Eksplorasi Nilai-nilai Pancasila dan Penerapannya pada Anak dalam Kehidupan Sehari-hari di Lingkungan Keluarga
DOI:
https://doi.org/10.71282/at-taklim.v2i11.1144Keywords:
pancasila, keluarga, toleransiAbstract
Pemahaman Pancasila sebagai dasar negara Indonesia memiliki peran penting dalam meningkatkan kompetensi serta membentuk karakter guna memiliki identitas bangsa yang inklusif dan bertoleransi. Artikel ini mengeksplorasi bagaimana nilai-nilai Pancasila dapat dipahami dan diterapkan dalam lingkungan keluarga sebagai unit terkecil dalam Masyarakat dan negara. Nilai Pancasila sangat tepat bila ditanamkan pada anak sejak masih usia dini. Hal ini dimaksudkan agar setelah mereka dewasa, mereka akan terbiasa dengan perbuatan dan tingkah laku yang sesuai dengan nilai-nilai Pancasila. Anak sangat membutuhkan bimbingan dari orang lain terutama orangtua untuk menanamkan nilai-nilai Pancasila tersebut. Hal tersebut bisa dilakukan dengan permainan, lagu, rekreasi serta cara-cara lain yang menyenangkan bagi anak. Namun, anak usia dini juga perlu untuk diberikan pendidikan di sekolah, agar penanaman nilai Pancasila tertanam lebih mendalam dalam jiwanya. Menanamkan moral pada anak sejak usia dini juga sangat diperlukan. Dengan demikian, anak bisa mengembangkan sikap dan perilaku yang didasari oleh nilai-nilai Pancasila, agar dia tumbuh menjadi anak yang mempunyai akhlak mulia yang mempunyai moral sesuai harapan bangsa.
Downloads
References
Zainudin Hasan. 2025. Pancasila dan Kewarganegaraan. CV Alinea Multimedia hlm. 62-93
Nany S, Y.C. 2009. Menanamkan nilai pancasila pada anak sejak usia dini. Kajian ilmiah mata kuliah umum, 9, 1 (Sep 2009)
Arriani, 2019, Pengertian anak usia dini. Jurnal Pendidikan Tambusai hlm 9012-9015
Yuliani Nuraini Sujiono 2009, Pengertian anak usia dini. E-Prints UNY
Narwanti, 2011:48, Perkembangan otak manusia. J-SES Volume 02
Samani dan Hariyanto, 2013: 43, Pembentukan karakter Manusia. Jurnal Pendidikan Uniga Volume 08
Hyoscyamina, 2011, pembentukan karakter manusia dilingkungan keluarga. Siducat.org
Khansa Shafa Nabila, Dinie Anggraeni Dewi, Yayang Furi Furnamasari, Peran Orangtua dalam Menerapkan Nilai Pancasila terhadap Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Tambusai hlm 9012-9015
Djahiri (1966) (Nababan, dkk, 2015) Pengertian nilai. Neliti
Nurgiansah 2020 Arti Pancasila. Jurnal Kewarganegaraan Vol. 5
Notonagoro. 1975. Pancasila secara Ilmiah Populer, (Jakarta: Pantjuran Tujuh), hlm. 20
Kaelan. 2013. Pendidikan Pancasila, hlm. 42-43.
Soekarno. 1995. Pidato Lahirnya Pancasila, 1 Juni 1945, dalam Risalah Sidang BPUPKI, hlm. 17.
Notonagoro. 1983. Pancasila: Dasar Falsafah Negara, (Jakarta: Pancur Siwah), hlm. 53.
Ahmad Syafii Maarif. 2009. Islam dalam Bingkai Keindonesiaan dan Kemanusiaan, (Bandung: Mizan), hlm.90.
Syamsul Arifin. 2020. Pancasila, Nasionalisme dan Radikalisme di Era Digital, Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, Vol. 24, No. 2, hlm. 152.
Franz Magnis-Suseno. 1997. Etika Politik: Prinsip Moral Dasar Kenegaraan Modern, (Jakarta: Gramedia), hlm. 117-118.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Dwi Wibowo (Author)

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.










