Strategi Komunikasi dan Pemanfaatan Teknologi Informasi Dalam Studi Kelayakan Bisnis UMKM Es Teh Wind Cikarang: Tantangan dan Peluang di Era Digitalisasi Global

Authors

  • Nur Diantini Universitas Pelita Bangsa, Jawa Barat, Indonesia Author
  • Gatot Gilang Permadi Universitas Pelita Bangsa, Jawa Barat, Indonesia Author
  • Dwi Astuti Universitas Pelita Bangsa, Jawa Barat, Indonesia Author

DOI:

https://doi.org/10.71282/jurmie.v2i1.83

Keywords:

Strategi Komunikasi, Pemanfaatan Teknologi Informasi, UMKM, Digitalisasi Global

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi strategi kominikasi dan teknologi, menganalisis kelayakan bisnis, serta mengidentifikasi peluang dan tantangan UMKM Es Teh Wind di era digitalisasi. Memanfaatkan media sosial, seperti Instagram dan WhatsApp untuk komunikasi dua arah dan promosi digital, mampu meningkatkan loyalitas pelanggan dan penjualan hibgga 30% dalam satu minggu. Analisis kinerja keuangan menunjukan potensi keuntungan yang signifikan, meskipun menghadapi tantangan dalam adaptasi teknologi yang berkembang dengan pesat. Digitalisasi membuka peluang besar melalui stategi pemasaran berbasis media sosial yang mampu menjangkau target pasar yang lebih luas. Meningkatkan daya saing dengan melakukan inovasi terhadap produk yang dipasarkan, pengelolaan teknologi yang ada, dan strategi branding yang efektif.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Anastasya, A. (2023, 7 8). data UMKm, jumlah dan pertumbuhan usaha mikro, kecil, dan menengah di indonesia. Retrieved from ukmindonesia.id: https://ukmindonesia.id/baca-deskripsi-

posts/data-umkm-jumlah-dan-pertumbuhan-usaha-mikro-kecil-dan-menengah-di- indonesia#google_vignette

Sari, W. (2021). Kinerja Keuangan. jurnal.unprimdn.ac.id, 1-27.

Fuadi, D. S., Akhyadi, A. S., & Saripah, I. (2021). Systematic Review: Strategi Pemberdayaan Pelaku UMKM Menuju Ekonomi Digital Melalui Aksi Sosial. Diklus: Jurnal Pendidikan Luar Sekolah, 5(1), 1–13. https://doi.org/10.21831/diklus.v5i1.37122

Kualitatif, A. D. P. (n.d.). Bab 10. 157–165.

Sunarsi, D. (2020). Implikasi Digitalisasi UMKM. In Digitalisasi Umkm. https://repository.unja.ac.id/48024/1/DIGITALISASI_UMKM %281%29.pdf#page=64

Widagdo, P. B. (2016). Perkembangan Electronic Commerce (E-Commerce) di Indonesia. Researchgate.Net, December, 1–10. https://www.researchgate.net/publication/311650384

Downloads

Published

19-01-2025

How to Cite

Strategi Komunikasi dan Pemanfaatan Teknologi Informasi Dalam Studi Kelayakan Bisnis UMKM Es Teh Wind Cikarang: Tantangan dan Peluang di Era Digitalisasi Global. (2025). Jurnal Riset Multidisiplin Edukasi, 2(1), 512-517. https://doi.org/10.71282/jurmie.v2i1.83

Similar Articles

1-10 of 16

You may also start an advanced similarity search for this article.