Pemikiran Pendidikan Islam Muhammad Iqbal
DOI:
https://doi.org/10.71282/jurmie.v2i1.44Keywords:
Pendidikan, Pemikiran Islam, Filsafat Pendidikan IslamAbstract
Muhammad Iqbal merupakan tokoh pembaru Islam yang merupakan seorang penyair dan filsof timur. Dalam bidang pendidikan Islam, dalam sebuah buku yang ditulis oleh K.G. Sayyidan yang berjudul “Iqbal’s Educational Philosophy” yang pertama kali diterbitkan di Lahore ini diakui sebagai hasil serapan dari karya-karya Iqbal. Ide serta konsepsi yang termaktub dalam karya ini merupakan hasil pengkajian dan penganalisisan tentang pemikiran-pemikiran Iqbal dalam bidang pendidikan Islam yang tersurat maupun tersirat di setiap karya-karya Muhammad Iqbal. Pendidikan Islam yang disampaikan oleh Muhammad Iqbal didasari oleh proses kehidupan nyata di masyarakat yang tidak selalu menguntungkan nasib kehidupan pada kodrat yang ditentukan oleh Allah Swt semata. Tetapi harus ada aksi atau tindakan yang membuat perubahan di kehidupan nyata. Adapun tujuan masalah merupakan sebuah upaya dalam mendekati jawaban dari rumusan masalah sebagai berikut: 1) Untuk mengetahui profil Muhammad Iqbal serta kontribusinya terkait pendidikan Islam. 2) Untuk mengetahui pemikiran pendidikan Islam menurut Muhammad Iqbal. 3) Untuk memahami konsep pendidikan Islam yang ditawarkan oleh Muhammad Iqbal. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian kajian kepustakaan (Library Research).Adapun implementasi segala potensi dan teori kehidupan sangatlah penting, sehingga dari semua itu akan tercipta manusia yang ideal. Iqbal merumuskan bahwa manusia ideal setidaknya memiliki dua ciri yaitu: 1) Hidupnya selalu dipenuhi dengan perjuangan tanpa kenal putus asa. Dia akan selalu menjauhi sifat malas dan tidak pernah meremehkan suatu masalah meskipun itu sederhana; 2) Orang yang baik akan menerapkan intelegensinya secara meningkat dalam rangka penjelajahan daya kekuatan alam.
Downloads
References
Abdillah, Aam, Rifai, A. Bachrun. (2019). Perkembangan Pemikiran Konsep Pendidikan Diri Dalam Perspektif Tasawuf Muhammad Iqbal. Al-Tsaqafa: Jurnal Peradaban Islam Vol. 16 No. 1.
Afirin, Yanuar. (2018). Pemikiran Emas Para Tokoh Pendidikan Islam. Yogyakarta: IRCiSoD.
Dardi. (2013). Epistemologi Pendidikan Menurut Muhammad Iqbal. Jurnal Madania Vol. 3 No. 2.
Hanafiah, Yusuf, Ichsan, Yazida. (2022). Pemikiran Pendidikan Muhammad Iqbal: Analisis Reflektif Terhadap Penguatan Pendidikan Islam di Masa Pandemi Covid 19. Prosiding The Annual Conference on Islamic Religious Education Vol. 2 No. 1.
Indrajaya, Darmawan Tia. (2013). Kontribusi Pemikiran Muhammad Iqbal Dalam Pembaharuan Hukum Islam. UIN Suka Riau: Jurnal Hukum Islam Vol. 13 No. 1.
Iryana, Wahyu. (2021) Historiografi Islam. Jakarta: Kencana.
Mahasiswa Sejarah Peradaban Islam Angaktan 2021 kelas C IAIN Syekh Nurjati Cirebon. Bibliografi Beranotasi Tokoh-Tokoh dalam setiap periode sejarah islam 2. Guepedia. 2023.
Maitre, Miss Luce-Claude. (1992). Pengantar ke Pemikiran Iqbal, terj. Djohan Efendi. Bandung: Mizan.
Munir, Muchamad Agus. (2017). Rekonstruksi Pendidikan Islam (Studi Kritis Filsafat Pendidikan Islam Muhammad Iqbal). eL-Tarbawi: Jurnal Pendidikan Islam Vol. 10 No. 1.
Nata, Abuddin. (2020). Pendidikan Islam di Era Milenial. Jakarta: Kencana.
Puspitasari, Rini. (2017). Pendidikan Islam Menurut Muhammad Iqbal. Manhaj: Jurnal Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Vol. 2 No. 3.
Rafid, Rahmad. (2018). Konsep Kepribadian Muslim Muhammad Iqbal Perspektif Pendidikan Islam Sebagai Upaya Pengembangan dan Penguatan Karakter Generasi Milenial. Jurnal Mitra Pendidikan (JMP Online) Vol. 2 No. 7.
Ramin, Maghfur M. (2023). Rekonstruksi Falsafah Pendidikan Muhammad Iqbal di Era Society 5.0. QuranicEdu: Journal of Islamic Education Vol.2 No. 2.
Riyanto, Ridho. (2022). Pembaharuan Pendidikan Islam Menurut Muhammad Iqbal. Ta’dibuna: Jurnal Pendidikan Islam Vol. 11 No. 4.
Rowantoro, Alim. (2004). “Eksistensialisme Telstik Iqbal”. Hermineitika: Jurnal Kajian Interdisipliner Vol.3 No.2.
Rusli, Ris’an. (2018). Pembaruan Pemikrian Modern Dalam Islam 2 (Turki, India, Pakistan, Iran). Jakarta: PT Rajagrafindo Persada.
Sari, Herlina Puspika. (2020). Rekonstruksionisme Pendidikan Islam Menurut Muhammad Iqbal. Al Fikra: Jurnal Ilmiah Keislaman Vol. 19 No. 1.
Sukandar, Asep Ahmad, Hori, Muhammad. (2020). Pemikiran Pendidikan Islam: Sumbangan Para Tokoh Pendidikan Islam Melalui Gagasan, Teori, dan Aplikasi. Bandung: CV. Cendekia Press.
Suriadi, Amran. (2016). Muhammad Iqbal. Tsarwah: Jurnal Ekonomi dan Bisnis Islam Vol. 1 No. 1.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Ayatullah Chumaini (Author)

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.