KEPEMIMPINAN ISLAM MULTIKULTURALISME DAN PLURALISME

Authors

  • Ansori Universitas Islam Batang Hari Author
  • Khoirul Alim Universitas Islam Batang Hari Author
  • Nur Asia Universitas Islam Batang Hari Author
  • Kasful Anwar Universitas Islam Batang Hari Author

DOI:

https://doi.org/10.71282/at-taklim.v2i7.705

Keywords:

Islamic Leadership, Multiculturalism, Pluralism, Justice, Tolerance, Indonesia

Abstract

Tulisan ini bertujuan untuk mengkaji dan menganalisis secara kritis konsep kepemimpinan Islam dalam konteks masyarakat multikultural dan pluralistik. Dalam dunia global yang semakin kompleks dan heterogen, pemimpin Muslim dihadapkan pada tantangan besar dalam mengelola perbedaan budaya, agama, etnis, dan ideologi. Penelitian ini menggunakan metode riset kepustakaan (library research) dengan pendekatan kualitatif, mengumpulkan dan mengkaji data dari berbagai literatur klasik dan kontemporer yang relevan, baik dari sumber-sumber keislaman (al-Qur’an, hadis, karya ulama) maupun teori sosial modern. Temuan penelitian menunjukkan bahwa kepemimpinan Islam secara normatif memiliki prinsip-prinsip yang mendukung penguatan multikulturalisme dan pluralisme, seperti keadilan (al-‘adl), musyawarah (shūrā), toleransi (tasāmuḥ), dan penghormatan terhadap hak asasi manusia. Namun, dalam praktiknya, penerapan nilai-nilai ini sering kali terbentur oleh kepentingan politik, tafsir eksklusif terhadap ajaran agama, dan resistensi terhadap perubahan sosial. Oleh karena itu, kepemimpinan Islam kontemporer dituntut untuk membangun paradigma inklusif yang tidak hanya berakar pada nilai-nilai teologis, tetapi juga responsif terhadap dinamika sosial budaya yang majemuk. Studi ini merekomendasikan perlunya reinterpretasi terhadap teks-teks keagamaan dalam kerangka maqāṣid al-syarī‘ah guna memperkuat kapasitas pemimpin Muslim dalam menjawab tantangan pluralitas zaman modern.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Buku

Abidin, Z. (2013). Islam Inklusif: Telaah atas doktrin dan sejarah. Humaniora.

Depag RI, Yayasan Penyelenggara Penerjemah Al-Qur'an. (2005). Al-Qur'an dan Terjemahnya. Syamsil Al-Qur'an.

Futaqi, S. (2023). Pendidikan Islam Multikultural: Menuju Kemerdekaan Belajar. Nawa Litera Publishing.

Haluti, F., Judijanto, L., Apriyanto, A., Hamadi, H. H., Bawa, D. L., & Kalip, K. (2025). Moderasi Beragama: Menciptakan Suasana Kondusif Keberagaman Agama di Indonesia. PT. Green Pustaka Indonesia.

Kahf, A., Fudholi, A., Irawan, S. P., Rohmana, H. N. K., Kuraesin, T., Zakiah, L., ... & Pd, M. M. (2021). Konsep dasar manajemen dan perencanaan strategis pendidikan agama Islam. Penerbit Adab.

Mutmainna, N., Sos, S., & Sos, M. (2024). Buku Ajar Strategi Dakwah. Ruang Karya Bersama.

Nasution, A. F. (2023). Metode Penelitian Kualitatif. Harfa Creative.

Rifdan, R., Haerul, H., & Zainal, H. (2024). Kepemimpinan Organisasi Publik. PT. Sonpedia Publishing Indonesia.

Rohman, B. (2020). Al-Qur’an dan Civil Society: Kecerdasan Kewargaan Perspektif Al-Qur’an. Tarbiyah Press.

Anzaikhan, M., Idani, F., & Muliani, M. (2023). Moderasi Beragama sebagai pemersatu Bangsa serta perannya dalam perguruan tinggi. Abrahamic Religions: Jurnal Studi Agama-Agama, 3(1), 17-34.

Astuti, F. R., Alfadillah, Y., & Jendri, J. (2025). Toleransi Beragama dalam Penafsiran. Reflection: Islamic Education Journal, 2(1), 85-97.

Dewi, I. K. (2019). Implementasi nilai-nilai profetik dalam kepemimpinan modern pada manajemen kinerja di perguruan tinggi Islam swasta Kota Metro. Ijtimaiyya: Jurnal Pengembangan Masyarakat Islam, 12(1), 47-76.

Damanik, A. (2024). Nilai-nilai sufistik dalam kepemimpinan Haji Agus Salim. (Doctoral dissertation, UIN Sumatera Utara).

Efendi, S. (2024). Prinsip syura dalam pembentukan kebijakan publik menurut hukum Islam. CONSTITUO: Journal of State and Political Law Research, 3(1), 69-78.

Ismail, R. (2013). Islam dan Damai (Kajian atas Pluralisme Agama dalam Islam). RELIGI JURNAL, 9(1).

Khozin, A. (2019). Kepemimpinan Pendidikan Islam Multikultural. Jurnal Ilmiah Iqra', 13(2), 70-80.

Kurdi, M. S. (2023). Dampak Pendidikan Multikultural Pada Madrasah Ibtidaiyah Di Indonesia. Morfologi: Jurnal Ilmu Pendidikan, Bahasa, Sastra Dan Budaya, 1(6), 215-244.

Mastori, M., Maggalatung, A. S., & Arifin, Z. (2021). Dakwah Dan Kekuasaan (Studi Dakwah Nabi Muhammad pada Periode Madinah). Jurnal Dakwah Dan Komunikasi, 6(2), 189-208.

Muhsaini, B. (2024). Konsep Pluralisme Agama Menurut Surat Al-Maidah Ayat 48. (Doctoral dissertation, UIN Ar-Raniry Fakultas Ushuluddin dan Filsafat).

Munawaroh, M. (2025). Peran Nilai-nilai Islam dalam Membangun Multikulturalisme Perspektif Kontemporer. Journal of Education and Learning Innovation, 2(1), 63-81.

Nafsaka, Z., Kambali, K., Sayudin, S., & Astuti, A. W. (2023). Dinamika pendidikan karakter dalam perspektif Ibnu Khaldun: Menjawab tantangan pendidikan Islam modern. Jurnal Impresi Indonesia, 2(9), 903-914.

Nasution, S. P., Hasibuan, J. J., Roza, E. R., Hasibuan, N. H., & Simbolon, A. M. Y. (2024). Komparasi Piagam Madinah dengan UUD 1945 dalam Merawat Keberagaman Budaya di Indonesia. JIM: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Sejarah, 9(4), 847-856.

Nurkhisom, N. (2021). Manajemen Kepala Madrasah Dalam Membangun Kreativitas Pendidik Di Madrasah Ibtidaiyah Nu Miftahul Ulum Margasari Kabupaten Tegal. (Master's thesis, Institut Agama Islam Negeri Purwokerto (Indonesia)).

Prasetyo, L. B., Dully, S., Adi, D. Y., & Sasiang, C. (2024). Teologi Kontemporer dan Tantangan Pluralisme: Studi Kritis atas Integrasi Nilai-Nilai Agama Kristen dalam Masyarakat Multikultural. DIDASKO: Jurnal Teologi dan Pendidikan Kristen, 4(2), 122-132.

Purba, G. (2024). Politik Kebijakan Agama Dalam Masyarakat Plural: Membangun Kerukunan Umat Beragama Melalui Pancasila. Jurnal Tabgha, 5(2), 68-83.

Ramdhan, T. W., & Arifin, Z. (2025). PENDIDIKAN AGAMA MULTIKULTURAL: Membangun Toleransi dan Harmoni dalam Keberagaman. Press STAI Darul Hikmah Bangkalan, 1(1), 1-216.

Riyadi, S., Firdaus, A. S., & Anwar, K. (2025). Dasar Al-Qur’an Dan Hadits Tentang Kepemimpinan. Integrative perspectives of social and science journal, 2(2 Mei), 2526-2540.

Simamora, M. H., Simbolon, J., & Wildani, L. K. (2024). Analisis Kriteria Pemimpin Dalam Perspektif Al-Qur’an: Kajian Tematik Terhadap Ayat-Ayat Tentang Pemimpin Ideal. Ibn Abbas, 7(2), 208-226.

Su’adah, F., & Royhan, A. (2024). Implementasi UU Demokrasi dan Nilai-Nilai Urgensinya dalam Politik Islam di Indonesia. Syariah: Journal of Fiqh Studies, 2(2), 83-108.

Downloads

Published

12-07-2025

How to Cite

KEPEMIMPINAN ISLAM MULTIKULTURALISME DAN PLURALISME. (2025). AT-TAKLIM: Jurnal Pendidikan Multidisiplin, 2(7), 382-398. https://doi.org/10.71282/at-taklim.v2i7.705

Similar Articles

1-10 of 287

You may also start an advanced similarity search for this article.