Pengembangan Bahan Ajar Buku Sumber Belajar Siswa Berbantu Website Pada Mata Pelajaran PJOK Di SDN 6 Kota Palangka Raya
DOI:
https://doi.org/10.71282/at-taklim.v2i1.28Keywords:
Pengembangan, Bahan Ajar, Berbantu WebsiteAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan bahan ajar berupa buku sumber belajar siswa berbantu website yang dapat digunakan oleh siswa kelas IV dalam pembelajaran Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan (PJOK) di SDN 6 Kota Palangka Raya. Buku ini dirancang untuk mengintegrasikan elemen interaktif seperti teks, gambar, video, dan kuis yang dapat diakses melalui website menggunakan QR code. Model pengembangan yang digunakan adalah ADDIE, yang meliputi lima tahap: analisis, desain, pengembangan, implementasi, dan evaluasi.Pengumpulan data dilakukan melalui wawancara, observasi, dokumentasi, dan angket. Hasil angket menunjukkan bahwa bahan ajar ini sangat layak digunakan, dengan skor dari ahli materi 97%, ahli desain 97%, guru 100%, dan uji coba lapangan 88,42%. Hasil uji-t menunjukkan nilai 0,00, yang berarti bahan ajar ini signifikan meningkatkan hasil belajar siswa. Analisis N-gain menghasilkan nilai 0,66, termasuk kategori sedang. Kesimpulan dari penelitian ini bahwa bahan ajar buku sumber belajar siswa berbantu website ini efektif dalam meningkatkan hasil belajar siswa.
Downloads
References
Afifah, H. N., & Fitrianawati, M. (2021). Pengembangan Media Panlintarmatika (Papan Perkalian Pintar Matematika) Materi Perkalian Untuk Siswa Sekolah Dasar. WASIS: Jurnal Ilmiah Pendidikan, 2(1), 41-47.
AMANDA, M. D. (2024). PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS QR CODE TERHADAP PRESTASI BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN PPKN DI MTS BANDAR AGUNG.
Amelia, O., Sundari, P. D., Mufit, F., & Dewi, W. S. (2024). Analisis Kebutuhan Pengembangan E-Modul dengan Pendekatan Contextual Teaching and Learning Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Pada Materi Energi Terbarukan. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 9(1), 34-39.
Anggraeni, S. W., Alpian, Y., Prihamdani, D., & Winarsih, E. (2021). Pengembangan multimedia pembelajaran interaktif berbasis video untuk meningkatkan minat belajar siswa sekolah dasar. Jurnal Basicedu, 5(6), 5313-5327.
Ar, M. M., Aini, K., & Hidayatillah, Y. (2024). Pelatihan Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Untuk Meningkatkan Literasi-Numerasi Digital Guru Sekolah Dasar Di Era Merdeka Belajar. Darmabakti: Jurnal Pengabdian dan Pemberdayaan Masyarakat, 5(01), 111-125.
Donna, R., Egok, A. S., & Febriandi, R. (2021). Pengembangan multimedia interaktif berbasis powtoon pada pembelajaran tematik di sekolah dasar. Jurnal Basicedu, 5(5), 3799-3813.
Hermansyah, S., Usman, M., & Hanafi, M. (2023). PENGUNAAN FLASHCARD BERBASIS DIGITAL UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA SEKOLAH DASAR. Jurnal Teknologi Pendidikan, e-ISSN: 3025-5392, 1(1), 1-10.
Minarni, M., Malik, A., & Fuldiaratman, F. (2019). Pengembangan bahan ajar dalam bentuk media komik dengan 3D page flip pada materi ikatan kimia. Jurnal Inovasi Pendidikan Kimia, 13(1).
Mutmainnah, M., Aunurrahman, A., & Warneri, W. (2021). Efektivitas penggunaan e-modul terhadap hasil belajar kognitif pada materi sistem pencernaan manusia di Madrasah Tsanawiyah. Jurnal Basicedu, 5(3), 1625-1631.
Nalasari, K. A., Suarni, N. K., & Wibawa, I. M. C. (2021). Pengembangan bahan ajar berbasis web google sites pada tema 9 subtema pemanfaatan kekayaan alam di Indonesia untuk siswa kelas IV sekolah dasar. Jurnal Teknologi Pembelajaran Indonesia, 11(2), 135-146.
Permana, B. S., Hazizah, L. A., & Herlambang, Y. T. (2024). Teknologi pendidikan: efektivitas penggunaan media pembelajaran berbasis teknologi di era digitalisasi. Khatulistiwa: Jurnal Pendidikan Dan Sosial Humaniora, 4(1), 19-28.
Puspasari, R. (2019). Pengembangan buku ajar kompilasi teori graf dengan model ADDIE. Journal of Medives: Journal of Mathematics Education IKIP Veteran Semarang, 3(1), 137-152.
Puspita, L. (2019). Pengembangan modul berbasis keterampilan proses sains sebagai bahan ajar dalam pembelajaran biologi. Jurnal Inovasi Pendidikan IPA, 5(1), 79-88.
Putrantana, A. B., Hariyanto, E., & Saichudin, S. (2020). Uji Kelayakan Bahan Ajar Berbasis Multimedia Interaktif untuk Siswa Sekolah Dasar pada Materi PermainanTradisional (Doctoral dissertation, State University of Malang).
Rahmaniah, N., Oktaviani, A. M., Arifin, F., Maulana, G., Triana, H., Serepinah, M., ... & Patras, Y. E. (2023). Berpikir Kritis dan Kreatif: Teori dan Implementasi Praktis dalam Pembelajaran. Publica Indonesia Utama.
Rayanto, Y. H. (2020). Penelitian Pengembangan Model Addie Dan R2d2: Teori & Praktek. Lembaga Academic & Research Institute.
Sari, Y. Y., Ulfani, D. P., & Ramos, M. (2024). Pentingnya Pendidikan Jasmani Olahraga Terhadap Anak Usia Sekolah Dasar. Jurnal Tunas Pendidikan, 6(2), 478-488.
Shihab, F., Fauzi, A., & Qurtubi, A. (2023). Adaptasi kebijakan kurikulum merdeka di sekolah dasar. Jurnal Pendidikan dan Konseling (JPDK), 5(2), 4600-4605.
Solihin, A., Pujiyati, L., Syanis, P. F. H. A., Lestari, S., & Puspita, A. M. I. (2024). PAGORO-QR: Bahan Ajar Papan Gotong Royong Integrasi QR-Code Berbasis Pendidikan Karakter Siswa Kelas IV Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 8(3), 2125-2140..
Waruwu, M. (2024). Metode Penelitian dan Pengembangan (R&D): Konsep, Jenis, Tahapan dan Kelebihan. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 9(2), 1220-1230.
Wati, E., Harahap, R. D., & Safitri, I. (2022). Analisis Karakter Siswa pada Mata Pelajaran IPA di Sekolah Dasar. Jurnal basicedu, 6(4), 5994-6004.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Muhammad Syabrina, Meliati, Rahmi Nati (Author)

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.