Implementasi Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) Tema Bhineka Tunggal Ika Kelas 1 Materi Bertampil Kerumah Tuhan Di Sd Negeri 20 Sungaiselan
DOI:
https://doi.org/10.71282/at-taklim.v2i4.213Keywords:
P5, Bhineka Tunggal Ika, Kurikulum Merdeka, Penelitian kualitatif, Rumah IbadahAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk menerapkan projek penguatan profil pelajar pancasila (P5) bertampil kerumah tuhan yang ada dilingkungan sekolah SDN 20 Sungaiselan agar peserta didik dapat mengenal dan mengetahui keragaman tempat ibadah dan menanamkan rasa toleransi sejak dini. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif, yaitu suatu proses penelitian untuk memahami fenomena-fenomena manusia atau sosial dengan menciptakan gambaran yang menyeluruh dan kompleks yang dapat disajikan dengan kata-kata. Data dapat diperoleh dengan menggunakan teknik wawancara yang mendalam, observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukan implementasi P5 yang sudah dilakukan pengenalan tempat-tempat ibadah , kegiatan mewarnai rumah ibadah, Menyusun puzzle, membuat objek 3D dari bahan kertas dan gelar karya.
Downloads
References
Denpasar, U. M., Kangin, D. P., Pascasarjana, P., & Pendidikan, U. (2023). Kajian Kritis Profil Pelajar Pancasila dari Perspektif Filsafat Pendidikan Critical Study of Pancasila Student Profiles from The Perspective of Educational Philosophy. 4(2), 621–628.
Faiz, A., & Faridah, F. (2022). Program Guru Penggerak Sebagai Sumber Belajar. Konstruktivisme : Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 14(1), 82–88. https://doi.org/10.35457/konstruk.v14i1.1876
Ikhwan, W. K. (2015). Implementasi Standar Isi, Standar Proses, Standar Lulusan Sebagai Standar Mutu pendidikan MTs Negeri Di kabupaten Tulungagung. Pedagogia : Jurnal Pendidikan, 4(1), 16–22. https://doi.org/10.21070/pedagogia.v4i1.68
Kusumawati, E. (2022). Sosialisasi Kurikulum Merdeka Belajar Untuk Mewujudkan Profil Pelajar Pancasila Di Jenjang Sekolah Dasar Di Sd Al-Islam 2 Jamsaren Surakarta. BERNAS: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(4), 886–893. https://doi.org/10.31949/jb.v3i4.3483
LAGHUNG, R. (2023). Pendidikan Karakter Sebagai Upaya Mewujudkan Profil Pelajar Pancasila. CENDEKIA: Jurnal Ilmu Pengetahuan, 3(1), 1–9. https://doi.org/10.51878/cendekia.v3i1.1950
Rika Widianita, D. (2023). Implementasi Penguatan Profil Pelajar Pancasila di Mim Banjarsari Metro Utara. AT-TAWASSUTH: Jurnal Ekonomi Islam, VIII(I), 1–19.
Sudarta. (2022). Metode Kualitatif:Teknik pengumpulan data. 16(1), 1–23.
Susilawati, E., Sarifudin, S., & Muslim, S. (2021). Internalisasi Nilai Pancasila Dalam Pembelajaran Melalui Penerapan Profil Pelajar Pancasila Berbantuan Platform Merdeka Mengajar. Jurnal Teknodik, 25, 155–167. https://doi.org/10.32550/teknodik.v25i2.897
Ummah, M. S. (2019). Teknik Penelitian Kualitatif. Sustainability (Switzerland), 11(1), 1–14.
Walidin, W., Saifullah & Tabrani. (2015). Metodologi Penelitian Kualitatif dan
grounded Theory. FTK Ar-Raniry Press.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Puspatrilicia Irvianingsih, Erika Fitri Wardani, Dodi Pranata (Author)

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.