PENGARUH KUALITAS LAYANAN, KUALITAS PRODUK, DAN SUASANA TOKO TERHADAP LOYALITAS KONSUMEN PADA BREAD CITY KOTA PANGKALPINANG

Authors

  • Lauren Theodora Program Studi Manajemen, Jurusan Manajemen Dan Bisnis, Fakultas Ekonomi Dan Bisnis, Universitas Bangka Belitung, Bangka Belitung, Indonesia Author
  • Sumar Program Studi Manajemen, Jurusan Manajemen Dan Bisnis, Fakultas Ekonomi Dan Bisnis, Universitas Bangka Belitung, Bangka Belitung, Indonesia Author
  • Indah Noviyanti Program Studi Manajemen, Jurusan Manajemen Dan Bisnis, Fakultas Ekonomi Dan Bisnis, Universitas Bangka Belitung, Bangka Belitung, Indonesia Author

DOI:

https://doi.org/10.71282/jurmie.v2i12.1009

Keywords:

kualitas layanan, kualitas produk, suasana toko, loyalitas konsumen, Bread City

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk mengkaji pengaruh kualitas layanan, kualitas produk, dan suasana toko terhadap loyalitas konsumen di Bread City Kota Pangkalpinang. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah kuantitatif dengan metode survei. Data dikumpulkan melalui penyebaran kuesioner kepada 100 responden yang dipilih menggunakan teknik purposive sampling, yakni konsumen yang telah berbelanja di Bread City sedikitnya dua kali dalam satu bulan. Sumber data berasal dari tanggapan responden pada kuesioner. Analisis data meliputi uji kualitas data (validitas dan reliabilitas), uji asumsi klasik (normalitas, multikolinearitas, dan heteroskedastisitas), analisis regresi linier berganda, serta uji hipotesis (uji t, uji F, dan koefisien determinasi R²). Hasil penelitian memperlihatkan bahwa secara parsial, kualitas layanan berpengaruh positif dan signifikan terhadap loyalitas konsumen, kualitas produk memberikan pengaruh positif dan signifikan, suasana toko berpengaruh positif dan signifikan terhadap loyalitas konsumen. Secara keseluruhan, kualitas layanan, kualitas produk, dan suasana toko terbukti berpengaruh positif dan signifikan terhadap loyalitas konsumen di Bread City Kota Pangkalpinang.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Agiesta. W, Sajidin. A, Perwito. (2021). Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Kepuasanpelanggan Terhadap Loyalitas Pelanggan KA lokal Bandung Raya. Jurnal Ilmiah MEA (Manajemen, Ekonomi, dan Akuntansi)Vol. 5 No. 2, Tahun 2021.

Ahmadi, Et al (2020). Pengaruh Store Atmosphere Dan Kualitas Layanan Terhadap Loyalitas Pelanggan (Studi Kasus Pada Pelanggan Cafe Sendi Malang). E–Jurnal Riset Manajemen Prodi Manajemen Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Unisma, Tahun 2020.

Ahyar, H. Et al 2020. Buku Metode Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif.

Amirullah. 2015. Populasi dan Sampel. Malang: Bayumedia Publishing Malang.

Angelika & Yenny Lego. (2022). Pengaruh Kualitas Produk, Kualitas Layanan, Dan Suasana Toko Terhadap Keputusan Pembelian Produk Minuman Chatime Di Mall Ciputra, Jakarta Barat. Jurnal Manajerial dan Kewirausahaan ISSN 2657-0025 (Versi Elektronik) Vol. 04, No. 01

David Harianto dan Hartono Subagio. (2013). Analisa Pengaruh Kualitas Layanan, Brand Image, Dan Atmosfer Terhadap Loyalitas Konsumen Dengan Kepuasan Konsumen Sebagai Variabel Intervening Konsumen Kedai Deja-Vu Surabaya. Jurnal Manajemen Pemasaran Vol. 1, No. 1

Dharmawansyah, I. (2013). Pengaruh Experiential Marketing Dan Kepuasan Pelanggan Terhadap Loyalitas Pelanggan. Management Analysis Journal, Vol. 2 No. 2.

Dian Anggraini Wikamorys dan Thinni Nurul Rochmach, “Aplikasi Theory of Planned Behavior dalam Membangkitkan Niat Pasien untuk Melakukan Operasi Katarak”, Jurnal Administrasi Kesehatan Indonesia, Volume 5 Nomor 1 Januari-Juni 2017

Fatmawati, Savira. (2012). Pengaruh Suasana Toko Terhadap Loyalitas Pelanggan (studi kasus pada Distro Stash Bandung). Skripsi diterbitkan oleh Universitas Islam Bandung. Tahun 2020.

Ghozali, Imam. 2016. Aplikasi Analisis Multivariat Dengan Program IBM SPSS 23. Semarang : Penerbit Universitas Diponegoro.

Hussain, R., & Ali, M. (2015). Effect of Store Atmosphere on Consumer Purchase Intention. International Journal of Marketing Studies, 7(2)

Iddrisu, Et al (2015). Assessing The Impact Of Service Quality On Customer Loyalty: A Case Study Of The Cellular Industry Of Ghana. British Journal of Marketing Studies Vol.3, No.6, pp.15-30

Isnandari, A., & Sunarti. (2018). Pengaruh Kualitas Produk, Store Atmosphere, Dan Harga Terhadap Kepuasan Konsumen. Jurnal Administrasi Bisnis, 60(3), 104–111.

Janie, D. N. 2012. Statisitk Deskriptif dan Regresi Linier Berganda. Semarang: Semarang University Press.

Kasman Rasyidin dan T. Zulham. (2017). Dampak Kemunculan Pasar Modern Terhadap Pedagang Pasar Tradisional Di Kota Banda Aceh, Jurnal Ilmiah Mahasiswa (JIM) Ekonomi Pembangunan Fakultas Ekonomi dan Bisnis Unsyiah Vol.2 No.1 Februari 2017: 125- 133

Krisjayanti. M, Hermani. A. DS. (2018). Pengaruh Suasana Toko Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Loyalitas Pelanggan (Studi Kasus Pada Pelanggan Icos Cafe). Jurnal Ilmu Sosial Dan Ilmu Politik, Universitas Diponegoro, Tahun 2018

Lupiyoadi, R. 2013. Manajemen Pemasaran Jasa. Jakarta: Salemba Empat. Levy, M., & Weitz, B. 2012. Manajemen Pemasaran. Jakarta: Erlangga.

Ma’ruf, H. (2017). Pemasaran Ritel. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Masyhuri, M. & Utomo, S. W. (2017). Analisis Dampak Keberadaan Pasar Modern Terhadap Pasar Tradisional Sleko Di Kota Madiun. Jurnal Akuntansi Dan Pendidikan, Vol 6 No 1, April 2017, Hlmn. 59-72.

Moha, S., & Loindong, S. (2016). Analisis Kualitas Pelayanan Dan Fasilitas Terhadap Kepuasan Konsumen Pada Hotel Yuta Di Kota Manado. Jurnal EMBA, 4(1), 575–584.

Muhammad Rheza dan Alfin Sahidillah Nurdin. (2017). Pengaruh Store Atmosphere Pada Kepuasan Pelanggan Yang Berimplikasi Pada Loyalitas Pelanggan. Jurnal Ecodemica, Vol. 1 No. 2.

Neuman, W. L. (2014). Social Research Methods: Qualitative and Quantitative Approaches (7th ed.). Essex: Pearson Education Limited.

Njeru, Et al (2019). Effect of Service Quality on Customer Loyalty in Selected African Airlines. Journal of Business Management and Economic Research (JOBMER), vol.3, issue.10, pp.1‐19

Nursanti, T. D., & Herlina, H. (2012). Analisis Pengaruh Suasana Toko, Variasi Merchandise, dan Kualitas Pelayanan terhadap Keputusan Pembelian Aksesoris Gadget: Studi Kasus Gerai Wellcommshop Mal Citraland. Binus Business Review, 3(1), 356.

Nurul, Et al, (2020). Pengaruh Store Atmosphere Dan Kualitas Layanan Terhadap Loyalitas Pelanggan (Studi Kasus Pada Pelanggan Cafe Sendi Malang). E – Jurnal Riset Manajemen Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Unisma, Tahun 2020.

Parjono, (2015). Pengaruh Suasana Klinik Dan Kualitas Layanan Terhadap Loyalitas Pelanggan Pada Klinik Kecantikan Naavagreen Di Kota Mojokerto. Jurnal Ilmu Ekonomi Universitas Negeri Surabaya Tahun 2015.

Prasyanti, Et al (2021). Pengaruh Store Atmosphere, Kualitas Produk, Kualitas Pelayanan, dan Kepuasan Pelanggan Terhadap Loyalitas Pelanggan. Jurnal Ilmu Manajemen Vol. 1 No. 1 Januari Tahun 2021

Prasyanti, P. A., Ningrum, N. R., & Basri, A. I. (2021). Pengaruh Store Atmosphere, Kualitas Produk, Kualitas Pelayanan, dan Kepuasan Pelanggan terhadap Loyalitas Pelanggan. Jurnal Ilmu Manajemen, Vol. 1, No. 1, pp. 16–23.

Qomariah, N. (2012). Pengaaruh Kualitas Layanan dan Citra Industri Terhadap Kepuasan dan Loyalitas Pelanggan. Jurnal aplikasi manajemen Vol.10 Tahun 2012

Risanti, A., & Khuzaini. (2017). Pengaruh kualitas pelayanan, kualitas produk, dan store atmosphere terhadap keputusan pembelian. Jurnal Ilmu dan Riset Manajemen, 6(4), 1-17.

Santoso, Septiadi. (2013). Pengaruh Kualitas Layanan Terhadap Loyalitas Pelanggan Laboratorium Klinik Populer Surabaya. Jurnal ilmu dan Riset Manajemen. Vol. 2 (6) : hal. 18-19.

Selang, C. A. (2013). Bauran Pemasaran (Marketing Mix) Pengaruhnya Terhadap Loyalitas Konsumen Pada Fresh Mart Bahu Mall Manado. Jurnal EMBA Vol.1 No.3.

Sholihah, I. A. (2020). Pengaruh Suasana Cafe Dan Kualitas Layanan Terhadap Kepuasan Konsumen Di Merdeka Cafe Nganjuk. Jurnal Pendidikan Tata Niaga (JPTN), Volume 8 No 1 Tahun 2020.

Sihombing, E. Y., & Paidi, H. (2013). Analisis Dampak Kehadiran Ritel Modern Terhadap Ritel Tradisional Di Kota Medan. Jurnal Ekonomi dan Keuangan Vol. 1, No.4, Maret 2013.

Sinambella, Et al (2014). Menentukan Koefisien Determinasi Antara Estimasi M Dengan Type Welsch Dengan Least Trimmed Square Dalam Data Yang Mempunyai Pencilan. Saintia Matematika Vol. 02, No. 03 (2014), pp. 225–235.

Soegoto, A. S. (2013). Persepsi Nilai Dan Kepercayaan Terhadap Kepuasan Dan Dampaknya Terhadap Loyalitas Konsumen. Jurnal EMBA Vol.1 No.3.

Thaib, M. S., Ningrum, N. R., & Prasyanti, P. A. (2020). Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Suasana Toko terhadap Loyalitas Pelanggan. Jurnal Ekonomi dan Bisnis, Vol. 8, No. 1, pp. 12–20.

Tjahjaningsih, E. (2013). Pengaruh Citra dan Promosi terhadap Loyalitas Pelanggan (Studi Pada Pelanggan Supermarket Carrefour di Semarang). Media Ekonomi dan Manajemen, Vol.28, No. 2.

Yogyakarta: CV. Pustaka Ilmu Group.

Downloads

Published

07-12-2025

How to Cite

PENGARUH KUALITAS LAYANAN, KUALITAS PRODUK, DAN SUASANA TOKO TERHADAP LOYALITAS KONSUMEN PADA BREAD CITY KOTA PANGKALPINANG. (2025). Jurnal Riset Multidisiplin Edukasi, 2(12), 351-370. https://doi.org/10.71282/jurmie.v2i12.1009

Similar Articles

1-10 of 194

You may also start an advanced similarity search for this article.