‘Manajemen Humas Dalam Peningkatan Mutu Pendidikan Di Madrasah Tsanawiyah Negeri 1 Rantauprapat’. Edu Society: Jurnal Pendidikan, Ilmu Sosial Dan Pengabdian Kepada Masyarakat, 2021. http://jurnal.permapendis-sumut.org/index.php/edusociety/article/view/111.
Welda, W, and BA Minartiningtyas. ‘Sistem Informasi Pengelolaan Kerjasama Bidang Humas Pada STMIK STIKOM Indonesia’. Jurnal Sisfokom (Sistem …, no. Query date: 2023-06-05 07:36:56 (2017). http://jurnal.atmaluhur.ac.id/index.php/sisfokom/article/view/252.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Hasan Husaini (Author)

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.