Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Brand Image Terhadap Loyalitas Merek Dengan Keputusan Pembelian Sebagai Variabel Moderasi Pada Spx Exspress Elfan E
DOI:
https://doi.org/10.71282/jurmie.v2i1.73Keywords:
Kualitas Layanan, Citra Merek, Loyalitas Merek, Keputusan PembelianAbstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah loyalitas merek di SPX Express Elfan E dipengaruhi oleh kualitas layanan dan citra merek, dan apakah tindakan pembelian dapat mengurangi dampak faktor-faktor tersebut terhadap loyalitas merek. Dengan menggunakan metodologi dengan 133 responden, penelitian ini merupakan bentuk penelitian kuantitatif. Di sisi lain, survei atau kuesioner digunakan dalam metode pengumpulan data. Setelah itu, analisis statistik digunakan untuk memahami data dan membuat kesimpulan dari hasil. Berdasarkan hasil penelitian, loyalitas merek di SPX Express Elfan E dipengaruhi oleh kualitas layanan dan citra merek, dengan nilai signifikansi masing-masing sebesar 0,040 dan 0,000. Dengan nilai signifikansi sebesar 0,248, keputusan pembelian di SPX Express Elfan E tidak dapat memoderasi loyalitas merek dan keunggulan layanan. Di SPX Express Elfan E, loyalitas merek dipengaruhi secara signifikan oleh keputusan pembelian, sebagaimana ditunjukkan oleh nilai signifikansi sebesar 0,001.
Downloads
References
Chakim, M. H. R., & Pusparanti, S. (2022). akselerasi bisnis jasa pasca covid-19 di indonesia dan dampaknya terhadap perekonomian. jmari, 3(2), 159–175. https://doi.org/10.33050/jmari.v3i2.2420
Kusumah, E. P. (2019a). respon konsumen tentang kualitas pelayanan, penerimaan teknologi “tracking system” dan harga pada industri jasa pengiriman. jurnal ilmiah Bisnis Dan Ekonomi Asia, 13(2), 111–118. https://doi.org/10.32812/jibeka.v13i2.146
Nazilah, K., Larasati, A., Ayu Nadiyah, D., & Septyani, D. (2021). Dampak E-Commerce Terhadap Peningkatan Pemasaran Jasa Pengiriman Barang Melalui Si Cepat Express. Teknik: Jurnal Ilmu Teknik Dan Informatika, 1(2), 83–95. https://doi.org/10.51903/teknik.v1i2.71
Kusumah, E. P. (2019b). respon konsumen tentang kualitas pelayanan, penerimaan teknologi “tracking system” dan harga pada industri jasa pengiriman. jurnal ilmiah Bisnis Dan Ekonomi Asia, 13(2), 111–118. https://doi.org/10.32812/jibeka.v13i2.146
Soepriyadi, I. (2021). dukungan terhadap pengembangan industri logistik kargo atau barang udara. Mediastima, 27(2), 110–139. https://doi.org/10.55122/mediastima.v27i2.292
Adiatma, D. (2021). Pengaruh Brand Image dan Kualitas Pelayanan terhadap Keputusan Pembelian Jasa J&T Express. Jurnal Wacana Ekonomi, 20(3), 144. https://doi.org/10.52434/jwe.v20i3.1373
Ngabiso, F., Radji, D. L., & Kango, U. (2021). pengaruh citra merek (brand image) dan kepercayaan merek (brand trust) terhadap loyalitas merek (brand loyalty) pada produk air minum dalam kemasan merek aqua (studi pada konsumen amdk merek aqua di kota gorontalo). jambura: jurnal Ilmiah Manajemen Dan Bisnis, 4(1), 1–12. https://doi.org/10.37479/jimb.v4i1.10453
Kartika, C., Yusuf, Y., Hidayat, F., Krinala, E., Fauzi, S. N., Sari, A. P., firmansyah, e., & wahyudi, w. (2020). pengaruh religiusitas, trust, corporate image, dan sistem bagi hasil terhadap minat nasabah menabung dan loyalitas di bank syariah mandiri di surabaya. develop, 4(2), 53–82. https://doi.org/10.25139/dev.v4i2.2803
Huang, L., Wang, M., Chen, Z., Deng, B., & Huang, W. (2020). Brand image and customer loyalty: Transmitting roles of cognitive and affective brand trust. Social Behavior and Personality: An International Journal, 48(5), 1–12. https://doi.org/10.2224/sbp.9069
Jasin, M., Firmansyah, A., Anisah, H. U., Junaedi, I. W. R., & Haris, I. (2023a). The effects of customer satisfaction, perceived service quality, perceived value, and brand image on customer loyalt. Uncertain Supply Chain Management, 11(2), 763–768. https://doi.org/10.5267/j.uscm.2023.1.004
Rismawan, A., Mulyana, T., & Munawar, S. (2021). Pengaruh Experiential Marketing Terhadap Minat Pembelian Ulang Serta Dampaknya pada Loyalitas Pelanggan di PD. Sinar Berkah. Journal of Knowledge Management, 15(2), 99. https://doi.org/10.52434/jkm.v15i2.3133
Wicaksono, T., Wulan, H. S., & Minarsih, P. D. (2019a). the influence of expedition couriers, informations systems and consumer complaints on the expedition with service quality as a mediating variable to increase customer satisfaction ( at pt jne express brach semarang ). Journal of Management, 5. https://api.semanticscholar.org/CorpusID:181989422
Gumilar, R. A., Ramdhani, A., & Rismanto, H. (2021). Analisis Viral Marketing dan Costumer Value terhadap Keputusan Pembelian Tekun.id. Journal of Knowledge Management, 15(2), 83. https://doi.org/10.52434/jkm.v15i2.3131
Cornellia, R., Oktaviani, A., & Wibisono, D. (2022). Peningkatan Loyalitas Pelanggan pada PT Home Center Indonesia Menggunakan Metode Algoritma C4.5 dan Metode CSI (Customer Satisfaction Index). NUCLEUS, 3(1), 1–9. https://doi.org/10.37010/nuc.v3i1.636
Firdaus, F., & Yunita Sari, N. R. (2020a). faktor - faktor penentu kualitas pelayanan jasa pengiriman terhadap kepuasan pelanggan di kota surabaya (studi kasus pada j&t express wilayah semolowaru kecamatan sukolilo surabaya). develop, 4(2), 83–102. https://doi.org/10.25139/dev.v4i2.2915
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Dayu kristianto, Eko Handayanto, Yulist Rima Fiandari (Author)

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.