ANALISIS EFEKTIVITAS KOMUNIKASI ORGANISASI DALAM MENINGKATKAN KINERJA ORGANISASI(STUDI KASUS DI BADAN PENGEMBANGAN SUMBER DAYA MANUSIA PROVINSI SULAWESI SELATAN)
DOI:
https://doi.org/10.71282/jurmie.v2i6.498Keywords:
Efektifitas, Komunikasi, OrganisasiAbstract
Ketidakjelasan pesan merupakan hal yang sering terjadi dalam proses komunikasi, terutama yang sering dialami pada Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Provinsi Sulawesi Selatan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui efektivitas komunikasi organisasi di Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BPSDM) Provinsi Sulawesi Selatan dalam mendukung pencapaian tujuan dan misi organisasi, serta untuk mengetahui faktor-faktor yang memengaruhi efektivitas komunikasi organisasi di BPSDM Provinsi Sulawesi Selatan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah studi kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Hasil penelitan menunjukkan bahwa Komunikasi organisasi yang efektif pada Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BPSDM) Provinsi Sulawesi Selatan, merupakan kunci untuk mencapai tujuan dan misi organisasi. Komunikasi yang baik antara berbagai unit dan tingkatan organisasi mendukung koordinasi yang lancar dalam mencapai sasaran strategis organisasi. Selain itu, keterbukaan dalam berkomunikasi antara pimpinan dan anggota organisasi serta transparansi dalam menyampaikan informasi merupakan faktor penting dalam meningkatkan efektivitas komunikasi di BPSDM Provinsi Sulawesi Selatan.
Downloads
References
Adams, J. (2018). Factors That Influence Organizational Communication. Chron.
Alamsyah, R., & Sari, D. P. (2019). Pengaruh komunikasi kepemimpinan dan kinerja terhadap kepuasan kerja karyawan PT. Pos Indonesia (Persero) Tbk. Jurnal Riset Manajemen Dan Bisnis, 4(2), 247-260.
Blau, P. M. (1964). Exchange and Power in Social Life. Transaction Publishers.
Cropanzano, R., Rupp, D. E., & Byrne, Z. S. (2019). The relationship of emotional exhaustion to work attitudes, job performance, and organizational citizenship behaviors. Journal of Applied Psychology, 104(6), 830-847.
Gudykunst, W. B., & Kim, Y. Y. (2017). Communicating with strangers: An approach to intercultural communication (4th ed.). Boston: McGraw-Hill.
Griffin, E. (2019). A First Look at Communication Theory (10th ed.). New York: McGraw-Hill.
______. (2021). A First Look at Communication Theory. McGraw-Hill Education.
Guffey, M. E., & Almonte, R. (2019). Essentials of Business Communication. Cengage Learning Canada.
Gupta, A., & Sharma, A. (2019). Organizational Structure and Its Impact on Communication Effectiveness. International Journal of Management, IT and Engineering, 9(2), 201-215.
Homans, G. C. (1961). Social Behavior: Its Elementary Forms. Harcourt, Brace & World.
Ibrahim, M., & Fadli, M. (2020). Pengaruh Pelatihan Kewirausahaan Terhadap Minat Berwirausaha pada Masyarakat di Desa Kumantan Kecamatan Bangkinang Kota Kabupaten Kampar. Jurnal Aplikasi Bisnis, 16(2).
Iswanto, A. (2020). Hubungan kejujuran, transparansi, dan keadilan organisasi dengan kepercayaan organisasi pada karyawan. Jurnal Psikologi Industri Dan Organisasi, 9(2), 78-88.
Lee, H., Cho, J., & Lee, H. (2018). An empirical study on user acceptance of wearable devices in the context of health informatics. Health Informatics Journal, 24(3), 185-196.
Littlejohn, S. W., & Foss, K. A. (2020). Theories of Human Communication. Long Grove, Illinois: Waveland Press.
McAllister, D. J. (1995). Affect- and cognition-based trust as foundations for interpersonal cooperation in organizations. Academy of Management Journal, 38(1), 24-59.
McPhee, R. D., & Zaug, P. (2018). Organizational Communication: Traditional Themes and New Directions. SAGE Publications.
Schein, E. H. (2017). Organizational Culture and Leadership. Wiley.
Shockley-Zalabak, P. (2019). Fundamentals of Organizational Communication. Pearson.
West, R., & Turner, L. H. (2018). Introducing Communication Theory: Analysis and Application. New York, NY: McGraw-Hill.
Yuliansyah, Y., & Kusumasari, B. (2018). Pengaruh kepemimpinan transformasional terhadap kinerja karyawan PT. Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk Cabang Padang. Jurnal Manajemen Dan Pemasaran Jasa, 11(2), 147-160.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Farida Jasmine Razak, Imam Mukti, Nurdyansa (Author)

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.