Analisis Kepuasan Pengguna Aplikasi Sehat Indonesiaku Pada Puskesmas 1 Ulu Palembang Menggunakan Metode Usability Testing

Authors

  • Aldi Sapta Riansyah Universitas Bina Darma, Sumatera Selatan, Indonesia Author
  • Megawaty Universitas Bina Darma, Sumatera Selatan, Indonesia Author

DOI:

https://doi.org/10.71282/at-taklim.v2i1.111

Keywords:

Pengujian Kegunaan, Kepuasan Pengguna, Aplikasi Sehat Indonesiaku (ASIK), Pengembangan Aplikasi Kesehatan

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis tingkat kepuasan pengguna aplikasi Sehat Indonesiaku (ASIK) yang diterapkan di Puskesmas 1 Ulu Palembang dengan menggunakan metode Usability Testing. Metode ini mengevaluasi tiga aspek utama: effectiveness, efficiency, dan satisfaction. Data diperoleh melalui pengujian langsung terhadap pengguna aplikasi, disertai kuesioner dan wawancara untuk menggali pengalaman pengguna. Hasil analisis menunjukkan bahwa aplikasi ASIK secara keseluruhan memiliki tingkat efektivitas yang tinggi dalam membantu pengguna mengakses layanan kesehatan. Namun, terdapat beberapa kendala pada aspek efisiensi, khususnya terkait waktu respon dan navigasi antarmuka. Tingkat kepuasan pengguna berada pada kategori baik, meskipun masih diperlukan perbaikan untuk meningkatkan kenyamanan dan kemudahan penggunaan. Temuan ini diharapkan dapat menjadi dasar pengembangan lebih lanjut untuk meningkatkan kualitas aplikasi ASIK, sehingga dapat memberikan pelayanan kesehatan yang lebih optimal kepada masyarakat.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Alelsila, C., B. Lapau, Y. Harnanil, Y. Prilwahyunil, and M. Milklon. 2021. ‘Factors Rellateld to Ilncompleltel Basilc Ilmmunilzatilon at Sildomulyo Helalth Celntelr (Puskelsmas) Pelkanbaru Cilty 2020’. KElSKOM 7(1):18–23.

U. Rosidin et al., “Pelatihan Aplikasi Sehat Indonesiaku sebagai Deteksi Dini Ptm pada Kader Kesehatan di Wilayah Puskesmas Guntur Garut,” Jurnal Kreativitas Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM), vol. 6, no. 4, Art. no. 4, Apr. 2023, doi: 10.33024/jkpm.v6i4.8988.

V. Arribe, R., & Aulia, R. (2022). Kepuasan Pengguna Sistem Informasi dan Implementasi dalam Organisasi. Jurnal Informatika, 12(4), 34–45.

Hadi, P., Susanto, W., & Nugroho, A. (2018). Faktor-Faktor Usability dalam Aplikasi Mobile. Jurnal Sistem Informasi, 10(1), 23–31.

Harefa, F., Dachi, R. A., Brahmana, N. E., Ketaren,

O., & Manurung, K. (2021). Faktor-Faktor yang Berhubungan dengan Kinerja Petugas Kesehatan di Puskesmas Kenangan Percut Sei Tuan Kabupaten Deli Serdang. Journal of Healthcare Technology and Medicine, 7(2),1024–1038.

Subrata, H., & Marimin. (2022). Analisis Sistem Informasi Kesehatan di Indonesia. Jurnal Teknologi Kesehatan, 11(3), 78–88.

Wibiansya, A. F. (2019). Analisis Pengalaman Pengguna Aplikasi Sistem Informasi Puskesmas Paperless dengan Metode Usability Testing dan UEQ. Jurnal Sistem Informasi, 11(4), 45–52.

Adirasyid, M., Wibowo, H., & Pratama, A. N. (2019). Pengujian Usability pada Sistem Informasi Kesehatan dengan Metode Usability Testing. Jurnal Teknologi Informasi dan Komputer, 7(3), 45–53.

Downloads

Published

27-01-2025

How to Cite

Analisis Kepuasan Pengguna Aplikasi Sehat Indonesiaku Pada Puskesmas 1 Ulu Palembang Menggunakan Metode Usability Testing. (2025). AT-TAKLIM: Jurnal Pendidikan Multidisiplin, 2(1), 838-844. https://doi.org/10.71282/at-taklim.v2i1.111

Similar Articles

1-10 of 27

You may also start an advanced similarity search for this article.