ANALISIS PENGARUH FAKTOR-FAKTOR PADA PRODUK TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN DENGAN METODE REGRESI LINEAR (Studi Kasus di Minimarket Sidotemu Krian)

Authors

  • Fajar Nawawi Bihatma Fakultas Teknik Universitas Islam Majapahit Mojokerto Author
  • Muslimin Fakultas Teknik Universitas Islam Majapahit Mojokerto Author
  • Rakhmad Wahyudi Fakultas Teknik Universitas Islam Majapahit Mojokerto Author

DOI:

https://doi.org/10.71282/jurmie.v2i8.793

Keywords:

Faktor-faktor produk, Keputusan pembelian, Minimarket Sidotemu, Survei kuantitatif

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh faktor-faktor produk (X) terhadap keputusan pembelian (Y) di minimarket, dengan studi kasus di minimarket Sidotemu, Krian. Keputusan pembelian konsumen dipengaruhi oleh berbagai factor terutama factor – factor yang melekat pada produk itu sendiri meliputi kualitas, harga, merek, desain, kemasan, ketersediaan, layanan, fitur dan inovasi produk. Harga yang kompetitif dan merek yang kuat dapat meningkatkan minat beli konsumen, sedangkan harga yang terlalu tinggi atau merek yang kurang dikenal dapat menurunkan minat beli. Metode penelitian yang digunakan adalah kuantitatif dengan pendekatan survei. Populasi penelitian adalah konsumen yang berbelanja di minimarket Sidotemu, Krian. Sampel diambil secara purposive sampling, dengan kriteria konsumen yang membeli produk air minum dalam kemasan botol ukuran sedang dan besar.. Data dikumpulkan melalui kuesioner yang terdiri dari pertanyaan mengenai persepsi harga, citra merek, dan keputusan pembelian untuk menguji pengaruh variabel independen terhadap variabel dependen.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Sihombing, L. A., Suharno, S., Kuleh, K., & Hidayati, T. (2023). The Effect of Price and Product Quality on Consumer Purchasing Decisions through Brand Image. 2(1), 44–60

Khotimah, N. K., & Soliha, E. (2023). The Influence of Product Quality , Brand Image , Price Perception on the Purchase Decision Process of Food and Beverages. ICMS. https://doi.org/10.4108/eai.12-7-2023.2340952

Wahyuningrum, M. Y. A. (2025). Factors affecting the purchase decision of skincare products: Perspectives of promotion, product quality, and price. Journal of Management Science (JMAS), 8(1), 128–136. https://doi.org/10.35335/jmas.v8i1.621

Islahuben, I., Widayati, C., Yenita, Y., & Budiawan, L. S. (2023). The Influence of Product Quality, Promotion and Price on Purchasing Decisions. Journal of Accounting and Finance Management, 4(3), 258–265. https://doi.org/10.38035/jafm.v4i3.235

Saputra, A. (2022). Predicting Consumer Purchasing Decision from Product Quality and Promotion through Brand Image. Journal of Business and Management Review. https://profesionalmudacendekia.com/index.php/jbmr/article/view/450

Jatmiko, N. S., Aprilia, A., Usmangaji, D. A., & Sazeli, M. S. (2023). The Impact of Product Quality on Purchasing Decision: A SEM Study. Jurnal Penelitian Ekonomi Dan Akuntansi (JPENSI), 8(3). https://doi.org/10.30736/jurnalpenelitianekonomidanakuntansi(jpensi).v8i3.1738

Rusmiati, B. (2023). The Factors Affecting the Product Purchasing Decision through Online Shopping. Journal of Interdisciplinary Research in Accounting and Finance (JIRAF), 10(1), 38–47. https://sadijournals.org/index.php/JIRAF/article/view/228

Dachlan, A. H., & Soebiantoro, U. (2023). The Influence of Product Quality, Perceived Price, and Brand Image on Purchasing Decisions of Nescafe Instant Coffee Powder in Surabaya. International Journal of Economics (IJEC), 2(2), 340–348. https://doi.org/10.55299/ijec.v2i2.529

Kotler, P., & Keller, K. L. (2016). Marketing Management (15th ed.). Pearson Education. Schiffman, L. G., & Kanuk, L. L. (2010). Consumer Behavior (10th ed.). Prentice Hall. Simamora, B. (2004). Panduan Riset Perilaku Konsumen. PT Gramedia Pustaka Utama.

Afrina, F., & Saputra, F. (2024). Impact of Attitudes and Social Norms on AQUA Purchase Decisions: The Role of Buying Intent in Jabodetabek. International Journal of Business, Law, and Education, 5(2), 2696-2706.

Mansyur, M., Asiyah, S., & Millaningtyas, R. (2022). The Influence of Brand Image, Brand Love, Brand Trust and Product Quality on the Decision to Purchase Vans Shoes in Malang, Islamic University of Malang, Department of Management, Class of 2018). Scientific Journal of Management Research, 11(01), 87–100. www.fe.unisma.ac.id

Putri, A., Haryani Hatta, I., & Noor, LS (2024). The Influence of Online Promotion and Brand Image on Purchasing Decisions through Consumer Purchase Interest on the Instagram Account @CRSL.STORE. JIMP Pancasila Management Scientific Journal, 4(1), 64 80.

Kusdianto, Kusdianto, Rahmad Putra Siagian, and Lisdewi Muliati. "The Effects Of Brand Image, Store Atmosphere, And Product Quality On Purchasing Decisions At Panda Vapestore." Dynamic Management Journal 8.1 (2024): 257-269.

Rhokim, A. N., Setiawati, I., & Gultom, H. C. (2022). Analisis faktor-faktor yang mempengaruhi harga dan kualitas produk terhadap keputusan pembelian melalui minat beli sebagai variabel intervening di UMKM Kacang Kulit Cap AS. Profit: Jurnal Manajemen, Bisnis dan Akuntansi, 3(4), 78–92.

Putra, A. D., & Lestari, R. A. (2021). Analisis pengaruh kualitas produk, harga, dan merek terhadap keputusan pembelian konsumen pada produk elektronik. Jurnal Manajemen Pemasaran, 15(2), 45–56.

Downloads

Published

07-08-2025

How to Cite

ANALISIS PENGARUH FAKTOR-FAKTOR PADA PRODUK TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN DENGAN METODE REGRESI LINEAR (Studi Kasus di Minimarket Sidotemu Krian). (2025). Jurnal Riset Multidisiplin Edukasi, 2(8), 63-75. https://doi.org/10.71282/jurmie.v2i8.793

Similar Articles

1-10 of 85

You may also start an advanced similarity search for this article.