Eksplorasi Nilai-nilai Pancasila dan Penerapannya pada Anak dalam Kehidupan Sehari-hari di Lingkungan Keluarga

Authors

  • Dwi Wibowo Program Studi Teknik Sipil, Fakultas Teknik, Universitas Bandar Lampung Author

DOI:

https://doi.org/10.71282/at-taklim.v2i11.1144

Keywords:

pancasila, keluarga, toleransi

Abstract

Pemahaman Pancasila sebagai dasar negara Indonesia memiliki peran penting dalam meningkatkan kompetensi serta membentuk karakter guna memiliki identitas bangsa yang inklusif dan bertoleransi. Artikel ini mengeksplorasi bagaimana nilai-nilai Pancasila dapat dipahami dan diterapkan dalam lingkungan keluarga sebagai unit terkecil dalam Masyarakat dan negara. Nilai Pancasila sangat tepat bila ditanamkan pada anak sejak masih usia dini. Hal ini dimaksudkan agar setelah mereka dewasa, mereka akan terbiasa dengan perbuatan dan tingkah laku yang sesuai dengan nilai-nilai Pancasila. Anak sangat membutuhkan bimbingan dari orang lain terutama orangtua untuk menanamkan nilai-nilai Pancasila tersebut. Hal tersebut bisa dilakukan dengan permainan, lagu, rekreasi serta cara-cara lain yang menyenangkan bagi anak. Namun, anak usia dini juga perlu untuk diberikan pendidikan di sekolah, agar penanaman nilai Pancasila tertanam lebih mendalam dalam jiwanya. Menanamkan moral pada anak sejak usia dini juga sangat diperlukan. Dengan demikian, anak bisa mengembangkan sikap dan perilaku yang didasari oleh nilai-nilai Pancasila, agar dia tumbuh menjadi anak yang mempunyai akhlak mulia yang mempunyai moral sesuai harapan bangsa.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Zainudin Hasan. 2025. Pancasila dan Kewarganegaraan. CV Alinea Multimedia hlm. 62-93

Nany S, Y.C. 2009. Menanamkan nilai pancasila pada anak sejak usia dini. Kajian ilmiah mata kuliah umum, 9, 1 (Sep 2009)

Arriani, 2019, Pengertian anak usia dini. Jurnal Pendidikan Tambusai hlm 9012-9015

Yuliani Nuraini Sujiono 2009, Pengertian anak usia dini. E-Prints UNY

Narwanti, 2011:48, Perkembangan otak manusia. J-SES Volume 02

Samani dan Hariyanto, 2013: 43, Pembentukan karakter Manusia. Jurnal Pendidikan Uniga Volume 08

Hyoscyamina, 2011, pembentukan karakter manusia dilingkungan keluarga. Siducat.org

Khansa Shafa Nabila, Dinie Anggraeni Dewi, Yayang Furi Furnamasari, Peran Orangtua dalam Menerapkan Nilai Pancasila terhadap Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Tambusai hlm 9012-9015

Djahiri (1966) (Nababan, dkk, 2015) Pengertian nilai. Neliti

Nurgiansah 2020 Arti Pancasila. Jurnal Kewarganegaraan Vol. 5

Notonagoro. 1975. Pancasila secara Ilmiah Populer, (Jakarta: Pantjuran Tujuh), hlm. 20

Kaelan. 2013. Pendidikan Pancasila, hlm. 42-43.

Soekarno. 1995. Pidato Lahirnya Pancasila, 1 Juni 1945, dalam Risalah Sidang BPUPKI, hlm. 17.

Notonagoro. 1983. Pancasila: Dasar Falsafah Negara, (Jakarta: Pancur Siwah), hlm. 53.

Ahmad Syafii Maarif. 2009. Islam dalam Bingkai Keindonesiaan dan Kemanusiaan, (Bandung: Mizan), hlm.90.

Syamsul Arifin. 2020. Pancasila, Nasionalisme dan Radikalisme di Era Digital, Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, Vol. 24, No. 2, hlm. 152.

Franz Magnis-Suseno. 1997. Etika Politik: Prinsip Moral Dasar Kenegaraan Modern, (Jakarta: Gramedia), hlm. 117-118.

Downloads

Published

09-11-2025

How to Cite

Eksplorasi Nilai-nilai Pancasila dan Penerapannya pada Anak dalam Kehidupan Sehari-hari di Lingkungan Keluarga. (2025). AT-TAKLIM: Jurnal Pendidikan Multidisiplin, 2(11), 167-183. https://doi.org/10.71282/at-taklim.v2i11.1144

Similar Articles

1-10 of 42

You may also start an advanced similarity search for this article.