Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Brand Image Terhadap Loyalitas Merek Dengan Keputusan Pembelian Sebagai Variabel Moderasi Pada Spx Exspress Elfan E

Authors

  • Dayu kristianto Universitas Muhammadiyah Malang, Indonesia Author
  • Eko Handayanto Universitas Muhammadiyah Malang, Indonesia Author
  • Yulist Rima Fiandari Universitas Muhammadiyah Malang, Indonesia Author

DOI:

https://doi.org/10.71282/jurmie.v2i1.73

Keywords:

Kualitas Layanan, Citra Merek, Loyalitas Merek, Keputusan Pembelian

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah loyalitas merek di SPX Express Elfan E dipengaruhi oleh kualitas layanan dan citra merek, dan apakah tindakan pembelian dapat mengurangi dampak faktor-faktor tersebut terhadap loyalitas merek. Dengan menggunakan metodologi dengan 133 responden, penelitian ini merupakan bentuk penelitian kuantitatif. Di sisi lain, survei atau kuesioner digunakan dalam metode pengumpulan data. Setelah itu, analisis statistik digunakan untuk memahami data dan membuat kesimpulan dari hasil.  Berdasarkan hasil penelitian, loyalitas merek di SPX Express Elfan E dipengaruhi oleh kualitas layanan dan citra merek, dengan nilai signifikansi masing-masing sebesar 0,040 dan 0,000. Dengan nilai signifikansi sebesar 0,248, keputusan pembelian di SPX Express Elfan E tidak dapat memoderasi loyalitas merek dan keunggulan layanan. Di SPX Express Elfan E, loyalitas merek dipengaruhi secara signifikan oleh keputusan pembelian, sebagaimana ditunjukkan oleh nilai signifikansi sebesar 0,001.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Chakim, M. H. R., & Pusparanti, S. (2022). akselerasi bisnis jasa pasca covid-19 di indonesia dan dampaknya terhadap perekonomian. jmari, 3(2), 159–175. https://doi.org/10.33050/jmari.v3i2.2420

Kusumah, E. P. (2019a). respon konsumen tentang kualitas pelayanan, penerimaan teknologi “tracking system” dan harga pada industri jasa pengiriman. jurnal ilmiah Bisnis Dan Ekonomi Asia, 13(2), 111–118. https://doi.org/10.32812/jibeka.v13i2.146

Nazilah, K., Larasati, A., Ayu Nadiyah, D., & Septyani, D. (2021). Dampak E-Commerce Terhadap Peningkatan Pemasaran Jasa Pengiriman Barang Melalui Si Cepat Express. Teknik: Jurnal Ilmu Teknik Dan Informatika, 1(2), 83–95. https://doi.org/10.51903/teknik.v1i2.71

Kusumah, E. P. (2019b). respon konsumen tentang kualitas pelayanan, penerimaan teknologi “tracking system” dan harga pada industri jasa pengiriman. jurnal ilmiah Bisnis Dan Ekonomi Asia, 13(2), 111–118. https://doi.org/10.32812/jibeka.v13i2.146

Soepriyadi, I. (2021). dukungan terhadap pengembangan industri logistik kargo atau barang udara. Mediastima, 27(2), 110–139. https://doi.org/10.55122/mediastima.v27i2.292

Adiatma, D. (2021). Pengaruh Brand Image dan Kualitas Pelayanan terhadap Keputusan Pembelian Jasa J&T Express. Jurnal Wacana Ekonomi, 20(3), 144. https://doi.org/10.52434/jwe.v20i3.1373

Ngabiso, F., Radji, D. L., & Kango, U. (2021). pengaruh citra merek (brand image) dan kepercayaan merek (brand trust) terhadap loyalitas merek (brand loyalty) pada produk air minum dalam kemasan merek aqua (studi pada konsumen amdk merek aqua di kota gorontalo). jambura: jurnal Ilmiah Manajemen Dan Bisnis, 4(1), 1–12. https://doi.org/10.37479/jimb.v4i1.10453

Kartika, C., Yusuf, Y., Hidayat, F., Krinala, E., Fauzi, S. N., Sari, A. P., firmansyah, e., & wahyudi, w. (2020). pengaruh religiusitas, trust, corporate image, dan sistem bagi hasil terhadap minat nasabah menabung dan loyalitas di bank syariah mandiri di surabaya. develop, 4(2), 53–82. https://doi.org/10.25139/dev.v4i2.2803

Huang, L., Wang, M., Chen, Z., Deng, B., & Huang, W. (2020). Brand image and customer loyalty: Transmitting roles of cognitive and affective brand trust. Social Behavior and Personality: An International Journal, 48(5), 1–12. https://doi.org/10.2224/sbp.9069

Jasin, M., Firmansyah, A., Anisah, H. U., Junaedi, I. W. R., & Haris, I. (2023a). The effects of customer satisfaction, perceived service quality, perceived value, and brand image on customer loyalt. Uncertain Supply Chain Management, 11(2), 763–768. https://doi.org/10.5267/j.uscm.2023.1.004

Rismawan, A., Mulyana, T., & Munawar, S. (2021). Pengaruh Experiential Marketing Terhadap Minat Pembelian Ulang Serta Dampaknya pada Loyalitas Pelanggan di PD. Sinar Berkah. Journal of Knowledge Management, 15(2), 99. https://doi.org/10.52434/jkm.v15i2.3133

Wicaksono, T., Wulan, H. S., & Minarsih, P. D. (2019a). the influence of expedition couriers, informations systems and consumer complaints on the expedition with service quality as a mediating variable to increase customer satisfaction ( at pt jne express brach semarang ). Journal of Management, 5. https://api.semanticscholar.org/CorpusID:181989422

Gumilar, R. A., Ramdhani, A., & Rismanto, H. (2021). Analisis Viral Marketing dan Costumer Value terhadap Keputusan Pembelian Tekun.id. Journal of Knowledge Management, 15(2), 83. https://doi.org/10.52434/jkm.v15i2.3131

Cornellia, R., Oktaviani, A., & Wibisono, D. (2022). Peningkatan Loyalitas Pelanggan pada PT Home Center Indonesia Menggunakan Metode Algoritma C4.5 dan Metode CSI (Customer Satisfaction Index). NUCLEUS, 3(1), 1–9. https://doi.org/10.37010/nuc.v3i1.636

Firdaus, F., & Yunita Sari, N. R. (2020a). faktor - faktor penentu kualitas pelayanan jasa pengiriman terhadap kepuasan pelanggan di kota surabaya (studi kasus pada j&t express wilayah semolowaru kecamatan sukolilo surabaya). develop, 4(2), 83–102. https://doi.org/10.25139/dev.v4i2.2915

Downloads

Published

17-01-2025

How to Cite

Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Brand Image Terhadap Loyalitas Merek Dengan Keputusan Pembelian Sebagai Variabel Moderasi Pada Spx Exspress Elfan E. (2025). Jurnal Riset Multidisiplin Edukasi, 2(1), 442-453. https://doi.org/10.71282/jurmie.v2i1.73

Similar Articles

1-10 of 12

You may also start an advanced similarity search for this article.