PENERAPAN STRATEGI BERMAIN STICK ANGKA DALAM MENGEMBANGKAN KEMAMPUAN BERHITUNG PERMULAAN ANAK DI TAMAN KANAK-KANAK

Authors

  • Ahmad Anwar Institut Agama Islam Al Muhammad Cepu Author

DOI:

https://doi.org/10.71282/at-taklim.v2i7.724

Keywords:

Stick angka, berhitung, TK.

Abstract

Penelitian ini bertujuaan untuk mengetahui penerapan strategi bermain stick angka dalam mengembangkan kemampuan berhitung permulaan anak di TK. Kemampuan berhitung ini merupakan aspek penting dalam perkembangan kognitif anak usia dini, dan strategi bermain angka bilangan diharapkan dapat meningkatkan daya ingat dan kemampuan berhitung anak. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dengan desain eksperimen, kemampuan berhitung anak sebelum dan sesudah penerapan strategi bermain angka Bilangan. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi, hitung cepat, tes, dan wawancara. Hasil analisis menunjukkan bahwa terdapat peningkatan kemampuan berhitung anak secara signifikan setelah diterapkan strategi bermain angka bilangan. Selain itu, anak juga menunjukkan antusias yang tinggi selama proses pembelajaran. Penelitian ini menyimpulkan bahwa penerapan strategi bermain stick angka angka bilangan efektif dalam mengembangkan kemampuan berhitung anak sejak dini, dan memberikan rekomendasi bagi pendidik untuk menerapkan metode ini dalam pembelajaran matematika di sekolah.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Arikunto, Suharsimi, 2015, Evaluasi Program Pendidikan, Jakarta: PT. Bumi

B.Uno, Hamzah, 2015, Mengelola Kecerdasan dalam Pembelajaran, Jakarta: PT. Bumi Aksara

B.Uno, Hamzah, 2016, Model Pembelajarn, Jakarta, Bumi Aksara

B.Uno, Hamzah, 2016, Orientasi Baru Dalam Psikologi Pembelajaran, Jakarta: PT. Bumi Aksara

Darsinah, dkk, Meningkatkan Kemampuan Pengenala nHuruf Melalui Bermain Kartu Huruf Bergambar Pada Anak Usia 4-5 Tahun Di Kb Delima Indah Kecamatan Kerinci Kanan Kabupaten Siak, (Jurnal Pdf, Program studi Pendidikan guru Anak Usia Dini FKIP-UR)

Djamarah, Syaiful Bahri, 2015, Psikologi Belajar, Jakarta: PT. Rineka Cipta Dharmamulya, Sukirman, 2016, Permainan Tradisional Jawa, Jakarta: Pekel Press

Fadillah, Muhammad, 2015, Desain Pembelajaran PAUD, Yogyakarta: Ar-RizzMedia

Farihah, Himmatul, 2015, Mengembangkan Kemampuan Berhitung Anak Usia Dini Melalui Kegiatan Bermain Stick Angka, (Jurnal Prosiding Seminar Nasional&Temu Ilmiah Jaringan Peneliti IAI Darussalam Bokagung Banyuwangi ISBN: 978-602-50015-0-5, tahun

Hurloock, E.B., 2015, Perkembangan Anak Julid 1 (edisi 6). Penerbit Erlangga: Jakarta

Irfatul, Peningkatkan Pemahaman Konsep Bilangan Melalui Bermain stick angka Angka Pada Anak Kelompok A Di Ra Masyithoh Kalisoka Triwidadi Pajangan Bantul”

Irma Linda, Penerapan Permainan Stick Angka untuk meningkatkan kemampuan berhitung permulaan pada anak Kelompok B TK Mojorejo 2 Tahun 2014/2015.

Isjoni. 2011, Model Pembelajaran Anak Usia Dini, Bandung: Alfabeta

John, Gottman, 2016, Pengembangan Kecerdasan Emosional Anak, Jakarta, PT. Gremadia

Kesuma, Ameliasari T, 2015, Menyusun PTK itu Gampang, Jakarta: Erlangga Sanjaya, Wina, 2016, Strategi Pembelajaran, Jakarta: Kencana

Mariani, Devi Ari, Bermain dan Kreativitas pada Anak Usia Dini, (https://deviarimariani.wordpress.com diunggah pada 12/06/2008, pukul 21.00 Wib, dan diakses pada diakses pada 20/10/2017 pukul 15.00 Wib)

Mubarok, Rima, Kumpulan Hadits-hadits Tarbawi, (Sumber: http://khairima.blogspot.com diunggah pada 17/03/2019 pukul05.58, dan diakses pada 20/10/2017 pukul 15.00 Wib

Mudjito, A K. 2007, pedoman Pembelajaran Berhitung di Taman Kanak kanak.Jakarta:Departement Pendidikan Nasional, Direktorat Jendral Manajemen Pendidikan Dasar dan Menengah, Direktor pembinaan Taman Kanak-kanak dan sekolah dasar

Muslimah, Panca Ariyani, pengaruh Aktivitas Belajar Menggunakan Bermain stick angka Terhadap peningkatan kemampuan Berhitung Permulaan pada Anak Usia Dini Kelompok B PAUD Tunas Mandiri Pringsewu

Ngalimun, 2012, Strategi dan model Pembelajaran, Banjarmasin: Aswaja

Putro, kamin Zarkasih, 2016 Mengembangkan Kreativitas Anak Melalui Bermain, Jurnal Aplikasi Ilmu-ilmu Agama Volume 16, Nomor 1

Said, Almasyah dan Andi Budimanjaya, 2015, 95 Strategi Mengajar Multiple Intelligences, ( Jakarta:Kencana)

Sam’s, Rosman Hartiniy, 2010, Model Penelitian Tindakan Kelas, Yogyakarta:Teras

Sanjaya, Wina, 2016, Strategi Pembelajaran, Jakarta:Kencana

Susanto, Ahmad, 2012, Perkembangan Anak Usia Dini. Jakarta: Kencana Prenada. Media Group

Suyadi, 2014, Teori Pembelajaran Anak Usia Dini, ( bandung, PT . Remaja Rosdakarya

Suyadi, dan Dahlia, 2015, Implementasi dan Inovasi Kurikulum Paud 2013, Bandung : PT. Remaja Rosdakarya

Yamin, Martinis, dan Jamilah Sabri Sa nan, 2013, Panduan PAUD Pendidikan Anak Usia Dini, Ciputat, Refrensi

Yaumin, Muhammad,2013, Pembelajaran Berbasis Kecerdasan Jamak (Multiple Intelligences), Jakarta: Kencana.

Downloads

Published

16-07-2025

How to Cite

PENERAPAN STRATEGI BERMAIN STICK ANGKA DALAM MENGEMBANGKAN KEMAMPUAN BERHITUNG PERMULAAN ANAK DI TAMAN KANAK-KANAK. (2025). AT-TAKLIM: Jurnal Pendidikan Multidisiplin, 2(7), 484-500. https://doi.org/10.71282/at-taklim.v2i7.724

Similar Articles

11-20 of 47

You may also start an advanced similarity search for this article.