PERANCANAAN DAN PELAKSANAAN AUDIT MUTU DI MADRASAH IBTIDAYAH MUHAMMADIYAH
DOI:
https://doi.org/10.71282/at-taklim.v2i11.1169Keywords:
Mutu Pendidikan, Perancanaan Audit Mutu, dan Pelaksanaan Audit MutuAbstract
Mutu merupakan sebuah suatu proses terstruktur untuk memperbaiki keluaran yang dihasilkan. Mutu merupakan sebuah suatu proses terstruktur untuk memperbaiki keluaran yang dihasilkan. Adapun mutu yang dimaksud adalah kemampuan dari suatu lembaga pendidikan dalam memanfaatkan sumber sumber daya yang ada dengan tujuan untuk meningkatkan nilai yang diperoleh dalam kegiatan pembelajaran dengan optimal. Mutu sendiri mencakup kualitas. Dalam pendidikan islam mutu dapat diartikan sebagai kualitas pendidikan islam. Objek dari penelitian ini adalah MI Muhammadiyah Bulu Sukoharjo. Penelitian ini bertujuan untuk: 1) Melakukan Perencanaan Audit Mutu di MI Muhammadiyah Bulu 2) Pelaksanaan Audit Mutu di MI Muhammadiyah BuluSukoharjo. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif. Hasil penelitian ini terumuskan dalam 2 kesimpulan, yaitu Pertama, Perencanaan Audit di MI Muhammadiyah Bulu Sukoharjo. Kedua, pelaksanaan audit mutu di MI Muhammadiyah Bulu Sukojarjo. Hasil penelitian yang didapatkan adalah perencanaan audit mutu pendidikan di MI Muhammadiyah Bulu berjalan dengan lancar dan semua kebutuhan untuk pelaksanaan audit dapat terpenuhi sehingga audit berjalan dengan lancar tanpa halangan yang berarti. Hasil penelitian yang kedua adalah mengenai hasil dari pelaksanaan audit diMI Muhammadiyah Bulu. Adapun hasil dari audit yang dilaksanakan adalah tidak semua perencanaan dengan pelaksanaan di MI Muhammadiyah Bulu berjalan dengan sebagaimana mestinya. terjadinya ketidaksesuaian ini dikarenakan adanya faktor human error. Masih terdapat peraturan-peraturan yang belum diperbarui seiring dengan bergantinya tahun dan masih ada beberapa kebutuhan sarana dan prasarana yang menunjang pendidikan yang belum terpenuhi.
Downloads
References
Akhiruddin, K. M. "Lembaga Pendidikan Islam di Nusantara." TARBIYA: Jurnal Ilmu Pendidikan Islam 1.1 (2015): 195-219.
Bafadhol, Ibrahim. "Lembaga pendidikan islam di indonesia." Edukasi Islami: Jurnal Pendidikan Islam 6.11 (2017): 14.
Helaini, L. S., & KJM-UGM, P. M. (2018). Audit Mutu Internal (Konsep dan Pelaksanaan). Pelatihan Penyegaran Audit Mutu Internal SPMI 2018. ITS.
Ismail, Y. Z. (2023). Evaluasi dan Pengendalian Peningkatan Mutu dan Daya Saing Lembaga Pendidikan Islam. AL-IFKAR, Volume XIX, Nomor 01, Maret 2023: 2337 8573, 5-29.
M. Ary Irawan, Muhammad Faqih, dan Baiq Rohiyatun 2019: Implementasi Manajemen Strategik Pendidikan Karakter Di Smpn 2 Mataram, journal pedagogy
Miles, M.B. & Huberman, A.M. 1992. Analisis Data Kualitatif. Terjemahan oleh Tjetjep Rohendi Rohidi. Jakarta: UI-Press.
Sigit Utomo, M., & Nur Fitriyah Rachmawatie, M. (2020). Audit Mutu Satuan Pendidikan. Papua: Kemendikbud, Lembaga Penjamin Mutu Pendidikan Provinsi Papua.
SPMI, T. P. (2016). Teori Audit Mutu Internal. Kemenristekdikti.
Yuniar, E. N. (2015). Analisis Implementasi Audit Penjaminan Mutu Berdasarkan ISO 9001:2015 di Sekolah Menengah Kejuruan PGRI 3 Malang. 1-12.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Fatoni Andi Mohamad (Author)

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.










