PENGARUH PROMOSI PENJUALAN DAN MODEL PERHIASAN TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PERHIASAN PADA PT. PEGADAIAN GALERI 24 DISTRO JAMBI
DOI:
https://doi.org/10.71282/jurmie.v2i9.957Keywords:
Promosi Penjualan, Model Perhiasan, Keputusan PembeliAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh promosi penjualan dan model perhiasan terhadap keputusan pembelian perhiasan pada PT. Pegadaian Galeri 24 Distro Jambi. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan teknik analisis regresi linear berganda melalui bantuan program SPSS versi 27. Sampel penelitian berjumlah 97 responden yang dipilih dengan metode purposive sampling, yaitu konsumen yang pernah melakukan pembelian perhiasan di Galeri 24. Data dikumpulkan melalui kuesioner dengan skala Likert, kemudian diuji validitas, reliabilitas, serta asumsi klasik sebelum dilakukan uji regresi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa promosi penjualan berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian dengan nilai signifikansi < 0,05. Hal ini berarti semakin intensif promosi dilakukan, semakin tinggi kecenderungan konsumen untuk membeli. Selanjutnya, model perhiasan juga berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian dengan nilai signifikansi < 0,05. Hal ini menunjukkan bahwa variasi dan desain perhiasan yang menarik dapat meningkatkan minat beli konsumen. Hasil uji simultan (uji F) membuktikan bahwa promosi penjualan dan model perhiasan secara bersama-sama berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian, dengan kontribusi variabel independen yang ditunjukkan oleh nilai koefisien determinasi (R²) sebesar 40 %. Implikasi dari penelitian ini menegaskan bahwa PT. Pegadaian Galeri 24 perlu mengoptimalkan strategi promosi penjualan yang kreatif dan tepat sasaran serta terus menghadirkan model perhiasan yang inovatif agar mampu meningkatkan daya tarik konsumen, memperkuat keputusan pembelian, dan menjaga daya saing perusahaan di industri perhiasan yang semakin kompetitif.
Downloads
References
Dharma, & Khusyana. (2023). Faktor-faktor yang mempengaruhi keputusan pembelian produk emas. Jurnal Manajemen, Kewirausahaan Dan Pariwisata, 20(1), 17–26.
Fitrotun Khasanah. (2020). Pengaruh Harga,Kualitas Produk Dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Perhiasan Pada Toko Emas Hidup Banjaran Cabang Kemantran Tegal (TA) (3). Tugas Akhir.
Konnikov, E., Volvach, O., Lyamin, B., & Kapustina, I. (2021). Marketing tools for managing consumer behaviour in the market of innovative products. 07009, 1–11.
Kotler, P., Armstrong, G., & Balasubramainian, S. (2024). Principles of Marketing. In The Economic Journal (Vol. 38, Issue 151). https://doi.org/10.2307/2224326
Leksana, M. F. (2019). Praktis Memahami Manajemen Pemasaran. Sukabumi: CV Al Fath Zumar.
Mustaqim, A., Isnaini, T., & Zulfikar. (2024). Karakteristik Produk dan Promosi Penjualan Terhadap Tingkat Penjualan Produk Acsesoris Sepeda Motor Pada Dealer. Jurnal Ekobismen, 2(2), 1–18. https://doi.org/10.47647/jeko.v2i2.590
Nurfaizi, A. (2023). Pengaruh Price Discount, Quality Product, dan Hedonic Shopping Terhadap Impulse Buying di Marketplace Shopee (Studi kasus Gen Z di Kabupaten Sumenep). AT-TAWASSUTH: Jurnal Ekonomi Islam, VIII(I), 1–19.
Philip, K., & Keller, L. K. (2017). Manajemen Pemasaran.
Stavros, K., Melfou, K., & Papaevangelou, O. (2020). Global Marketing Strategic Approaches on Multi National Companies Product Development. International Journal of Scientific Research and Management, 8(12), 2084–2090. https://doi.org/10.18535/ijsrm/v8i12.em08
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Rahmad Fadillah, Suswita Roza, Husni Hasbullah (Author)

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.