IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN BLENDED LEARNING BERBASIS TIK UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS V SDN 2 URUTSEWU

Authors

  • Ferry Yusufa Hindrawan A Author

DOI:

https://doi.org/10.71282/at-taklim.v2i11.1145

Keywords:

blended learning, TIK, MPI

Abstract

Best Practice (praktik terbaik) ini bertujuan untuk mendeskripsikan implementasi model pembelajaran blended learning berbasis TIK dalam meningkatkan motivasi dan hasil belajar peserta didik kelas V SDN 2 Urutsewu. Strategi ini model pembelajaran blended learning berbasis teknologi untuk mengakomodasi perbedaan kebutuhan belajar siswa. Sarana prasarana yang menunjang implementasi pembelajaran berbasis teknologi ternyata belum dimanfaatkan secara optimal, sehingga penulis melakukan inovasi dalam bentuk penggabungan teknologi. Teknologi yang dimaksudkan pada praktik terbaik ini adalah pemanfaatan Multimedia Pembelajaran Interaktif (MPI). Hasil pelaksanaan menunjukkan peningkatan partisipasi aktif, motivasi belajar, serta capaian hasil belajar siswa secara signifikan. Temuan ini menunjukkan bahwa pembelajaran yang adaptif dan berbasis teknologi dapat menjadi solusi efektif dalam menciptakan pembelajaran yang bermakna dan inklusif di sekolah dasar. Blended learning sebagai strategi yang memanfaatkan pembelajaran berbasis online dan offline untuk daling melengkapi dari masing- masing kekurangannya. Metode yang digunakan dalam best practice Ini adalah pendekatan deskriptif kualitatif, dengan mengikuti tahapan-tahapan diantaranya persiapan, pelaksanaan dan tahap evaluasi. Penulis menggunakan rubrik pengamatan motivasi belajar siswa dan soal evaluasi formatif maupun sumatif dalam mengumpulkan data. Hasil perolehan data kemudian dianalisis dan dijadikan dasar sebagai pengambilan kesimpulan. Analisis data menunjukan adanya peningkatan motivasi dan hasil belajar siswa yang signifikan. Motivasi belajar yang awalnya masuk dalam kategori sangat rendah menjadi sangat baik. Sedangkan pada aspek hasil belajar mengalami peningkatan ketuntasan belajar yang awalnya 39% menjadi 89%. Praktik terbaik ini sudah penulis diseminasikan melalui berbagai kegaiatan daring dan luring, sehingga dapat dirasakan manfaatnya bagi teman sejawat lainnya.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Badaruddin. (2018). Peningkatan Motivasi Siswa Melalui Bimbingan Konseling. Jakarta: Abe Kreatifindo.

Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan. (2022). Panduan Pembelajaran dan Asesmen Kurikulum Merdeka. Kemendikbudristek.

Irdhina, R. (2021). Strategi penerapan pembelajaran berdiferensiasi di kelas. Yogyakarta: Edupublik Press.

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. (2023). Peran guru dalam pembelajaran berbasis TIK. Jakarta: Kemendikbudristek.

Permendikbudristek RI No. 22 Tahun 2020 tentang Standar Proses Pendidikan Dasar dan Menengah.

Pertiwi, R., & Hermanto. (2020). Pemanfaatan Teknologi dalam Pembelajaran Berdiferensiasi di Sekolah Dasar. Jurnal Teknologi Pendidikan, 22(2), 89–98.

Purwanto, A., & Syamsul, H. (2023). Pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi dalam pembelajaran: Peluang dan tantangan. Jurnal Pendidikan Digital, 8(2), 45–58.

Raja, R., & Nagasubramani, P.C. (2018). Impact of Modern Technology in Education. Journal of Applied and Advanced Research, 3(S1), 33–35..

Rizal, M., & Fitriani, S. (2023). Analisis hambatan pemanfaatan TIK di sekolah negeri. Jurnal Teknologi Pendidikan Indonesia, 11(1), 21–34.

Tampubolon, S. (2021). Blended Learning sebagai Inovasi Pembelajaran di Era Digital. Jurnal Pendidikan Dasar, 12(1), 45–53.

UNESCO. (2022). ICT in education: A critical review and future prospects. Paris: United Nations Educational, Scientific and Cultural Organization

Downloads

Published

08-11-2025

How to Cite

IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN BLENDED LEARNING BERBASIS TIK UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS V SDN 2 URUTSEWU. (2025). AT-TAKLIM: Jurnal Pendidikan Multidisiplin, 2(11), 145-157. https://doi.org/10.71282/at-taklim.v2i11.1145

Similar Articles

1-10 of 169

You may also start an advanced similarity search for this article.