BUDAYA POP DAN SOFT POWER: STRATEGI DIPLOMASI PUBLIK KOREA SELATAN MELALUI K-POP

Authors

  • Sasmita Aprilia Putri Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya, Indonesia Author
  • Doan Widhiandono Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya, Indonesia Author

DOI:

https://doi.org/10.71282/at-taklim.v2i6.481

Keywords:

K-Pop, Diplomasi Publik, Korea Selatan, Soft Power, Budaya Populer, Hallyu

Abstract

Fenomena globalisasi budaya telah membuka peluang bagi negara-negara untuk memanfaatkan budaya popular sebagai instrument diplomasi public. Korea Selatan merupakan salah satu contoh nyata dalam mengoptimalkan potensi ini melalui gelombang Hallyu, khususnya K-Pop. Artikel ini membahas tentang dinamika K-Pop dalam konteks diplomasi publik Korea Selatan, dengan menyoroti bagaimana budaya Pop digunakan untuk dapat membentuk citra positif suatu negara, memperluas pengaruh budaya, dan mendukung kepentingan nasional di tingkat global. Melalui pendekatan kualitatif dengan studi literatur dan analisis wacana, artikel ini dapat mengeksplorasi peran strategis pemerintah Korea Selatan dalam memfasilitasi industri K-Pop serta dampak penerimaannya di berbagai Negara. Hasil kajian menunjukkan bahwa K-Pop tidak hanya berfungsi sebagai hiburan global, tetapi juga sebagai alat soft power yang efektif dalam membangun hubungan internasional, meningkatkan sektor ekonomi kreatif, dan memperkuat posisi diplomatik Korea Selatan. Namun, terdapat pula tantangan dalam menjaga keseimbangan antara ekspresi budaya otentik dan kepentingan politis negara. Artikel ini memberikan pemahaman secara mendalam mengenai keterkaitan antara budaya Pop dan strategi diplomasi modern, serta kontribusinya terhadap studi hubungan internasional dan komunikasi global.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Adyanto, A. M. (2022). Peran Diplomasi Publik Korea Selatan Melalui "Korea Foundation" di Indonesia. ResearchGate.

Angesti, A. R., & Purnama, C. (2022). Diplomasi Budaya Korea Selatan Melalui Grup Idola K-Pop Terhadap Publik Indonesia Pada Tahun 2020-2022. Padjadjaran Journal of International Relations.

Asri Suratmi. (2023). Korean Wave as a Tool of Public Diplomacy: The Impact of South Korean Cultural Globalization in Indonesia from 2018 to 2023. Eksekusi : Jurnal Ilmu Hukum Dan Administrasi Negara, 2(1), 303–317. https://doi.org/10.55606/eksekusi.v2i1.870.

Dewi, P. R. K. (2022). The Role of the Bali’s Korean Pop Fandom in Supporting South Korea’s Soft Power. Indonesian Perspective.

Hayanda, F. F. (2021). South Korea Soft Diplomacy Through Korean Wave. ResearchGate.

Howard, K. (2010). Review of East Asian Pop Culture: Analysing the Korean Wave. Bulletin of School of Oriental and African Studies, 73(1), 144-146. doi:10.1017/S0041977X09990589.

Kiran, M. M. (2023). Rhythm, Narrative, and Soft Power: An Analysis of South Korea's K-Pop Diplomacy in the Digital Age. Gnovis Journal.

Kumalaningrum, W. S. (2021). Strategi diplomasi publik Pemerintah Korea Selatan terhadap Indonesia melalui Hallyu. Indonesia Berdaya, 2(2), 141–148. https://doi.org/10.47679/ib.2021128.

Mourad, S. (2023). K-Pop, K-Dramas, and the Rise of Korean Soft Power. Journal of Foreign Affairs at Carolina.

Prikila, A. R. (2025). Diplomasi Publik Korea Selatan ke Indonesia pada Tahun 2017–2022. GIJ: Global Insight Journal.

Purba, A. A. (2022). Analisis Budaya Hallyu ( Korean Wave ) Sebagai Instrumen Imperialisme Budaya Di Indonesia.

Sari, L. P. (2023). Analisis Korean Wave sebagai Bentuk Soft Diplomacy yang Efektif di Bidang Kebudayaan. Journal of Diplomacy and International Studies.

Shafie, T. (2025). K-pop Idols as Diplomats: South Korean Celebrities and Soft Power. Athens Journal of Politics & International Affairs.

Sophykamila, G. (2022). K-pop Entertainment Industry Becomes an Unlocker of South Korea's Soft Power Through Public and Cultural Diplomacy. ResearchGate.

Sumber Gambar

https://solotrust.com/read/12117/Hanbok-BTS-dalam-MV-IDOL-Akan-Dipajang-di-Gangnam-Festival-2018

https://www.kanal247.com/media/konten/0000057259.html

https://www.popmama.com/life/health/bts-dan-penyanyi-yang-pernah-tampil-di-gedung-pbb-00-5lr4b-xtbfy5

https://kenh14.vn/lady-gaga-selena-gomez-va-dua-lipa-noi-gi-sau-khi-ket-hop-voi-blackpink-nguoi-khen-ngau-ke-map-mo-ve-man-hop-tac-tiep-theo-20200907173008768.chn

https://gayahidup.dreamers.id/article/100770/wisata-ke-sungnyemun-gate-lokasi-panggung-bts-untuk-global-citizen

Downloads

Published

17-06-2025

How to Cite

BUDAYA POP DAN SOFT POWER: STRATEGI DIPLOMASI PUBLIK KOREA SELATAN MELALUI K-POP. (2025). AT-TAKLIM: Jurnal Pendidikan Multidisiplin, 2(6), 637-653. https://doi.org/10.71282/at-taklim.v2i6.481

Similar Articles

1-10 of 69

You may also start an advanced similarity search for this article.