Digitalisasi Pelayanan Publik di Era Revolusi Industri 4.0

Authors

  • Yuni Antika Universitas Sriwijaya, Sumatera Selatan, Indonesia Author
  • Mutia Sabila Universitas Sriwijaya, Sumatera Selatan, Indonesia Author
  • Desta Natalia Universitas Sriwijaya, Sumatera Selatan, Indonesia Author
  • Devi Auliya Sari Universitas Sriwijaya, Sumatera Selatan, Indonesia Author
  • Ihwan Nuddin Universitas Sriwijaya, Sumatera Selatan, Indonesia Author

DOI:

https://doi.org/10.71282/jurmie.v2i5.337

Keywords:

Digitalisasi, Pelayanan Publik, Revolusi Industri 4.0, E-government

Abstract

Penelitian ini mengkaji mengenai perkembangan teknologi digital yang pesat dan telah mendorong transformasi dalam berbagai aspek kehidupan, termasuk dalam penyelenggaraan pelayanan publik. Era Revolusi Industri 4.0 menuntut adanya adaptasi sistem pemerintahan menuju digitalisasi untuk meningkatkan efisiensi, transparansi, dan akuntabilitas. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis proses digitalisasi pelayanan publik di era Revolusi Industri 4.0, mengidentifikasi tantangan yang dihadapi, serta merumuskan strategi untuk optimalisasi implementasinya. Namun, keberhasilannya sangat bergantung pada kesiapan infrastruktur teknologi, sumber daya manusia yang kompeten, keamanan siber yang handal, serta komitmen kuat untuk memastikan bahwa digitalisasi dapat benar-benar memberikan manfaat maksimal bagi masyarakat dan mewujudkan tata kelola pemerintahan yang lebih baik.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Arifin, Z., & Kohar, A. (2022). Dampak revolusi industri 4.0 terhadap kesiapan Indonesia. MENAWAN, 3(1), 195-205. https://journal.areai.or.id/index.php/MENAWAN/article/download/1181/1493/6246

Mulyono, I. U. W., Susanto, A., Widyatmoko, K., & Ningrum, N. K. (2023). Digitalisasi Pelayanan Publik dan Digital Marketing Produk UMKM Desa Karangpakel, Kec. Trucuk, Kab. Klaten. Jurnal Nasional Pengabdian Masyarakat Ilmu Komputer, 2(1), 25-33.

Pratama, A.B. (2021). "Kapasitas Aparatur dalam Transformasi Digital Pemerintahan", Jurnal Ilmu Sosial dan Politik, 24(2), 217-233.

Prihartono, D. (2023). Penerapan pelayanan publik berbasis e-governance pada era revolusi industri 4.0. Kebijakan: Jurnal Ilmu Administrasi, 14(2), 192-201. https://journal.unpas.ac.id/index.php/kebijakan/article/view/5179

Pusparisa, Y. (2020, September 15). Pengguna Smartphone diperkirakan Mencapai 89% Populasi pada 2025. Katadata. https://databoks.katadata.co.id/teknologi-telekomunikasi/statistik/bdbf32de49a325c/pengguna-smartphone-diperkirakan-mencapai-89-populasi-pada-2025

Satya, A. (2018). Perkembangan teknologi dan industri 4.0. FORKA. https://forka.id/perkembangan-teknologi-dan-industri-4-0.htm1

Setiadi, D., & Muhaemin, M. N. A. (2018). Penerapan internet of things (IOT) pada sistem monitoring irigasi (Smart Irigasi). Infotronik: Jurnal Teknologi Informasi dan Elektronika, 3(2), 95-102. https://doi.org/10.32897/infotronik.2018.3.2.108

Taufiqurokhman, T., Pathony, T., Syahmahita Damanik, F. H., Nurhakim, A., & Judijanto, L. (2023). Transformasi E-Government: Mengevaluasi Dampak Digitalisasi terhadap Pelayanan Publik. Jurnal Cahaya Mandalika (JCM), 1796.

Wardani, H. K., Mazidah, E. N., & Hidayah, B. (2024). Potensi dan tantangan kecerdasan buatan sebagai asisten belajar mahasiswa FKIP dalam menyelesaikan tugas akademik. Jurnal Ilmu Sosial dan Budaya Indonesia, 2(1), 18-30. https://doi.org/10.61476/9mq47w18

Yunaningsih, A., Indah, D., & Septiawan, F. E. (2021). Upaya meningkatkan kualitas layanan publik melalui digitalisasi. Altasia Jurnal Pariwisata Indonesia, 3(1), 9-16. https://journal.uib.ac.id/index.php/altasia/article/view/4336

Downloads

Published

22-05-2025

How to Cite

Digitalisasi Pelayanan Publik di Era Revolusi Industri 4.0. (2025). Jurnal Riset Multidisiplin Edukasi, 2(5), 358-369. https://doi.org/10.71282/jurmie.v2i5.337

Similar Articles

1-10 of 104

You may also start an advanced similarity search for this article.