PENGARUH MODEL PROJECT BASED LEARNING BERBANTUAN MEDIA SMART BOX TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF IPAS  PESERTA DIDIK DI KELAS V SEKOLAH DASAR

Authors

  • Syifa Annisa Universitas Pasundan, Indonesia Author
  • Dadang Iskandar Universitas Pasundan, Indonesia Author
  • Nurul Fazriyah Universitas Pasundan, Indonesia Author

DOI:

https://doi.org/10.71282/jurmie.v2i6.526

Keywords:

Model Project Based Learning, Media Smart Box , Berpikir Kreatif IPAS

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model Project based learning berbantuan media Smart Box terhadap kemampuan berpikir kreatif IPAS Peserta Didik di Kelas V di Sekolah Dasar.  Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan desain penelitian yaitu quasi experimental design. Teknik pengumpulan data melalui Pretest dan Posttest. Sampel dalam penelitian yang digunakan adalah kelas V. Penelitian dilakukan karena kemampuan berpikir kreatif IPAS peserta didik masih rendah. Peneliti menggunakan uji Independent Sample T-test untuk melihat pengaruhnya. Hasil uji Independent Sample T-test yaitu 0.002 < 0.05 dan hasil pada uji effect size memperoleh nilai sebesar 1.13 yang berkategori besar, artinya terdapat pengaruh secara signifikan terhadap kemampuan berpikir kreatif IPAS peserta didik, sesuai dengan pengambilan keputusan bahwa Ho ditolak dan Ha diterima. Sehingga, terdapat pengaruh yang signifikan dan berpengaruh besar terhadap model Project based learning Berbantuan Media Smart Box Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif IPAS Peserta Didik di kelas V Sekolah Dasar.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ayu Andraini, M., & Hayun, M. (2024a). Pengaruh Model Project Based Learning (PjBl) Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Pada Pembelajaran IPAS Siswa Kelas V SD. Jurnal Guru Sekolah Dasar, 1(4), 52–59. https://doi.org/10.70277/jgsd.v1i4.6

Ayu Andraini, M., & Hayun, M. (2024b). Pengaruh Model Project Based Learning (PjBl) Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Pada Pembelajaran IPAS Siswa Kelas V SD. Jurnal Guru Sekolah Dasar, 1(4), 52–59. https://doi.org/10.70277/jgsd.v1i4.6

Furqon Al Hadiq Muhamad, Mas Ramadhan Gilang, & Rahayu Devi Sri. (2022). Pengaruh Model Project-Based Learning Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa SD. Journal of Elementary Education, 05, 3.

Hardani, Auliah Nur Hikmatul, Andriani Helmina, & dkk. (2020). Buku Metode Penelitian Kualitatif & Kuantitatif (A. Md. ,A. K. Abadi Husnu, Ed.; 1st ed.). CV. Pustaka Ilmu Group Yogyakarta. https://www.researchgate.net/publication/340021548

Jumanto, & Adi Yogi Kuncoro. (2022). Profil Kemampuan Berpikir Kreatif Peserta Didik Kelas VI Ditinjau dari Prestasi Akademik. Jurnal Sinektik, 5(2620–6560), 82–87. https://doi.org/10.33061/js.v3i2.7533

Maulidah Nur, N., Lubis, H. A., Amalia Yulia, & dkk. (2021). Analisis Kemampuan Berpikir Kreatif pada Pembelajaran Matematika dengan Menerapkan Model Drill. Edu Society: Jurnal Pendidikan, Ilmu Sosial, Dan Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(3), 369–378.

Mulyawati Yuli, & Purnomo Heru. (2021). Pentingnya Keterampilan Guru Untuk Menciptakan Pembelajaran Yang Menyenangkan. Elementa: Jurnal PGSD STKIP PGRI Banjarmasin, 3(2), 25–32. https://doi.org/10.33654/pgsd

Nopiani, S., Purnamasari, I., Nuvitalia, D., & Rahmawati, A. (2023). Kompetensi 4C Dalam Implementasi Kurikulum Merdeka di Kelas IV Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah PGSD FKIP Universitas Mandiri, 09(02), 5202–5210.

Nurhayati, I., Pramono, K. S. E., & Farida, A. (2024). Keterampilan 4C (Critical Thinking, Creativity, Communication And Collaboration) dalam Pembelajaran IPS untuk Menjawab Tantangan Abad 21. Jurnal Basicedu, 8(1), 44–53. https://doi.org/10.31004/basicedu.v8i1.6842

Safitri, R. A., & Wulandari, F. (2023). Pengaruh Model Project Based Learning terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa Sekolah Dasar. Emergent: Journal of Educational Discoveries and Lifelong Learning, 2(1), 1–11. https://doi.org/10.47134/emergent.v2i1

Sajidah, A. P., & Amelia, C. (2024). Pengaruh Model Pembelajaran Project Based Learning Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa di Sekolah Dasar. Didaktika: Jurnal Kependidikan, 13(4), 4983–4990. https://jurnaldidaktika.org

Saofah, T., Uswatun, D. A., & Sutisnawati, A. (2024). Pengembangan Media Smart Box berbasis Science Environment Technology Society (SETS) dalam Pembelajaran IPA Sekolah Dasar. Ideguru: Jurnal Karya Ilmiah Guru, 10(1), 357–365. https://doi.org/10.51169/ideguru.v10i1.1301

Wanggi, S. L., Santoso, D., & Lestari, T. A. (2023). Pengaruh Model Pembelajaran Project Based Learning Terintegrasi Etnosains Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa Pada Mata Pelajaran IPA Kelas VII di SMPN 2 Pujut. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 8(4), 1920–1926. https://doi.org/10.29303/jipp.v8i4.1660

Yamin, M., & Syahrir. (2020). Pembangunan Pendidikan Merdeka belajar (Telaah Metode Pembelajaran). Jurnal Ilmiah Mandala Education, 6(1), 126–136. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.58258/jime.v6i1.1121

Downloads

Published

20-06-2025

How to Cite

PENGARUH MODEL PROJECT BASED LEARNING BERBANTUAN MEDIA SMART BOX TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF IPAS  PESERTA DIDIK DI KELAS V SEKOLAH DASAR. (2025). Jurnal Riset Multidisiplin Edukasi, 2(6), 636-647. https://doi.org/10.71282/jurmie.v2i6.526

Similar Articles

1-10 of 153

You may also start an advanced similarity search for this article.