PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN IPA BERUPA KARTU DOMINO PADA MATERI SUMBER ENERGI , PERUBAHAN ENERGI,  DAN SUMBER ENERGI ALTERNATIF DALAM KEHIDUPAN SEHARI-HARI DI KELAS IV MIS TAQWA DESA SIMPANG TANGSI BALIMBINGAN, KECAMATAN TANAH JAWA, KABUPATEN SIMALUNGUN

Authors

  • Nurul Hariani Islam Negeri Sumatera Utara, Indonesia Author
  • Tri Indah Kusumawati Islam Negeri Sumatera Utara, Indonesia Author
  • Safran Islam Negeri Sumatera Utara, Indonesia Author

DOI:

https://doi.org/10.71282/jurmie.v2i6.557

Keywords:

Media Kartu Domino, Research , Devlopment

Abstract

Berdasarkan analisis kebutuhan , ditemui bahwa guru memerlukan contoh media pembelajaran yang dapat membantu guru dalam proses pembelajaran  dikelas. Tujuan Penelitian  ini dilakukan untuk mengetahui kelayakan  atau kualitas Media dalam pembelajaran dikelas serta mendeskripsikan  Respon Peserta didik terhadap Media Kartu Domino yang dikembangkan. Jenis penelitian dan pengembangan dan peneiltian ini yaitu penelitian Research and Devlopment (R&D) dengan menerapkan tahapan yang disederhanakan oleh Borg and Gall  yaitu : 1) Potensi Masalah, 2) Pengumpulan data, 3) Desain Produk, 4) Validasi Desain, 5) Revisi Desain, 6) Uji Coba Produk, 7) Revisi Produk. Subjek penelitian yang dilibatkan pada penelitian ini adalah peserta didik kelas IV MIS Taqwa sebanyak 29 Responden . Pemerolehan data dalam penelitian ini diambil dari validasi ahli media dan ahle materi pembelajaran yang berguna untuk mengetahui kelayakan produk, kemudian uji coba pemakaian dengan guru dan peserta didik guna memperoleh data kelayakan produk , kemudian uji coba pemakaian produk dengan guru dan siswa guna memperoleh kelayakan Produk. Hasil penelitian dan pengembangan yang dilakukan memberikan keterangan keterangan bahwa produk media Kartu Domino yang dikembangkan termasuk dalam kategori “Sangat Layak” digunakan setelah melalui uji validasi dari ahli media dengan rentang nilai 92% dan 100%, dan rentang penilaian dari 93% dari ahli materi pembelajaran, dilihat dari uji kepraktisan melalui uji  coba produk oleh guru diperoleh persentase nilai 92%dan persentase nilai dari siswa  85,4%  dengan kategori “sangat layak”  digunakan sebagai media pembelajaran Kartu domino . Berdasarkan skor tersebut menunjukkan bahwa media pembelajaran kartu domino mempunyai kualitas “Sangat Layak” untuk digunakan

Downloads

Download data is not yet available.

References

Borg, W. R., & Gall, M. D. (1983). Educational Research: An Introduction (4th ed.). New York: Longman.

Depdiknas. (2008). Panduan Pengembangan Bahan Ajar. Jakarta: Direktorat Jenderal Manajemen Pendidikan Dasar dan Menengah, Departemen Pendidikan Nasional.

Hamalik, O. (2009). Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara.

Heinich, R., Molenda, M., Russell, J. D., & Smaldino, S. E. (2002). Instructional Media and Technologies for Learning (7th ed.). New Jersey: Merrill Prentice Hall.

Munir. (2012). Multimedia: Konsep dan Aplikasi dalam Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian dan Pengembangan (Research and Development/R&D). Bandung: Alfabeta.

Suyanto, & Asep Jihad. (2013). Menjadi Guru Profesional: Strategi Meningkatkan Kualifikasi dan Kualitas Guru di Era Global. Jakarta: Erlangga.

Sanjaya, W. (2013). Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana.

Sardiman, A. M. (2011). Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Rajawali Pers.

Uno, H. B. (2007). Model Pembelajaran: Menciptakan Proses Belajar Mengajar yang Kreatif dan Efektif. Jakarta: Bumi Aksara.

Downloads

Published

25-06-2025

How to Cite

PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN IPA BERUPA KARTU DOMINO PADA MATERI SUMBER ENERGI , PERUBAHAN ENERGI,  DAN SUMBER ENERGI ALTERNATIF DALAM KEHIDUPAN SEHARI-HARI DI KELAS IV MIS TAQWA DESA SIMPANG TANGSI BALIMBINGAN, KECAMATAN TANAH JAWA, KABUPATEN SIMALUNGUN. (2025). Jurnal Riset Multidisiplin Edukasi, 2(6), 719-726. https://doi.org/10.71282/jurmie.v2i6.557

Similar Articles

1-10 of 163

You may also start an advanced similarity search for this article.