PEMANFAATAN CHATGPT DALAM MENDUKUNG KINERJA AKADEMIK MAHASISWA
DOI:
https://doi.org/10.71282/jurmie.v2i6.506Keywords:
Pemanfaatan, ChatGPT, Kinerja AkademikAbstract
Pemanfaatan teknologi kecerdasan buatan seperti ChatGPT dalam dunia pendidikan tinggi semakin meningkat, terutama di kalangan mahasiswa yang menggunakannya untuk menyelesaikan berbagai tugas akademik. Penelitian ini bertujuan untuk mengungkap bagaimana mahasiswa memanfaatkan ChatGPT dalam mendukung kinerja akademik mereka, serta dampak positif dan negatif yang ditimbulkannya. Dengan menggunakan pendekatan kualitatif dan metode fenomenologi, data dikumpulkan melalui wawancara mendalam terhadap sejumlah mahasiswa pengguna aktif ChatGPT, kemudian dianalisis secara tematik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ChatGPT digunakan untuk menyusun tugas kuliah, mencari referensi, memahami materi yang kompleks, dan mempercepat proses belajar. Mahasiswa merasa terbantu dalam meningkatkan efisiensi belajar dan kualitas tulisan akademik. Namun, ditemukan pula kekhawatiran terhadap ketergantungan berlebih yang dapat menurunkan kemampuan berpikir kritis dan kemandirian belajar. Mahasiswa menyadari perlunya kontrol diri dan literasi digital agar pemanfaatan teknologi ini tetap mendukung proses akademik secara etis. Penelitian ini menyimpulkan bahwa ChatGPT memiliki potensi besar dalam meningkatkan kinerja akademik mahasiswa apabila digunakan secara bijak, proporsional, dan disertai dukungan serta kebijakan dari institusi pendidikan untuk menjaga integritas dan kualitas pembelajaran.
Downloads
References
Baidoo-Anu, D., & Owusu Ansah, L. (2023). Education in the Era of Generative Artificial Intelligence (AI): Understanding the Potential Benefits of ChatGPT in Promoting Teaching and Learning (SSRN Scholarly Paper No. 4337484). Social Science Research Network. https://doi.org/10.2139/ssrn.4337484
Budi Susilo & Tri Widayanti. (2024). Kecerdasan Buatan: Plagiarisme dan Perilaku Mandiri Siswa Sekolah Menengah Atas Dalam Penggunaan ChatGPT. SABER : Jurnal Teknik Informatika, Sains dan Ilmu Komunikasi, 2(3), 341–352. https://doi.org/10.59841/saber.v2i3.1526
Fitri, A. Z., & Haryanti, N. (2020). Metodologi Penelitian Pendidikan. Madani Media.
Hamu, F. J., Wea, D., & Setiyaningtiyas, N. (2023). Faktor-Faktor yang Memperngaruhi Kinerja Akademik Mahasiswa: Analisis Structural Equation Model. Jurnal Paedagogy, 10(1), 175–186. https://doi.org/10.33394/jp.v10i1.6473
Harmaji, L., Asaury, A. S., Wijana, M., & Habiby, M. E. (2024). Segmentasi Kinerja Akademik Mahasiswa Menggunakan Algoritma K-Means. Jurnal Accounting Information System (AIMS), 7(2), Article 2. https://doi.org/10.32627/aims.v7i2.1092
Hergenhahn, B. R., & Olson, M. H. (2017). Theories of Learning (7 ed.). K E N C A N A.
Huda, K., & Djono, D. (2025). Mengintegrasikan Teori Pembelajaran Bermakna dan Konstruktivisme dalam Pembelajaran Sejarah di Era Digital. Jurnal Artefak, 12(1), 137–146. https://doi.org/10.25157/ja.v12i1.18462
Ishaq, I. (2024). Membangun Kemandirian Belajar Mahasiswa Melalui Pendekatan Heutagogy dalam Mata Kuliah Teori Belajar dan Pembelajaran Membangun Kemandirian Belajar Mahasiswa Melalui Pendekatan Heutagogy dalam Mata Kuliah Teori Belajar dan Pembelajaran. Jurnal Riset dan Inovasi Pembelajaran, 4(3), 2339–2350. https://doi.org/10.51574/jrip.v4i3.2756
Jo, H. (2024). From concerns to benefits: A comprehensive study of ChatGPT usage in education. International Journal of Educational Technology in Higher Education, 21(1), 35. https://doi.org/10.1186/s41239-024-00471-4
Li, Z., Wang, C., & Bonk, C. (2024). Exploring the Utility of ChatGPT for Self-directed Online Language Learning. Online Learning, 28(3). https://doi.org/10.24059/olj.v28i3.4497
Liao, J., Zhong, L., Zhe, L., Xu, H., Liu, M., & Xie, T. (2024). Scaffolding Computational Thinking With ChatGPT. IEEE Transactions on Learning Technologies, 17, 1628–1642. https://doi.org/10.1109/TLT.2024.3392896
Maulana, M. S., Nurmalasari, Widianto, S. R., Safitri, S. D. A., & Maulana, R. (2023). PELATIHAN CHAT GPT SEBAGAI ALAT PEMBELAJARAN BERBASIS ARTIFICIAL INTELLIGENCE DI KELAS. Jurnal Penelitian Dan Pengabdian Masyarakat Jotika, 3(1), Article 1. https://doi.org/10.56445/jppmj.v3i1.103
Nugroho, S. S., & Jaryanto, J. (2024). Pengaruh Kontrol Diri dan Efikasi Diri terhadap Prokrastinasi Akademik Mahasiswa. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Indonesia (JPPI), 4(4), Article 4. https://doi.org/10.53299/jppi.v4i4.744
Nurhayati, E., Suyanto, S., Sodiq, S., & Roni, R. (2024). Literasi Digital dalam Penulisan Karya Tulis Ilmiah Pada Mahasiswa. BELAJAR BAHASA: Jurnal Ilmiah Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 9(2), 226–236. https://doi.org/10.32528/bb.v9i2.2856
Padmasari, A. C., Sutianah, C., & Prana, I. S. (2024). Pendampingan Rebranding Produk TEFA Berbantuan Augmented Reality sebagai Optimasi Kompetensi Technological Pedagogical Content Knowledge (TPACK) Guru SMKN 1 Majalaya. Jurnal Pendidikan Vokasi Raflesia, 4(2), Article 2. https://doi.org/10.53494/jpvr.v4i2.511
Patty, J., Lekatompessy, J., & Lekatompessy, F. M. (2025). IMPLEMENTASI CHATGPT SEBAGAI ALAT BANTU PENGEMBANGAN PROFESIONALISME GURU DI SMA NEGERI 13 MALUKU BARAT DAYA. Jurnal Abdi Insani, 12(1), 263–272. https://doi.org/10.29303/abdiinsani.v12i1.2199
Ramadhani, A., & Winarno, A. (2025). Transformasi Pembelajaran Dengan Teknologi: Analisis Kritis Dari Lensa Teori Post-Positivisme, Kritis, Dan Konstruktivisme. Akhlak : Jurnal Pendidikan Agama Islam Dan Filsafat, 2(1), 312–323. https://doi.org/10.61132/akhlak.v2i1.399
Sallam, M. (2023). ChatGPT Utility in Healthcare Education, Research, and Practice: Systematic Review on the Promising Perspectives and Valid Concerns. Healthcare, 11(6), Article 6. https://doi.org/10.3390/healthcare11060887
Sestiani, R. A., Septiana, A. C., Setiawan, X. P. P., & Muhid, A. (2022). Edukasi Literasi Digital untuk Meningkatkan Self Regulated Learning pada Mahasiswa. Philanthropy: Journal of Psychology, 6(2), Article 2. https://doi.org/10.26623/philanthropy.v6i2.5299
Shafwan, M. H. (2021). KONSEP AL-QUR’AN TENTANG KECERDASAN EMOSIONAL DAN IMPLIKASINYA DALAM PENDIDIKAN ISLAM (Studi Analisis Tematik Surat Luqman Ayat 12-19). Jurnal Staika: Jurnal Penelitian dan Pendidikan, 4(2), Article 2. https://doi.org/10.62750/staika.v4i2.45
Suwandayani, B. I., Kuncahyono, & Anggraini, A. I. (2021). POLA IMPLEMENTASI TEORI KONSTRUKTIVISME PADA PEMBELAJARAN TATAP MUKA TERBATAS DI SEKOLAH DASAR. Taman Cendekia: Jurnal Pendidikan Ke-SD-an, 5(2), 609–618. https://doi.org/10.30738/tc.v5i2.11472
Timbang, M., & Ambotang, A. S. (2020). Pengaruh Inovasi Teknologi, Peranan Pentadbir dan Kesediaan Guru Terhadap Profesionalisme Keguruan Sekolah Luar Bandar di Sabah. Malaysian Journal of Social Sciences and Humanities (MJSSH), 5(2), 96–106. https://doi.org/10.47405/mjssh.v5i2.369
Tyasmaning, E. (2024). Manajemen Pendidikan Islam Melalui Integrasi Nilai Spiritual dalam Kinerja Akademik Mahasiswa di Institut Agama Islam Sunan Kalijogo Malang. Akademika: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 6(2), Article 2. https://doi.org/10.51339/akademika.v6i2.3146
Viorennita, A., Dewi, L., & Riyana, C. (2023). The Role of ChatGPT AI in Student Learning Experience. Indonesian Journal of Multidiciplinary Research, 3(2), Article 2. https://doi.org/10.17509/ijomr.v3i2.60882
Wahyuningtyas, N., Widiantari, O. J. A., & Parihady, A. F. (2024). Pemberdayaan Masyarakat Melalui Peningkatan Pengertian dan Pemahaman Artificial Inteligent (AI) Bagi Tim Penggerak PKK RT 7 Wilayah Gunung Anyar Tambak. SWARNA: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(7), Article 7. https://doi.org/10.55681/swarna.v3i7.1437
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Siti Rahmah, M. Ramli (Author)

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.