PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN E-LEARNING BERBASIS MOODLE PADA PEMBELAJARAN MENULIS PUISI DI SMK NEGERI 1 LOKSADO
DOI:
https://doi.org/10.71282/jurmie.v2i6.513Keywords:
e-learning, Moodle, Menulis Puisi, Pengembangan Media, SMKAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran e-learning berbasis Moodle yang digunakan dalam pembelajaran menulis puisi di SMKN 1 Loksado. Latar belakang penelitian ini adalah rendahnya minat dan kemampuan siswa dalam menulis puisi, serta keterbatasan media pembelajaran yang menarik dan interaktif. Metode yang digunakan adalah penelitian dan pengembangan (R&D) dengan model ADDIE yang meliputi tahap analisis, desain, pengembangan, implementasi, dan evaluasi. Hasil validasi oleh ahli materi dan ahli media menunjukkan bahwa media pembelajaran berbasis Moodle ini sangat layak digunakan, dengan skor kelayakan masing-masing sebesar 91% dan 88%. Uji coba terbatas pada siswa kelas XI menunjukkan adanya peningkatan kemampuan menulis puisi yang signifikan, dari nilai rata-rata pre-test 68,2 menjadi 85,4 pada post-test. Respon siswa terhadap media juga sangat positif, terutama pada aspek kemudahan penggunaan, tampilan, dan fitur interaktif seperti forum diskusi dan unggah tugas. Dengan demikian, media pembelajaran e-learning berbasis Moodle dinyatakan efektif dalam meningkatkan kualitas pembelajaran menulis puisi dan dapat dijadikan alternatif pembelajaran inovatif di SMK.
Downloads
References
Arsyad, A. (2014). Media Pembelajaran. Jakarta: RajaGrafindo Persada.
Arsyad, A. (2015). Media Pembelajaran. Jakarta: Rajawali Pers.
Branch, R. M. (2009). Instructional Design: The ADDIE Approach. New York: Springer.
Depdiknas. (2008). Panduan Pengembangan Bahan Ajar. Jakarta: Direktorat Jenderal Manajemen Pendidikan Dasar dan Menengah, Departemen Pendidikan Nasional.
Daryanto. (2013). Media Pembelajaran. Yogyakarta: Gava Media.
Hamalik, O. (2009). Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara.
Heinich, R., Molenda, M., Russell, J. D., & Smaldino, S. E. (2002). Instructional Media and Technologies for Learning (7th ed.). New Jersey: Prentice Hall.
Munir. (2012). Pembelajaran Digital. Bandung: Alfabeta.
Nasution, S. (2009). Berbagai Pendekatan dalam Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara.
Pribadi, B. A. (2017). Desain dan Pengembangan Program Pembelajaran. Jakarta: Kencana.
Purwanti, E. (2020). “Pengembangan Media E-Learning Berbasis Moodle pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia.” Jurnal Pendidikan dan Teknologi Pembelajaran, 6(1), 22–30.
Prastowo, A. (2015). Panduan Kreatif Membuat Bahan Ajar Inovatif. Jogjakarta: Diva Press.
Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D). Bandung: Alfabeta.
Warsita, B. (2016). Teknologi Pembelajaran: Landasan dan Aplikasinya. Jakarta: Rineka Cipta.
Yulianti, L., & Iskandar, I. (2021). “Efektivitas Penggunaan Moodle dalam Pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia.” Jurnal Teknologi Pendidikan, 23(2), 115–124.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Misna (Author)

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.