PENGARUH AKSESIBILITAS, FASILITAS, DAN DAYA TARIK WISATA TERHADAP MINAT BERKUNJUNG KEMBALI WISATAWAN DI PANTAI TEMBERAN KABUPATEN BANGKA
DOI:
https://doi.org/10.71282/jurmie.v2i7.676Keywords:
Accessibility, Facilities, Tourist Attractions, Revisit IntentionAbstract
Tourism has become one of the industries capable of accelerating economic growth. This is evident from its role in providing employment, increasing income and living standards, and stimulating other productive sectors, making tourism a vital contributor to Indonesia's economy. This study aims to analyze and determine the influence of accessibility, facilities, and tourist attractions on tourists' revisit intention to Temberan Beach, Bangka Regency. A quantitative approach was used, involving 100 respondents selected through purposive sampling. The independent variables in this study are accessibility, facilities, and tourist attractions, while the dependent variable is revisit intention. Data were processed using multiple linear regression analysis with t-tests, F-tests, and the coefficient of determination (R²). The results of the multiple linear regression analysis yielded the equation: Y = 1.732 + 0.705X₁ + 0.472X₂ + 0.666X₃. Partially, the variables of accessibility and tourist attractions have a positive and significant effect on revisit intention, while the facilities variable has a positive but not significant effect. Simultaneously, accessibility, facilities, and tourist attractions have a positive and significant influence on tourists' revisit intention to Temberan Beach. The coefficient of determination (R²) is 88.9%, indicating that the variables studied explain 88.9% of the variation in revisit intention, with the remaining 11.1% influenced by other factors not included in this study.
Downloads
References
Aliyah, K. A. (2017). Pengaruh promosi melalui media sosial terhadap keputusan pembelian dengan viral marketing sebagai variabel intervening (Studi kasus pada konsumen SFA Steak & Resto Karanganyar). Jurnal Manajemen, 1(1), 1188–1197.
Ardiansyah, I., & Maulida, R. G. (2020). Kajian atraksi, amenitas dan aksesibilitas untuk pengembangan kepariwisataan di Taman Wisata Alam Gunung Pancar Kabupaten Bogor. Jurnal Inovasi Penelitian, 1(4).
Ardiansyah, K., Sumar, & Nugroho, A. A. (2022). Pengaruh daya tarik wisata, aksesibilitas dan fasilitas terhadap keputusan berkunjung wisatawan ke Pantai Siangau Kabupaten Bangka Barat. Ekomaks: Jurnal Ilmu Ekonomi Manajemen dan Akuntansi, 11(1), 101–113.
Ariyaningsih, A. (2019). Strategi pengembangan wisata budaya di kawasan pecinaan Lasem. SPECTA Journal of Technology, 2(2), 27–38. https://doi.org/10.35718/specta.v2i2.102
Azizah, S. N., & Usmantoro, F. (2019). Keputusan berkunjung wisatawan ke objek wisata Brujul Adventure Park Kebumen. Jurnal Pariwisata, 6(1), 32–38.
Basiya, R., & Rozak, H. A. (2015). Kualitas daya tarik wisata, kepuasan dan niat kunjungan kembali wisatawan mancanegara di Jawa Tengah. Jurnal Dinamika Kepariwisataan.
Brahmanto, E., & Hamzah, F. (2017). Strategi pengembangan Kampung Batu Malakasari sebagai daya tarik wisata minat khusus. Media Wisata, 15(2).
Ernawati, W. (2017). Kamus Bahasa Indonesia. Jakarta: Bmedia.
Farida, U. (2013). Pengaruh aksesibilitas terhadap karakteristik sosial ekonomi masyarakat pedesaan Kecamatan Bumijawa Kabupaten Tegal. Jurnal Wilayah dan Lingkungan, 1(1), 52.
Hanief, S., & Pratama, D. (2018). Pengembangan bisnis pariwisata dengan media sistem informasi. Yogyakarta: ANDI.
Hartaman, N., Wahyuni, Nasrullah, Has, Y., Hukmi, R. A., Hidayat, W., & Ikhsan, A. A. I. (2021). Strategi pemerintah dalam pengembangan wisata budaya dan kearifan lokal di Kabupaten Majene. Jurnal, 4(2), 578–588.
Hermawan, H. (2017). Pengantar Manajemen Hospitality. Jawa Tengah.
Hermawan, H., & Ghani, A. Y. (2018). Geowisata: Solusi Pemanfaatan Kekayaan Geologi yang Berwawasan Lingkungan.
Indriyani, A. S. (2017). Pengaruh fasilitas, kualitas jasa, diferensiasi terhadap kepuasan wisatawan Menara Kudus (Skripsi). STAIN Kudus.
Jannah, B., dkk. (2014). Pengaruh city branding dan city image terhadap keputusan berkunjung wisatawan ke Banyuwangi. Jurnal Administrasi Bisnis, 17(1).
Jayaprakash, K., & Mythili, B. (2017). Tourist satisfaction level on destination facilities in the Nilgiris. EPRA International Journal of Economic and Business Review, 5(9), 122–126.
Kuncoro, M. (2019). Metode Riset untuk Bisnis dan Ekonomi (Edisi ke-3). Jakarta: Erlangga.
Magfira, N. (2019). Pengaruh kualitas barang terhadap keputusan pembelian pada aplikasi Shopee (Studi pada mahasiswa Pendidikan Ekonomi Universitas Negeri Makassar). Jurnal Fakultas Ekonomi UIN Makassar, 19–20.
Pajriah, S. (2018). Peran sumber daya manusia dalam pengembangan pariwisata budaya di Kabupaten Ciamis. Jurnal Artefak, 5(1), 25. https://doi.org/10.25157/ja.v5i1.1913
Kotler, P., & Armstrong, G. (2019). Prinsip-Prinsip Pemasaran (Edisi 12, Jilid I). Jakarta: Erlangga.
Pusirih, K., Mananeke, L., Lengkong, V. P. K., & Universitas Sam Ratulangi. (2020). Fenomena keputusan pembelian dan penggunaan media sosial terhadap kepuasan konsumen Tokopedia di Kota Manado. Jurnal EMBA: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis dan Akuntansi, 8(3), 411–419.
Rachmawati, S. N. (2018, April 30). 10 daya tarik wisata Indonesia di mata wisatawan asing. [Online Article].
Rai Utama, I. G. B. (2017). Pemasaran Pariwisata. Yogyakarta: Andi.
Rossadi, L. N., & Widayati, E. (2018). Pengaruh aksesibilitas, amenitas, dan atraksi wisata terhadap minat kunjungan wisatawan ke Wahana Air Balong Waterpark Bantul Daerah Istimewa Yogyakarta. Journal of Tourism and Economic, 1(2), 109–116. https://doi.org/10.36594/jtec.v1i2.27
Saputra. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Sari, N. R., Rahayu, P., & Rini, E. F. (2021). Potensi dan masalah desa wisata batik: Studi kasus Desa Girilayu, Kabupaten Karanganyar. Desa-Kota, 3(1), 77–91. https://doi.org/10.20961/desa-kota.v3i1.34437.77-91
Sendi, A. P. (2020). Pengaruh aksesibilitas, inovasi dan kualitas pelayanan fasilitas publik terhadap kepuasan penumpang disabilitas di Kereta Rel Listrik Jakarta. Jurnal STIE Indonesia, 5.
Setiyorini, A., Farida, U., & Kristiyana, N. (2018). Pengaruh promosi melalui media sosial, word of mouth, dan daya tarik wisata terhadap keputusan berkunjung wisatawan objek wisata Gunung Beruk Karangpatihan Balong. ISOQUANT: Jurnal Ekonomi, Manajemen dan Akuntansi, 2(2), 12.
Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Manajemen. Bandung: Alfabeta.
Suryadana, M. L., & Octavia, V. (2015). Pengantar Pemasaran Pariwisata. Bandung: Alfabeta.
Sussiyati. (2018). Strategi pengembangan daya tarik wisata Pantai Muarareja Indah di Kota Tegal. Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Semarang.
Trihatmodjo. (2017). Manajemen Pemasaran. Jakarta: Salemba Empat.
Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 10 Tahun 2009 tentang Kepariwisataan.
Valentino, I. (2019). Pengaruh electronic word of mouth media sosial Instagram, atribut produk wisata dan citra destinasi terhadap keputusan berkunjung.
Walton, J. K. (2023). Tourism. Retrieved from Encyclopaedia Britannica: https://www.britannica.com/topic/tourism
Yoland, F., Yuliana, Y., & Pramudia, H. (2017). Pengaruh daya tarik wisata terhadap keputusan berkunjung wisatawan.
Zebusa, F. N. (2018). Persepsi wisatawan terhadap fasilitas objek wisata Dataran Tinggi Dieng Provinsi Jawa Tengah. Jurnal Planologi UNPAS, 5(1), 897.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Septari Hikmawati, Sumar, Darman Saputra (Author)

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.