PENERAPAN STRATEGI BERMAIN STICK ANGKA DALAM MENGEMBANGKAN KEMAMPUAN BERHITUNG PERMULAAN ANAK DI TAMAN KANAK-KANAK
DOI:
https://doi.org/10.71282/at-taklim.v2i7.724Keywords:
Stick angka, berhitung, TK.Abstract
Penelitian ini bertujuaan untuk mengetahui penerapan strategi bermain stick angka dalam mengembangkan kemampuan berhitung permulaan anak di TK. Kemampuan berhitung ini merupakan aspek penting dalam perkembangan kognitif anak usia dini, dan strategi bermain angka bilangan diharapkan dapat meningkatkan daya ingat dan kemampuan berhitung anak. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dengan desain eksperimen, kemampuan berhitung anak sebelum dan sesudah penerapan strategi bermain angka Bilangan. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi, hitung cepat, tes, dan wawancara. Hasil analisis menunjukkan bahwa terdapat peningkatan kemampuan berhitung anak secara signifikan setelah diterapkan strategi bermain angka bilangan. Selain itu, anak juga menunjukkan antusias yang tinggi selama proses pembelajaran. Penelitian ini menyimpulkan bahwa penerapan strategi bermain stick angka angka bilangan efektif dalam mengembangkan kemampuan berhitung anak sejak dini, dan memberikan rekomendasi bagi pendidik untuk menerapkan metode ini dalam pembelajaran matematika di sekolah.
Downloads
References
Arikunto, Suharsimi, 2015, Evaluasi Program Pendidikan, Jakarta: PT. Bumi
B.Uno, Hamzah, 2015, Mengelola Kecerdasan dalam Pembelajaran, Jakarta: PT. Bumi Aksara
B.Uno, Hamzah, 2016, Model Pembelajarn, Jakarta, Bumi Aksara
B.Uno, Hamzah, 2016, Orientasi Baru Dalam Psikologi Pembelajaran, Jakarta: PT. Bumi Aksara
Darsinah, dkk, Meningkatkan Kemampuan Pengenala nHuruf Melalui Bermain Kartu Huruf Bergambar Pada Anak Usia 4-5 Tahun Di Kb Delima Indah Kecamatan Kerinci Kanan Kabupaten Siak, (Jurnal Pdf, Program studi Pendidikan guru Anak Usia Dini FKIP-UR)
Djamarah, Syaiful Bahri, 2015, Psikologi Belajar, Jakarta: PT. Rineka Cipta Dharmamulya, Sukirman, 2016, Permainan Tradisional Jawa, Jakarta: Pekel Press
Fadillah, Muhammad, 2015, Desain Pembelajaran PAUD, Yogyakarta: Ar-RizzMedia
Farihah, Himmatul, 2015, Mengembangkan Kemampuan Berhitung Anak Usia Dini Melalui Kegiatan Bermain Stick Angka, (Jurnal Prosiding Seminar Nasional&Temu Ilmiah Jaringan Peneliti IAI Darussalam Bokagung Banyuwangi ISBN: 978-602-50015-0-5, tahun
Hurloock, E.B., 2015, Perkembangan Anak Julid 1 (edisi 6). Penerbit Erlangga: Jakarta
Irfatul, Peningkatkan Pemahaman Konsep Bilangan Melalui Bermain stick angka Angka Pada Anak Kelompok A Di Ra Masyithoh Kalisoka Triwidadi Pajangan Bantul”
Irma Linda, Penerapan Permainan Stick Angka untuk meningkatkan kemampuan berhitung permulaan pada anak Kelompok B TK Mojorejo 2 Tahun 2014/2015.
Isjoni. 2011, Model Pembelajaran Anak Usia Dini, Bandung: Alfabeta
John, Gottman, 2016, Pengembangan Kecerdasan Emosional Anak, Jakarta, PT. Gremadia
Kesuma, Ameliasari T, 2015, Menyusun PTK itu Gampang, Jakarta: Erlangga Sanjaya, Wina, 2016, Strategi Pembelajaran, Jakarta: Kencana
Mariani, Devi Ari, Bermain dan Kreativitas pada Anak Usia Dini, (https://deviarimariani.wordpress.com diunggah pada 12/06/2008, pukul 21.00 Wib, dan diakses pada diakses pada 20/10/2017 pukul 15.00 Wib)
Mubarok, Rima, Kumpulan Hadits-hadits Tarbawi, (Sumber: http://khairima.blogspot.com diunggah pada 17/03/2019 pukul05.58, dan diakses pada 20/10/2017 pukul 15.00 Wib
Mudjito, A K. 2007, pedoman Pembelajaran Berhitung di Taman Kanak kanak.Jakarta:Departement Pendidikan Nasional, Direktorat Jendral Manajemen Pendidikan Dasar dan Menengah, Direktor pembinaan Taman Kanak-kanak dan sekolah dasar
Muslimah, Panca Ariyani, pengaruh Aktivitas Belajar Menggunakan Bermain stick angka Terhadap peningkatan kemampuan Berhitung Permulaan pada Anak Usia Dini Kelompok B PAUD Tunas Mandiri Pringsewu
Ngalimun, 2012, Strategi dan model Pembelajaran, Banjarmasin: Aswaja
Putro, kamin Zarkasih, 2016 Mengembangkan Kreativitas Anak Melalui Bermain, Jurnal Aplikasi Ilmu-ilmu Agama Volume 16, Nomor 1
Said, Almasyah dan Andi Budimanjaya, 2015, 95 Strategi Mengajar Multiple Intelligences, ( Jakarta:Kencana)
Sam’s, Rosman Hartiniy, 2010, Model Penelitian Tindakan Kelas, Yogyakarta:Teras
Sanjaya, Wina, 2016, Strategi Pembelajaran, Jakarta:Kencana
Susanto, Ahmad, 2012, Perkembangan Anak Usia Dini. Jakarta: Kencana Prenada. Media Group
Suyadi, 2014, Teori Pembelajaran Anak Usia Dini, ( bandung, PT . Remaja Rosdakarya
Suyadi, dan Dahlia, 2015, Implementasi dan Inovasi Kurikulum Paud 2013, Bandung : PT. Remaja Rosdakarya
Yamin, Martinis, dan Jamilah Sabri Sa nan, 2013, Panduan PAUD Pendidikan Anak Usia Dini, Ciputat, Refrensi
Yaumin, Muhammad,2013, Pembelajaran Berbasis Kecerdasan Jamak (Multiple Intelligences), Jakarta: Kencana.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Ahmad Anwar (Author)

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.