Pengaruh Penggunaan Sistem Informasi Pengolahan Data Hasil Belajar Oleh Guru Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik

Authors

  • Muhammad Idris Arif Universitas Negeri Makassar, Sulawesi Selatan, Indonesia Author
  • Mustari S. Lamada Universitas Negeri Makassar, Sulawesi Selatan, Indonesia Author
  • Sanatang Universitas Negeri Makassar, Sulawesi Selatan, Indonesia Author
  • Udin Sidik Sidin Universitas Negeri Makassar, Sulawesi Selatan, Indonesia Author
  • Syamsidah Universitas Negeri Makassar, Sulawesi Selatan, Indonesia Author

DOI:

https://doi.org/10.71282/at-taklim.v2i1.102

Keywords:

Sistem Informasi, Pengolahan Data, Nilai, Hasil Belajar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) efektifitas dan efisiensi sistem informasi pengolahan data nilai hasil belajar siswa berbasis web yang telah diimplementasikan di SMKN 4 Gowa, (2) kendala dan tantangan yang dihadapi dalam penggunaan dan pemeliharaan sistem informasi tersebut serta bagaimana cara mengatasi atau meningkatkan kinerja sistem agar dapat lebih responsive dan dapat diandalkan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian evaluasi. Populasi dalam penelitian ini adalah guru di SMKN 4 Gowa. Instrumen yang digunakan berupa skala faktor yang mempengaruhi penggunaan sistem informasi pengolahan data oleh guru, faktor yang mempengaruhi penerimaan guru terhadap sistem informasi pengolahan data, faktor yang mempengaruhi interaksi antara guru dan sistem informasi pengolahan data, dan nilai hasil belajar siswa berbasis web. Data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan analisis statistik deskriptif dan analisis statistik inferensial. Penelitian menunjukkan: (1) Implementasi sistem informasi pengolahan data nilai hasil belajar siswa berbasis web di SMK Negeri 4 Gowa memberikan manfaat yang signifikan dalam meningkatkan efektivitas dan efisiensi pengolahan data, serta meningkatkan kualitas pendidikan, (2) Ada beberapa kendala dan tantangan yang dihadapi dalam penggunaan dan pemeliharaan sistem informasi. Keterbatasan infrastruktur teknologi seperti koneksi internet yang lambat atau tidak stabil dapat menghambat penggunaan sistem secara optimal. Selain itu, kurangnya pemahaman dan keterampilan pengguna juga menjadi kendala dalam memaksimalkan penggunaan sistem.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abdurrahman, M. F., & Kusuma, A. P. 2020. Sistem Informasi Penilaian Karakter Siswa Berbasis Web Dengan Metode SAW. JATI. 4(2).

Arifin, Z. 2011. Penelitian pengembangan. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Arihta, E. J. 2019. Sistem Informasi Pengolahan Data Nilai Siswa Berbasis Web Pada SMP Negeri 3 Hamparan Perak. Kumpulan Karya Ilmiah Mahasiswa Fakultas sains dan Tekhnologi. 1(1).

Slogohimo). Skripsi. Perpustakaan Universitas Gadjah Mada. Yogyakarta.

Mallu, S., & Darniati. 2022. Pelatihan Penggunaan Sistem Informasi Nilai Bagi Guru-Guru SMA Neg 11 Pangkep. SEMINAR NASIONAL CORISINDO, INSTITUT TEKNOLOGI DAN BISNIS STIKOM BALI. 1(1).

Nurninawati, E., & Wulandari, A. 2021. Implementasi Sistem Pengolahan Penilaian Data Siswa SMP Negeri 1 Sepatan Timur. Jurnal Ilmiah Matrik. 23(1).

Perdana, A. L., Marzuki, S. F., & Andrie. 2018. Sistem Informasi Hasil Belajar Siswa Pada SMKN 2 Somba Opu Gowa. ILTEK. 13(25).

Sibero, A. F. K., Laia, D. A. P., Sitanggang, R., & Manurung, I. H. G. 2023. Sistem Informasi Pengelolaan Data Siswa Berbasis Web Pada SMK Negeri 1 Lolowa’u. JURNAL TEKNOLOGI, KESEHATAN DAN ILMU SOSIAL (TEKESNOS). 5(1).

Sugiyono. 2017. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: CV. Alfabeta.

Sumbaryadi, A., & Christo, P. 2019. Sistem Informasi Penilaian Hasil Belajar Siswa Sekolah Menengah Kejuruan (Smk) Berbasis Web. Jurnal Sistem Informasi. 6(1).

Syahidah, K. 2016 Pengembangan Sistem Informasi Laporan Hasil Belajar Siswa (Rapor) Berbasis Web Berdasarkan Kurikulum 2013 Di SMK N 2 Kota Bekasi. Sarjana thesis, Universitas Negeri Jakarta.

Downloads

Published

21-01-2025

How to Cite

Pengaruh Penggunaan Sistem Informasi Pengolahan Data Hasil Belajar Oleh Guru Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik. (2025). AT-TAKLIM: Jurnal Pendidikan Multidisiplin, 2(1), 707-718. https://doi.org/10.71282/at-taklim.v2i1.102

Similar Articles

1-10 of 79

You may also start an advanced similarity search for this article.