PEMANFAATAN CHATGPT DALAM MENDUKUNG KINERJA AKADEMIK MAHASISWA

Authors

  • Siti Rahmah UIN Antasari Banjarmasin, Kalimantan Selatan, Indonesia Author
  • M. Ramli UIN Antasari Banjarmasin, Kalimantan Selatan, Indonesia Author

DOI:

https://doi.org/10.71282/jurmie.v2i6.506

Keywords:

Pemanfaatan, ChatGPT, Kinerja Akademik

Abstract

Pemanfaatan teknologi kecerdasan buatan seperti ChatGPT dalam dunia pendidikan tinggi semakin meningkat, terutama di kalangan mahasiswa yang menggunakannya untuk menyelesaikan berbagai tugas akademik. Penelitian ini bertujuan untuk mengungkap bagaimana mahasiswa memanfaatkan ChatGPT dalam mendukung kinerja akademik mereka, serta dampak positif dan negatif yang ditimbulkannya. Dengan menggunakan pendekatan kualitatif dan metode fenomenologi, data dikumpulkan melalui wawancara mendalam terhadap sejumlah mahasiswa pengguna aktif ChatGPT, kemudian dianalisis secara tematik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ChatGPT digunakan untuk menyusun tugas kuliah, mencari referensi, memahami materi yang kompleks, dan mempercepat proses belajar. Mahasiswa merasa terbantu dalam meningkatkan efisiensi belajar dan kualitas tulisan akademik. Namun, ditemukan pula kekhawatiran terhadap ketergantungan berlebih yang dapat menurunkan kemampuan berpikir kritis dan kemandirian belajar. Mahasiswa menyadari perlunya kontrol diri dan literasi digital agar pemanfaatan teknologi ini tetap mendukung proses akademik secara etis. Penelitian ini menyimpulkan bahwa ChatGPT memiliki potensi besar dalam meningkatkan kinerja akademik mahasiswa apabila digunakan secara bijak, proporsional, dan disertai dukungan serta kebijakan dari institusi pendidikan untuk menjaga integritas dan kualitas pembelajaran.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Baidoo-Anu, D., & Owusu Ansah, L. (2023). Education in the Era of Generative Artificial Intelligence (AI): Understanding the Potential Benefits of ChatGPT in Promoting Teaching and Learning (SSRN Scholarly Paper No. 4337484). Social Science Research Network. https://doi.org/10.2139/ssrn.4337484

Budi Susilo & Tri Widayanti. (2024). Kecerdasan Buatan: Plagiarisme dan Perilaku Mandiri Siswa Sekolah Menengah Atas Dalam Penggunaan ChatGPT. SABER : Jurnal Teknik Informatika, Sains dan Ilmu Komunikasi, 2(3), 341–352. https://doi.org/10.59841/saber.v2i3.1526

Fitri, A. Z., & Haryanti, N. (2020). Metodologi Penelitian Pendidikan. Madani Media.

Hamu, F. J., Wea, D., & Setiyaningtiyas, N. (2023). Faktor-Faktor yang Memperngaruhi Kinerja Akademik Mahasiswa: Analisis Structural Equation Model. Jurnal Paedagogy, 10(1), 175–186. https://doi.org/10.33394/jp.v10i1.6473

Harmaji, L., Asaury, A. S., Wijana, M., & Habiby, M. E. (2024). Segmentasi Kinerja Akademik Mahasiswa Menggunakan Algoritma K-Means. Jurnal Accounting Information System (AIMS), 7(2), Article 2. https://doi.org/10.32627/aims.v7i2.1092

Hergenhahn, B. R., & Olson, M. H. (2017). Theories of Learning (7 ed.). K E N C A N A.

Huda, K., & Djono, D. (2025). Mengintegrasikan Teori Pembelajaran Bermakna dan Konstruktivisme dalam Pembelajaran Sejarah di Era Digital. Jurnal Artefak, 12(1), 137–146. https://doi.org/10.25157/ja.v12i1.18462

Ishaq, I. (2024). Membangun Kemandirian Belajar Mahasiswa Melalui Pendekatan Heutagogy dalam Mata Kuliah Teori Belajar dan Pembelajaran Membangun Kemandirian Belajar Mahasiswa Melalui Pendekatan Heutagogy dalam Mata Kuliah Teori Belajar dan Pembelajaran. Jurnal Riset dan Inovasi Pembelajaran, 4(3), 2339–2350. https://doi.org/10.51574/jrip.v4i3.2756

Jo, H. (2024). From concerns to benefits: A comprehensive study of ChatGPT usage in education. International Journal of Educational Technology in Higher Education, 21(1), 35. https://doi.org/10.1186/s41239-024-00471-4

Li, Z., Wang, C., & Bonk, C. (2024). Exploring the Utility of ChatGPT for Self-directed Online Language Learning. Online Learning, 28(3). https://doi.org/10.24059/olj.v28i3.4497

Liao, J., Zhong, L., Zhe, L., Xu, H., Liu, M., & Xie, T. (2024). Scaffolding Computational Thinking With ChatGPT. IEEE Transactions on Learning Technologies, 17, 1628–1642. https://doi.org/10.1109/TLT.2024.3392896

Maulana, M. S., Nurmalasari, Widianto, S. R., Safitri, S. D. A., & Maulana, R. (2023). PELATIHAN CHAT GPT SEBAGAI ALAT PEMBELAJARAN BERBASIS ARTIFICIAL INTELLIGENCE DI KELAS. Jurnal Penelitian Dan Pengabdian Masyarakat Jotika, 3(1), Article 1. https://doi.org/10.56445/jppmj.v3i1.103

Nugroho, S. S., & Jaryanto, J. (2024). Pengaruh Kontrol Diri dan Efikasi Diri terhadap Prokrastinasi Akademik Mahasiswa. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Indonesia (JPPI), 4(4), Article 4. https://doi.org/10.53299/jppi.v4i4.744

Nurhayati, E., Suyanto, S., Sodiq, S., & Roni, R. (2024). Literasi Digital dalam Penulisan Karya Tulis Ilmiah Pada Mahasiswa. BELAJAR BAHASA: Jurnal Ilmiah Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 9(2), 226–236. https://doi.org/10.32528/bb.v9i2.2856

Padmasari, A. C., Sutianah, C., & Prana, I. S. (2024). Pendampingan Rebranding Produk TEFA Berbantuan Augmented Reality sebagai Optimasi Kompetensi Technological Pedagogical Content Knowledge (TPACK) Guru SMKN 1 Majalaya. Jurnal Pendidikan Vokasi Raflesia, 4(2), Article 2. https://doi.org/10.53494/jpvr.v4i2.511

Patty, J., Lekatompessy, J., & Lekatompessy, F. M. (2025). IMPLEMENTASI CHATGPT SEBAGAI ALAT BANTU PENGEMBANGAN PROFESIONALISME GURU DI SMA NEGERI 13 MALUKU BARAT DAYA. Jurnal Abdi Insani, 12(1), 263–272. https://doi.org/10.29303/abdiinsani.v12i1.2199

Ramadhani, A., & Winarno, A. (2025). Transformasi Pembelajaran Dengan Teknologi: Analisis Kritis Dari Lensa Teori Post-Positivisme, Kritis, Dan Konstruktivisme. Akhlak : Jurnal Pendidikan Agama Islam Dan Filsafat, 2(1), 312–323. https://doi.org/10.61132/akhlak.v2i1.399

Sallam, M. (2023). ChatGPT Utility in Healthcare Education, Research, and Practice: Systematic Review on the Promising Perspectives and Valid Concerns. Healthcare, 11(6), Article 6. https://doi.org/10.3390/healthcare11060887

Sestiani, R. A., Septiana, A. C., Setiawan, X. P. P., & Muhid, A. (2022). Edukasi Literasi Digital untuk Meningkatkan Self Regulated Learning pada Mahasiswa. Philanthropy: Journal of Psychology, 6(2), Article 2. https://doi.org/10.26623/philanthropy.v6i2.5299

Shafwan, M. H. (2021). KONSEP AL-QUR’AN TENTANG KECERDASAN EMOSIONAL DAN IMPLIKASINYA DALAM PENDIDIKAN ISLAM (Studi Analisis Tematik Surat Luqman Ayat 12-19). Jurnal Staika: Jurnal Penelitian dan Pendidikan, 4(2), Article 2. https://doi.org/10.62750/staika.v4i2.45

Suwandayani, B. I., Kuncahyono, & Anggraini, A. I. (2021). POLA IMPLEMENTASI TEORI KONSTRUKTIVISME PADA PEMBELAJARAN TATAP MUKA TERBATAS DI SEKOLAH DASAR. Taman Cendekia: Jurnal Pendidikan Ke-SD-an, 5(2), 609–618. https://doi.org/10.30738/tc.v5i2.11472

Timbang, M., & Ambotang, A. S. (2020). Pengaruh Inovasi Teknologi, Peranan Pentadbir dan Kesediaan Guru Terhadap Profesionalisme Keguruan Sekolah Luar Bandar di Sabah. Malaysian Journal of Social Sciences and Humanities (MJSSH), 5(2), 96–106. https://doi.org/10.47405/mjssh.v5i2.369

Tyasmaning, E. (2024). Manajemen Pendidikan Islam Melalui Integrasi Nilai Spiritual dalam Kinerja Akademik Mahasiswa di Institut Agama Islam Sunan Kalijogo Malang. Akademika: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 6(2), Article 2. https://doi.org/10.51339/akademika.v6i2.3146

Viorennita, A., Dewi, L., & Riyana, C. (2023). The Role of ChatGPT AI in Student Learning Experience. Indonesian Journal of Multidiciplinary Research, 3(2), Article 2. https://doi.org/10.17509/ijomr.v3i2.60882

Wahyuningtyas, N., Widiantari, O. J. A., & Parihady, A. F. (2024). Pemberdayaan Masyarakat Melalui Peningkatan Pengertian dan Pemahaman Artificial Inteligent (AI) Bagi Tim Penggerak PKK RT 7 Wilayah Gunung Anyar Tambak. SWARNA: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(7), Article 7. https://doi.org/10.55681/swarna.v3i7.1437

Downloads

Published

19-06-2025

How to Cite

PEMANFAATAN CHATGPT DALAM MENDUKUNG KINERJA AKADEMIK MAHASISWA. (2025). Jurnal Riset Multidisiplin Edukasi, 2(6), 479-493. https://doi.org/10.71282/jurmie.v2i6.506

Similar Articles

1-10 of 46

You may also start an advanced similarity search for this article.