DAMPAK PEMBERIAN INSENTIF DAN KEPUASAN KERJA TERHADAP PRODUKTIVITAS KARYAWAN DI SOLGALEO VILLAS BERAWA, CANGGU KABUPATEN BADUNG BALI
DOI:
https://doi.org/10.71282/jurmie.v2i12.901Keywords:
Insentif, Kepuasan Kerja, Produktivitas KaryawanAbstract
Produktivitas karyawan merupakan elemen strategis dalam menentukan keberhasilan perusahaan, khususnya dalam industri jasa pelayanan. Produktivitas sebagai alat ukur bahwa operasional berjalan efektif-efisien. Produktivitas perusahaan didukung oleh sejumlah variabel antara lain insentif dan kepuasan kerja. Penelitian ini kausalitas kuantitatif untuk menguji hubungan sebab akibat variabel independen terhadap dependen, yaitu pengaruh insentif dan kepuasan kerja terhadap produktivitas karyawan di Solgaleo Villas, Canggu, Kabupaten Badung. Populasi 100 karyawan menggunakan sampel jenuh. Metode analisis data menggunakan uji validitas-reabilitas, uji Klasik Regresi linear berganda,Uji “F”,Uji t dan Uji Determinant. Hasil penelitian menunjukkan bahwa insentif memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap produktivitas kerja (nilai t hitung = 3,464; sig. = 0,001), demikian juga kepuasan kerja berpengaruh signifikan terhadap produktivitas (t hitung = 2,412; sig. = 0,019). Secara simultan, kedua variabel Bersama sama memberikan pengaruh yang signifikan terhadap peningkatan produktivitas karyawan berdasarkan uji Anova (F hitung = 25,193; sig. = 0,000). Nilai koefisien determinasi (R²) sebesar 0,449 menunjukkan bahwa 44,9% variasi produktivitas kerja dapat dijelaskan oleh insentif dan kepuasan kerja.
Downloads
References
Ahmad, I., & Widya, N. (2024). Pengaruh digitalisasi terhadap kepuasan kerja di sektor perhotelan Bali. Jurnal Manajemen Digital, 10(2), 33–45.
Astuti, R. (2019). Pengaruh insentif terhadap kinerja karyawan di sektor manufaktur. Jurnal Manajemen Indonesia, 7(1), 55–63..
Flippo, E. B. (1984). Personnel Management (6th ed.). McGraw-Hill.
Gibson, J. L., Ivancevich, J. M., Donnelly, J. H., & Konopaske, R. (2010). Organizations: Behavior, Structure, Processes (14th ed.). McGraw-Hill Education.
Hackman, J. R., & Oldham, G. R. (1976). Motivation through the design of work: Test of a theory. Organizational Behavior and Human Performance, 16(2), 250–279.
Hasibuan, M. S. P. (2018). Manajemen Sumber Daya Manusia (Edisi Revisi). Bumi Aksara.
McKinsey & Company. (2023). Digital acceleration in Southeast Asian tourism sector. https://www.mckinsey.com
McKinsey & Company. (2024). What employees say matters most to motivate performance. https://www.mckinsey.com
Nugroho, R. A. (2020). Kepuasan kerja dan loyalitas karyawan di sektor perbankan. Jurnal Ekonomi & Manajemen, 8(2), 101–112.
Prasetya, A. (2023). Manajemen SDM generasi Z di hotel-hotel Bali. Jurnal Inovasi Bisnis, 11(3), 150–164.
Rahman, A., Wicaksono, D., & Tania, P. (2024). Penerapan Self-Determination Theory di hotel berbasis luxury di Bali. Jurnal Psikologi Kerja, 13(2), 110–121.
Rahmawati, D. (2022). Penghargaan non-finansial dan loyalitas karyawan hotel berbintang di Bali. Jurnal Bisnis dan Pariwisata, 9(1), 85–94.
Robbins, S. P. (2020). Organizational Behavior (18th ed.). Pearson.
Susanti, F., Kusuma, A., & Yulianto, R. (2023). Kepemimpinan transformasional dan produktivitas karyawan hotel. Jurnal Kepemimpinan dan SDM, 4(2), 88–97.
Sutrisno, E. (2020). Budaya organisasi dan loyalitas karyawan hotel di Yogyakarta. Jurnal SDM dan Organisasi, 12(3), 90–100
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 I Dewa Nyoman Usadha, I Made Wisada (Author)

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.










