Impelementasi Asas-Asas Pengembangan Kurikulum Terhadap Pengembangan Kurikulum Pendidikan Agama Islam (PAI) di MTs Nurfadhilah Kab. Gowa
DOI:
https://doi.org/10.71282/at-taklim.v2i6.393Keywords:
Asas Kurikulum, Pengembangan Kurikulum, Kurikulum PAIAbstract
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif jenis penelitian kepustakaan (library research) dengan mengumpulkan data dari berbagai sumber literatur yang relevan bertujuan untuk menganalisis implementasi asas-asas pengembangan kurikulum dalam konteks kurikulum Pendidikan Agama Islam (PAI) di MTs Nurfadhilah, Kabupaten Gowa. Asas-asas kurikulum yang menjadi fokus dalam penelitian ini meliputi asas filosofis, teologis, psikologis, sosiologis, serta asas relevansi, kontinuitas, fleksibilitas, efektivitas, dan efisiensi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan asas-asas tersebut telah dilakukan secara konsisten dan adaptif di MTs Nurfadhilah, yang tercermin melalui integrasi nilai-nilai keislaman dalam pembelajaran, penguatan karakter peserta didik, serta pemanfaatan teknologi dalam proses pembelajaran. Selain itu, keterlibatan berbagai pemangku kepentingan seperti guru, kepala madrasah, dan masyarakat turut memperkuat efektivitas implementasi kurikulum. Penelitian ini menyimpulkan bahwa pengembangan kurikulum PAI yang berbasis pada asas-asas pengembangan kurikulum mampu meningkatkan kualitas pembelajaran dan membentuk peserta didik yang beriman, berilmu, dan berakhlak mulia.
Downloads
References
Aslahudin, Mansurulloh, D., Paramansyah, A., & Zamakhsari, A. (2023). Pengembangan Kurikulum Pendidikan Agama Islam pada Lembaga Pendidikan Islam dalam Era Digital. Jurnal Tahsinia, 4(2), 203.
Asmariani. (2014). Prinsip-Prinsip Pengembangan Kurikulum Dalam Perspektif Islam. Al-Afkar: Manajemen Pendidikan Islam, 2(2).
Harahap, & Pasai. (2022). Pengembangan Manajemen Kurikulum di Madrasah Aliyah Muallimin Univa Medan. Tajribiyah: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 1(1), 63–72.
Huda, N. (2019). Pendekatan–pendekatan Pengembangan Kurikulum. Qudwatuna, 2(2), 175.
Muhaimin. (2020). Pengembangan Kurikulum Pendidikan Islam: Prinsip dan Implementasi. Rajawali Pers.
Noorzanah. (2017). Konsep Kurikulum dalam Pendidikan Islam. Ittihad Jurnal Kopertais Wilayah XI Kalimantan, 15(28), 2017.
Nurmadiah. (2014). Kurikulum Pendidikan Agama Islam. Afkar : Manajemen Pendidikan Islam, 2(2).
Qolbi, S. K., & Hamami, T. (2021). Impelementasi Asas-asas Pengembangan Kurikulum terhadap Pengembangan Kurikulum Pendidikan Agama Islam. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(4), 1120–1132. https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i4.511
Rokhman. (2023). Kurikulum Pendidikan Islam Multikultural: Asas dan Pengembangannya. Proceeding Annual Conference on Islamic Religious Education, 3(1).
Saputra, M., Na’im, Z., Nugroho, P., Maula, I., Budianingsih, Y., Hadiningrum, L. P., & Ahyar, D. B. (2022). Pengembangan Kurikulum Pendidikan Agama Islam. Yayasan Penerbit Muhammad Zaini.
Sari, M., & Asmendri. (2020). Penelitian Kepustakaan (Library Research) dalam Penelitian IPA. NATURAN SCIENCE: Jurnal Penelitian Bidang IPA dan Pendidikan IPA, 6(1), 41–53. https://doi.org/10.15548/nsc.v6i1.1555
Suyadi, H. (2022). Inovasi Kurikulum dan Pembelajaran di Lembaga Pendidikan Islam. Deepublish.
Taufik, A. (2019). Pengembangan Kurikulum Pendidikan Islam. EL-Ghiroh, 17(02), 81–102. https://doi.org/10.37092/el-ghiroh.v17i02.106
Wardhani, & Hamani. (2023). Urgensi Asas Filosofis dalam Pengembangan Kurikulum Pendidikan Agama Islam. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 8(2).
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Musfirah, Siti Azisah, Muh Wayong (Author)

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.