DAMPAK PEMBERIAN INSENTIF DAN KEPUASAN KERJA TERHADAP PRODUKTIVITAS KARYAWAN DI SOLGALEO VILLAS BERAWA, CANGGU KABUPATEN BADUNG BALI

Authors

  • I Dewa Nyoman Usadha Universitas Mahendradatta Author
  • I Made Wisada Universitas Mahendradatta Author
  • Ni Made Yusmini Universitas Mahendradatta Author

DOI:

https://doi.org/10.71282/jurmie.v2i12.901

Keywords:

Insentif, Kepuasan Kerja, Produktivitas Karyawan

Abstract

Produktivitas karyawan merupakan elemen strategis dalam menentukan keberhasilan perusahaan, khususnya dalam industri jasa pelayanan. Produktivitas sebagai alat ukur bahwa  operasional  berjalan efektif-efisien. Produktivitas perusahaan didukung oleh sejumlah variabel antara lain insentif dan kepuasan kerja. Penelitian ini kausalitas kuantitatif untuk  menguji  hubungan sebab akibat variabel independen terhadap dependen, yaitu pengaruh insentif dan kepuasan kerja terhadap produktivitas karyawan di  Solgaleo Villas, Canggu, Kabupaten Badung. Populasi 100 karyawan menggunakan sampel jenuh. Metode analisis data menggunakan uji validitas-reabilitas, uji Klasik Regresi linear berganda,Uji “F”,Uji t dan Uji Determinant. Hasil penelitian menunjukkan bahwa insentif memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap produktivitas kerja (nilai t hitung = 3,464; sig. = 0,001), demikian juga kepuasan kerja berpengaruh signifikan terhadap produktivitas (t hitung = 2,412; sig. = 0,019). Secara simultan, kedua variabel Bersama sama  memberikan pengaruh yang signifikan terhadap peningkatan produktivitas karyawan berdasarkan uji Anova (F hitung = 25,193; sig. = 0,000). Nilai koefisien determinasi (R²) sebesar 0,449 menunjukkan bahwa 44,9% variasi produktivitas kerja dapat dijelaskan oleh insentif dan kepuasan kerja.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ahmad, I., & Widya, N. (2024). Pengaruh digitalisasi terhadap kepuasan kerja di sektor perhotelan Bali. Jurnal Manajemen Digital, 10(2), 33–45.

Astuti, R. (2019). Pengaruh insentif terhadap kinerja karyawan di sektor manufaktur. Jurnal Manajemen Indonesia, 7(1), 55–63..

Flippo, E. B. (1984). Personnel Management (6th ed.). McGraw-Hill.

Gibson, J. L., Ivancevich, J. M., Donnelly, J. H., & Konopaske, R. (2010). Organizations: Behavior, Structure, Processes (14th ed.). McGraw-Hill Education.

Hackman, J. R., & Oldham, G. R. (1976). Motivation through the design of work: Test of a theory. Organizational Behavior and Human Performance, 16(2), 250–279.

Hasibuan, M. S. P. (2018). Manajemen Sumber Daya Manusia (Edisi Revisi). Bumi Aksara.

McKinsey & Company. (2023). Digital acceleration in Southeast Asian tourism sector. https://www.mckinsey.com

McKinsey & Company. (2024). What employees say matters most to motivate performance. https://www.mckinsey.com

Nugroho, R. A. (2020). Kepuasan kerja dan loyalitas karyawan di sektor perbankan. Jurnal Ekonomi & Manajemen, 8(2), 101–112.

Prasetya, A. (2023). Manajemen SDM generasi Z di hotel-hotel Bali. Jurnal Inovasi Bisnis, 11(3), 150–164.

Rahman, A., Wicaksono, D., & Tania, P. (2024). Penerapan Self-Determination Theory di hotel berbasis luxury di Bali. Jurnal Psikologi Kerja, 13(2), 110–121.

Rahmawati, D. (2022). Penghargaan non-finansial dan loyalitas karyawan hotel berbintang di Bali. Jurnal Bisnis dan Pariwisata, 9(1), 85–94.

Robbins, S. P. (2020). Organizational Behavior (18th ed.). Pearson.

Susanti, F., Kusuma, A., & Yulianto, R. (2023). Kepemimpinan transformasional dan produktivitas karyawan hotel. Jurnal Kepemimpinan dan SDM, 4(2), 88–97.

Sutrisno, E. (2020). Budaya organisasi dan loyalitas karyawan hotel di Yogyakarta. Jurnal SDM dan Organisasi, 12(3), 90–100

Downloads

Published

10-12-2025

How to Cite

DAMPAK PEMBERIAN INSENTIF DAN KEPUASAN KERJA TERHADAP PRODUKTIVITAS KARYAWAN DI SOLGALEO VILLAS BERAWA, CANGGU KABUPATEN BADUNG BALI. (2025). Jurnal Riset Multidisiplin Edukasi, 2(12), 535-542. https://doi.org/10.71282/jurmie.v2i12.901

Similar Articles

1-10 of 105

You may also start an advanced similarity search for this article.