PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN ROLE PLAYING BERBASIS PROJECT BASED LEARNING UNTUK MENCIPTAKAN STUDENT WELLBEING PADA MATERI DRAMA SISWA KELAS XI SMA N 3 PATI

Authors

  • Niken Ayu Pradityas Universitas PGRI Semarang, Indonesia Author
  • Sri Suciati Universitas PGRI Semarang, Indonesia Author
  • Ahmad Ripai Universitas PGRI Semarang, Indonesia Author

DOI:

https://doi.org/10.71282/jurmie.v2i6.505

Keywords:

role playing, project based learning, student wellbeing

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penggunaan model pembelajaran role playing berbasis project based learning untuk menciptakan student wellbeing pada materi drama siswa kelas XI SMA N 3 Pati. Jenis penelitian ini adalah kualitatif deskriptif. Pengumpulan data pada penelitian ini dilakukan dengan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Kegiatan penelitian dilakukan secara urut mulai dari pendahuluan yang memuat salam, doa, mengecek kehadiran, dan penyampaian tujuan pembelajaran. Kegiatan inti mencakup pembagian kelompok, latihan konsentrasi, pembagian naskah, siswa menentukan sutradara, sutradara membagi peran, pemain membaca dan memahami karakter yang diperankan, siswa bersama kelompoknya dipandu sutradara melakukan pementasan secara sendiri, sutradara memberi arahan, setiap kelompok menampilkan pementasan sesuai dengan project, dan guru melakukan penilaian. Kegiatan terakhir yaitu penutup memuat refleksi pembelajaran, penguatan dan pemberian motivasi, doa, dan salam. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan model pembelajaran role playing berbasis project based learning untuk menciptakan student wellbeing pada materi drama siswa kelas XI SMA N 3 Pati dapat diterima dengan baik oleh siswa khususnya siswa kelas XI-9 SMA N 3 PATI. Berdasarkan hasil wawancara dengan guru dan siswa, dengan adanya model pembelajaran role playing berbasis project based learning untuk menciptakan student wellbeing siswa dapat mengikuti pembelajaran drama dengan baik, kemudian hasil pembelajaran yang diperoleh siswa juga maksimal. Selain itu, berdasarkan hasil observasi juga menunjukkan siswa aktif, antusias, dan merasa senang selama mengikuti pembelajaran.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Alfi, C., & Wibangga, D. S. (2023). Penerapan Model Pembelajaran Project Based Learning (PJBL) Dengan Role Playing Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Di SMAN 2 Malang. Jurnal Pendidikan: Riset dan Konseptual, 7(4), 768-776.

Anggita, A. F., Maulida, D. N., & Harahap, S. H. (2024). Pembelajaran Sastra: Problematika Pembelajaran Drama bagi Guru dan Siswa di SMP Negeri 17 Medan. IJEDR: Indonesian Journal of Education and Development Research, 2(1), 519–528.

Cahdriyana, R. A., & Richardo, R. (2021). Apakah konsep PROSPER dapat membangun kesejahteran siswa (student wellbeing) di era pandemi Covid-19? Jurnal Pembangunan Pendidikan: Fondasi Dan Aplikasi, 9(1), 13–23.

Cyndiani, S., Asmah, S. N., & Nurcahyo, M. A. (2023). Analisis Model Project Based Learning (Pjbl) Pada Buku Siswa Tema 1 Kelas V Sekolah Dasar. Jurnal Kiprah Pendidikan, 2(2), 159–166.

Fadhilah, N. R. (2019). Hubungan Dukungan Sosial Teman Sebaya dengan Student Well-Being pada Siswa MAN 2 Kampar. Universitas Negeri Sultan Syarif Kasim Riau, 169.

Fatimah, S., Burhamzah, M., Asri, W. K., & Azizah, L. (2023). ). Pelatihan menciptakan lingkungan belajar yang empati dan mendukung perkembangan sosial-emosional siswa. Jurnal Gembira: Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(06), 1469-1479.

Fathurrohman. (2013a). Kajian Pustaka PJBL. Journal of Chemical Information and Modeling, 53(9), 1689–1699.

Fransisca, S. O., Permanasari, D., & Alfiawati, R. (2022). Kemampuan Menulis Teks Drama melalui Teknik Transformasi. Lentera Pedagogi, 5(2), 171–182.

Hikmah, N., Haeriyyah, & Nur, M. (2023). Konflik Dalam Film Series “Al-Qafash” Karya Bader Al-Jazzaf Dan Muhammad Al- Anzi (Tinjauan Intrinsik). Jurnal Sarjana Ilmu Budaya, 03(03), 23–25.

Ihsananda, V. (2017). Penggunaan Metode Role Playing Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Pada Matapelajaran Bahasa Indonesia Siswa Kelas V SD Negeri 3 Astomulyo (Doctoral dissertation, IAIN Metro).

Iron Muntafiroh. (2011). Bab I Pendahuluanبا حض خ ِ ي. Galang Tanjung, 2504, 1–9.

Jayanti, D. (2012). Unsur-Unsur Kriminalitas dalam Novel Di Atas Mahligai Cinta Karya Sri Rokhati:Tinjauan Sosiologi Sastra. 1–10.

Julaeha, S., & Erihadiana, M. (2021). Model Pembelajaran dan Implementasi Pendidikan HAM Dalam Perspektif Pendidikan Islam dan Nasional. Reslaj : Religion Education Social Laa Roiba Journal, 3(3), 133–144.

Junita, M. (2021). Hubungan Religiusitas Dengan Student Well-Being Pada Siswa SMA Negeri 2 Ujung Batu. Skripsi, 1–81.

Khanifah, L. N. (2021). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Dengan Pemanfaatan Cerita Rakyat Melalui Model Project Based Learning (Pjbl) Berbasis Role Playing Dalam Meningkatkan Keterampilan Sosial Peserta Didik. MIDA: Jurnal Pendidikan Dasar Islam, 4(1).

Lafamane, F. (2020). Karya sastra (puisi, prosa, drama).

Lestari, M. R. D. W., Devi, W. S., Khaerunnisa., & Faznur, L. S. (2021). Modul apresiasi sastra berbasis project methode.

Lisnawati, i., Ruslan, t. s., & Nurjamilah, a. s. (2019). Drama “lelakon raden bei surio retno” karya f. wiggers dalam perspektif pendekatan struktural dan pendekatan sosiologis. Metabasa, 1(1).

Maisaroh, S., & Hidayah, N. (2019). Analisis Unsur Intrinsik Drama “Asirul Karim” Karya Ali Ahmad Bakatsir. Al-Lahjah, 2(1), 1–18.

Niode, S. H. (2015). Analisis Tema Dalam Novel the Fault in Our Stars Karya John Green Jurnal.

Nufi Azam Muttaqin. (2021). Nilai-Nilai Pendidikan Karakter Dalam Novel Orang-Orang Biasa Karya Andrea Hirata Dan Kelayakannya Sebagai Bahan Ajar Sastra di SMA. Skripsi, 51.

Nusfiyah, K. (2024). Model Pembelajaran Project-Based Learning (PjBL) melalui Video Project dalam Meningkatkan Kreativitas dan Keterampilan Peserta Didik. Journal of Islamic Education, 2(1), 16–21.

Patmawati, I., Nengsih, E. W., & Nabila, F. S. (2024). Unsur Intrinsik Dalam Naskah Drama “Trik “Karya Putu Wijaya. Jurnal Kajian Penelitian Pendidikan dan Kebudayaan, 2(4), 113-118.

Permana, F. H., Chamisijatin, L., & Zaenab, S. (2021). Blended learning berbasis project-based learning untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis. JINoP (Jurnal Inovasi Pembelajaran), 7(2), 209-216.

Rahmadona, r., Jaya, w. s., & Hastuti, h. (2022). Kemampuan menulis naskah drama dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe concept sentence pada siswa kelas viii smp negeri 8 bandar lampung tahun pelajaran 2021/2022. Warahan: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 4(1), 1-15.

Royana, L. F., Harfiandi, & Mahmud, T. (2021). Analisis Pembelajaran Bahasa Indonesia Pada Materi Teks Drama Untuk Siswa Kelas XI MIPA 6 SMAN 2 Banda Aceh. Jurnal Ilmiah Mahasiswa, 2(1), 1–16.

Seraya, W. I. (2020). Analisis Unsur-Unsur Drama Bidadari yang Ke Empat Karya Yusef Muldiyana sebagai Alternatif Pemilihan Bahan Ajar Bahasa Indonesia Kelas XI. 12.

Suryaman. (2017). Kamus Besar Bahasa Indonesia. Univeristas Yogyakarta, 1, 10–50.

Sutrisna, G. B. B., Sujana, I. W., & Ganing, N. N. (2020). Pengaruh Model Project Based Learning Berlandaskan Tri Hita Karana Terhadap Kompetensi Pengetahuan Ips. Jurnal Adat Dan Budaya Indonesia, 1(2), 84–93.

Syahrul, N. (2022). Pembelajaran Sastra yang Menyenangkan dan Inovatif. Talenta Conference Series: Local Wisdom, Social, and Arts (LWSA), 5(2), 2.

Umar, S. G., Umar, F. A., & Didipu, H. (2021). Kemampuan Peserta Didik Kelas Viii Smp Negeri 1 Telaga Mengidentifikasi Unsur-Unsur Drama Dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia. Jambura Journal of Linguistics and Literature, 1(2), 37–48.

WAHYU, N. S. (2023). Diajukan Sebagai Syarat untuk Memperoleh Gelar Sarjana Pendidikan pada Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Jurusan Pendidikan Bahasa …. In Universitas Batanghari.

Wajdi, F. (2017). Pengembangan Model Pembelajaran Proyek Berbasis Penilaian Autentik Dalam Pembelajaran Drama Indonesia. Repository.Upi.Edu.

Wijayanti, B. W. (2019). Jenis Dan Faktor Kesulitan Belajar Menulis Naskah Drama Satu Babak Mahasiswa Jurusan Sastra Indonesia UM. BASINDO : Jurnal Kajian Bahasa, Sastra Indonesia, Dan Pembelajarannya, 3(2), 149–160. https://garuda.kemdikbud.go.id/documents/detail/1420079

Wirachman, R., & Ike Kurniawati. (2023). Studi Deskriptif Model Pembelajaran Role Playing Berlandaskan Teori Social Learning Berbasis Pedagogik Kreatif. Inventa, 7(1), 37–49.

Yana, e. (2025, february). Peningkatan teknik linguistik dalam penulisan teks berita web pada kelas xi sman 5 banda aceh. In Seminar Nasional Pendidikan, Teknologi, dan Kesehatan (TEKAD) (Vol. 3, No. 1, pp. 21-26).

Zulfa, M. A. (2019). Hubungan Antara School Well-being dengan Motivasi Belajar Pada Siswa SMA Negeri 6 Banda Aceh Hubungan (Doctoral dissertation, UIN Ar-Raniry Banda Aceh).

Downloads

Published

19-06-2025

How to Cite

PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN ROLE PLAYING BERBASIS PROJECT BASED LEARNING UNTUK MENCIPTAKAN STUDENT WELLBEING PADA MATERI DRAMA SISWA KELAS XI SMA N 3 PATI. (2025). Jurnal Riset Multidisiplin Edukasi, 2(6), 472-478. https://doi.org/10.71282/jurmie.v2i6.505

Similar Articles

11-20 of 136

You may also start an advanced similarity search for this article.