Strategi Pembelajaran IPA yang Menyenangkan: Menumbuhkan Rasa Penasaran Siswa SD

Authors

  • Arifatul Adawiyah Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka, Jakarta, Indonesia Author
  • Ike Nuryolanda Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka, Jakarta, Indonesia Author
  • Najwa Laika Putri Abdi Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka, Jakarta, Indonesia Author
  • Niken Widy Astuti Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka, Jakarta, Indonesia Author
  • Siti Nur Aida Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka, Jakarta, Indonesia Author

DOI:

https://doi.org/10.71282/at-taklim.v2i1.32

Keywords:

Strategi, Pembelajaran IPA, Siswa SD

Abstract

Penelitian ini membahas penerapan strategi pembelajaran IPA yang menyenangkan di sekolah dasar (SD) untuk menumbuhkan rasa penasaran dan pemahaman siswa terhadap konsep-konsep ilmiah. Dengan menggunakan media interaktif, aktivitas kreatif seperti eksperimen, proyek kelompok, dan permainan edukatif, penelitian ini menunjukkan bagaimana metode-metode tersebut dapat meningkatkan keterlibatan dan motivasi siswa. Penggunaan teknologi, seperti animasi dan simulasi, bersama dengan kegiatan praktik, memberikan pengalaman belajar yang dinamis, pendekatan ini membantu siswa memahami konsep-konsep IPA yang sulit dengan cara yang lebih nyata. Selain meningkatkan pemahaman, metode ini juga mendorong perkembangan keterampilan berpikir kritis dan kemampuan untuk menyelesaikan masalah. Penelitian ini juga mengidentifikasi berbagai tantangan yang dihadapi guru dalam menerapkan pendekatan tersebut, seperti keterbatasan sumber daya, kurangnya pelatihan untuk guru, dan keberagaman latar belakang siswa. Di samping itu, penelitian ini menekankan pentingnya kerjasama antara guru, sekolah, dan orang tua untuk mengatasi hambatan-hambatan yang ada. Secara keseluruhan, penelitian ini menegaskan perlunya menciptakan suasana belajar yang menyenangkan dan interaktif guna mendukung pencapaian akademik siswa dan sikap mereka terhadap IPA.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Akbar, J. S., Dharmayanti, P. A., Nurhidayah, V. A., Lubis, S. I. S., Saputra, R., Sandy, W., ... & Yuliastuti, C. (2023). Model & Metode Pembelajaran Inovatif: Teori Dan Panduan Praktis. PT. Sonpedia Publishing Indonesia.

Astutik, P., & Hariyati, N. (2021). Peran guru dan strategi pembelajaran dalam penerapan keterampilan abad 21 pada pendidikan dasar dan menengah. Jurnal Inspirasi manajemen pendidikan, 9(3), 619-638.

Baskara, A., & Sutarni, N. (2024). Kompetensi Pedagogik Guru SMA di Indonesia: Sebuah Systematic Literature Review. Didaktika: Jurnal Kependidikan, 13(3), 3481-3496.

Chusni, M. M., Andrian, R., Sariyatno, B., Hanifah, D. P., Lubis, R., Fitriani, A., ... & Rahmandani, F. (2021). Strategi Belajar Inovatif. Pradina Pustaka.

Dewi, N. R., Yanitama, A., Listiaji, P., Akhlis, I., Hardianti, R. D., Kurniawan, I. O., & Rumah, P. P. (2021). Pengembangan Media dan Alat Peraga: Konsep & Aplikasi dalam Pembelajaran IPA. Penerbit Pustaka Rumah C1nta.

Hidayati, R., Triyanto, M., Sulastri, A., & Husni, M. (2022). Faktor penyebab menurunnya motivasi belajar siswa kelas IV SDN 1 Peresak. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 8(3), 1153-1160.

Iswan, I., Mufidah, L., & Damayanti, A. (2024). Pengaruh Peran Guru dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Kelas I di MI Muhammadiyah Butuh 02. SEMNASFIP.

Mansori, M. (2024). Peningkatan Kompetensi Guru melalui Pelatihan Pembelajaran Aktif di Sekolah Dasar di Daerah 3T:(Studi Kasus di Desa Anyar, Kecamatan Anyar, Kabupaten Serang, Banten). Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(3), 251-261.

Maisaroh, A., & Wathon, A. (2018). Peningkatan Motivasi Belajar Siswa Melalui Strategi Pembelajaran. Sistim Informasi Manajemen, 1(1), 64-82.

Marlina, T. (2022, June). Urgensi dan implikasi pelaksanaan kurikulum merdeka pada sekolah dasar/madrasah ibtidaiyah. In Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Ekonomi (Vol. 1, No. 1, pp. 67-72).

Nursobah, A. (2019). perencanaan pembelajaran MI/SD.

Putri, D. H., & Pranata, O. D. (2023). Eksplorasi Kejenuhan Siswa dalam Pembelajaran Sains Setelah Pandemi. Jurnal Inovasi Pendidikan Sains (JIPS), 4(2), 62-70.

Putri, S. U. (2019). Pembelajaran sains untuk anak usia dini. Upi sumedang press.

Rustini, T., Safitri, K. N., Hefty, S., & Aprillia, S. (2024). Menanamkan Rasa Ingin Tahu: Pembelajaran IPS di Kelas Awal. Maximal Journal: Jurnal Ilmiah Bidang Sosial, Ekonomi, Budaya dan Pendidikan, 1(5), 269-274.

Sae, H., & Radia, E. H. (2023). Media Video Animasi Dalam Pembelajaran IPA Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa SD. Indonesian Journal of Education and Social Sciences, 2(2), 65-73.

Sari, E. N., Fauziah, H. N., Muna, I. A., & Anwar, M. K. (2021). Efektivitas model pembelajaran scramble dengan pendekatan socio-scientific terhadap rasa ingin tahu peserta didik. Jurnal Tadris IPA Indonesia, 1(3), 354-363.

Sawitri, E., Astiti, M. S., & Fitriani, Y. (2019, July). Hambatan dan tantangan pembelajaran berbasis teknologi informasi dan komunikasi. In Prosiding Seminar Nasional Program Pascasarjana Universitas Pgri Palembang.

Sugiyono, D. (2013). Metode penelitian pendidikan pendekatan kuantitatif, kualitatif dan R&D.

Umar, M. A. (2018). Penerapan Pendekatan Saintifik dengan Metode Pembelajaran Berbasis Proyek (Project-Based Learning) dalam Materi Ekologi. Bionatural: Jurnal Ilmiah Pendidikan Biologi, 4(2).

Winangsih, E., & Harahap, R. D. (2023). Analisis Penggunaan Media Pembelajaran pada Muatan IPA di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 7(1), 452-461.

Zuhaida, A., & Yustiana, Y. R. (2023). Tantangan Guru dalam Mengajar IPA: Studi Kasus Guru Sekolah Dasar. Paedagoria: Jurnal Kajian, Penelitian Dan Pengembangan Kependidikan, 14(3), 226-231.

Downloads

Published

14-01-2025

How to Cite

Strategi Pembelajaran IPA yang Menyenangkan: Menumbuhkan Rasa Penasaran Siswa SD. (2025). AT-TAKLIM: Jurnal Pendidikan Multidisiplin, 2(1), 158-169. https://doi.org/10.71282/at-taklim.v2i1.32

Similar Articles

1-10 of 158

You may also start an advanced similarity search for this article.