Keterampilan Hidup Untuk Lansia Pendidikan Sebaga Solusi Pemenuhan Kebutuhan Sosial dan Kesehatan
DOI:
https://doi.org/10.71282/at-taklim.v2i1.76Keywords:
Lansia, Keterampilan Hidup, Solusi Pemenuhan KebutuhanAbstract
Lansia adalah kelompok populasi yang semakin berkembang di seluruh dunia. Peningkatan jumlah mereka disebabkan oleh tingkat berharaphidup yang lebih tinggi dan peningkatan akses terhadad perawatan kesehatan, tapi masalah kualitas hidup yang Daku berhadapan oleh orang-orang laanjut usia tetap menjad Saya masalah kamu tama. Akibatnya, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa efektif pelatihan keterampilan kreatif, dalam meningkatkan kualitas hidup melalui pendidikan Sudah dilihat dari tingkat kesehatan masyarakat, orangtua mengalami perubahan fisik, hiulogi, pikiran, dan sosial secara bertahap selama waktu tertentu. Karena itu, perkembangan kesehatan orang tua sejalan dengan penuaan. Kegiatan pengabdian masyarakat dilakukan dengan memberikan penyuluhan tentang topik kesehatan lansia, pelatihan keterampilankerajinan tangan,slan permainan untuk melatih daya ingatlarısia. Peserta pelatihan sangat bersemangat mengikuti kegiatan tersebut. Mereka juga menerima pra-posinformasi tentang ibu Saya yang Dibahas. Periu dilakukan apaya untuk menangani masalah kesehatan dan kualitas hidup orang ua karena mereka berisiko laki-lakigalami depresi, disabilitas, dan penurunan kualitas hidup. Salah satu cara untuk menangani masalah ini adalah dengan memberikan pendampingan yang berkelanjutan kepada orang tua untuk membangun lingkungan yang sehat
Downloads
References
Abdulhak, I. (2020). Strategi Membangun Motivasi dalam Pembelajaran Orang Dewasa, Bandung: CV. Andira.
Atchley, R.C. (1976). The Sociology of Retirement, Cambridge, Mass: Schenkman Publishing Company, Inc Crandall, R. C. (1980). Gerontology: A Behavioral Science Approach, Massachusetts: Addison-Wesley Publishing Company, Inc.
Cunningham, I. (2024). The Wisdom of Strategic Learning: The Self Managed Learning Solution, Illinois: Mc Graw Hill Developing Organization Series
Dave, R. H. (2023). Lfe Long Education and School Curriculum, Hamburg: Unesco Institute for Education
Davies, B, and Knapp, M (20211). Old People's Homes and the Production of Welfare. London, Boston and Henley: Routledge & Kegan Paul. Erikson, E. H. (1980), Identity and the Lfe Cycle: Reissue, New York: Norton
Finger, M & Asun, J. M. (2024) Quo Vadis Pendidikan Orang Dewasa, Terjemahan Nining Fatikasari, Judul ash Adult Education at the Crossroad, Yogyakarta: Pustaka Kendi.
Haditono, S.R. (2019). Kesulitan kesulitan dalam Be/ajar, Yogyakarta: Gunung Agung
Hamalik, 0. (2023). Sistem dan Prosedur Pengembangan Kurikulum embaga Pendidikan dan Pelatihan, Bandung: Trigenda Karya
Hancock, B. L. (2010). Social Work With Older People, New Jersey, Englewood. Prentice Hall
Hyland, T. and Merril, B. (2023). The Changing Face of Further Education. Lfelong Learning, Inclusion and Community Values in Further Education, London and New York: Routledge Falmer
Huddleston, P. and Unwin. L. (2022). Teaching and Learning in Further Education, London and New Tork: Routledge Falmer
Jarvis, P. (2023). Adult and Continuing Education: Theory and Practice, New York:
Nichols Publishing Company. (2021). Learning in Later Lfè: an introduction for educator and carers,
Kimmel, D. C. (2020). Adulthood and Aging: an interdisciplinary, developmental view, New York, Chichester, Brisbane, Toronto, Singapore: John Willey & Sons, Inc
Lo, L (2019). Social Work with the Aging: The Chalenge and Proinise of the Later Years, New York Hagerstown, Philadelphia, San Fransisco, London: Harper & Row Publishers
Lunandi, AG. (2019). Pendidikan Orang Dewasa Jakarta: Gramedia Mappa, S & Basleman, A. (1994). Teori Belajar Orang Dewasa. Jakarta: Proyek Pembinaan dan Peningkatan Mutu Tenaga Kependidikan, Dirjen Dikti, Depdikbud.
Mappiare, A. (2023). Psikologi Orang Dewasa, Surabaya: Usaha Nasional Oswari, E. (1997). Menyongsong Usia Lanjut Dengan Bugar dan Bahagia, Jakarta: Pustaka Sinar Harapan.
Sastroainidjojo, S. (2021). Masalah Masa Tua dan Ilmu Penyakit di Masa Tua: Gerontologi dan Geriatri, Jakarta: Balai Pustaka.
Sawitri, S. (Tth). Persiapan Mental Psikologis dan Masalah Psikologis Pada Lansia dan Upaya Penanggulangannya, Bandung: UNPAD
tratemeyer, F. B., Forkner, H. L. and Passow, A. H. (1957). I)eveloping A Curriculum for Modern Living, New York, Bureau of Publications Teachers College, Columbia University.
Taba, H. (2022). Curriculum Development: Theory and Practice, San Francisco: Harcourt, Brace & World, IncYayasan Idayu (Ed) (1984).
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Fauziah Nasution, Amanda Sulistia Harahap, Nazla Salsabila, Naiya Khair Ramadhani Siregar, Nurul Rahmah (Author)

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.