PEMBELAJARAN BERDIFERENSIASI MODEL ASSURE PADA PEMBELAJARAN SEJARAH KEBUDAYAAN ISLAM ANAK BERKESULITAN BELAJAR SPESIFIK

Authors

  • Rofiqa Zulfa Salsabila UIN Antasari Banjarmasin, Kalimantan Selatan, Indonesia Author
  • M. Ramli UIN Antasari Banjarmasin, Kalimantan Selatan, Indonesia Author

DOI:

https://doi.org/10.71282/jurmie.v2i6.546

Keywords:

Pembelajaran Berdiferensiasi, Model ASSURE, SKI, anak berkesulitan belajar spesifik

Abstract

Kesulitan belajar dalam mata pelajaran SKI dapat disebabkan oleh berbagai faktor, seperti disleksia, ADHD, atau ketidakmampuan dalam memahami konsep-konsep yang memerlukan pemikiran kritis dan analitis. Penelitian ini mengadopsi  pendekatan  kualitatif  dengan  menggunakan  metode studi  literatur. Model ASSURE menyediakan kerangka kerja sistematis untuk menganalisis kebutuhan siswa, mendukung praktik pembelajaran berdiferensiasi. Penerapan metode multisensori, pembelajaran kooperatif, dan penggunaan alat bantu seperti peta sejarah, video, dan kegiatan interaktif dapat membantu siswa, terutama yang memiliki kesulitan belajar. Suasana kelas yang inklusif dan kegiatan seperti diskusi kelompok, presentasi, dan role-play dapat memfasilitasi keterlibatan aktif semua siswa dalam pembelajaran SKI. Model ASSURE memberikan solusi praktis untuk mengatasi tantangan pada anak SLD dengan fokus pada penilaian awal, perencanaan materi yang kreatif, pilihan media yang tepat, lingkungan kelas yang inklusif, dan evaluasi yang fleksibel. Disarankan bagi peneliti selanjutnya peneliti selanjutnya untuk meneliti lebih dalam menggunakan metode field research.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ahyar, Dasep Bayu, Paulus Robert Tuerah, and Ulfah Irani. Desain Sistem Pembelajaran. Deli Serdang Sumatera Utara: PT. Mifandi Mandiri Digital, 2023.

Arumsari, Asri, and Rahmi Susanti. “Pembelajaran Berdiferensiasi Dalam Keragaman Peserta Didik Terhadap Pemenuhan Target Kurikulum.” Guruku: Jurnal Pendidikan Profesi Guru 2, no. 1 (2023). http://jurnal.radenfatah.ac.id/index.php/guruku/index.

Audiza Assyifa, Ramila. “Strategi Pembelajaran Berdiferensiasi Dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Matematika Siswa SD Usia 10 Tahun.” Jurnal MIPA Dan Pembelajarannya 3, no. 9 (2023). https://doi.org/10.17977/um067.v3.i9.2023.5.

Danny Soesilo, Tritjahjo, Firosalia Kristin, and Yustinus Windrawanto. “Pelaksanaan Diagnostik Kesulitan Belajar Peserta Didik Oleh Guru SD Di Kota Salatiga.” Scholaria: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan 14, no. 01 (January 25, 2024): 59–67. https://doi.org/10.24246/j.js.2024.v14.i01.p59-67.

Dian Mustika, Eva, Adhisa Irza Zairovy, and Fauziah Nurrokhimah. “Penerapan Model Pembelajaran Assure Melalui Media Digital Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Dalam Pembelajaran Sejarah.” Mutiara: Multidiciplinary Scientifict Journal 2, no. 7 (July 25, 2024): 652–60. https://doi.org/10.57185/mutiara.v2i7.222.

Dorothea Titu. “Peningkatan Kompetensi Guru Dalam Menyusun Tujuan Pembelajaran Dan Alur Tujuan Pembelajaran Melalui Pendekatan Supervisi Akademik Kepala Sekolah Di SMPN Satu Atap 3 Jerebuu.” Jurnal Sadewa : Publikasi Ilmu Pendidikan, Pembelajaran Dan Ilmu Sosial 3, no. 1 (December 27, 2024): 266–303. https://doi.org/10.61132/sadewa.v3i1.1513.

Fitriyah, Fitriyah, and Moh Bisri. “Pembelajaran Berdiferensiasi Berdasarkan Keragaman Dan Keunikan Siswa Sekolah Dasar.” Jurnal Review Pendidikan Dasar : Jurnal Kajian Pendidikan Dan Hasil Penelitian 9, no. 2 (July 11, 2023): 67–73. https://doi.org/10.26740/jrpd.v9n2.p67-73.

Fuadiy, M. Rizal. “Evaluasi Pembelajaran Sebagai Sebuah Studi Literatur.” DIMAR: Jurnal Pendidikan Islam 3, no. 1 (December 1, 2021): 173–97. https://doi.org/10.58577/dimar.v3i1.83.

Hadi, Samsul, K. Ima Ismara, and Effendie Tanumihardja. “Pengembangan Sistem Tes Diagnostik Kesulitan Belajar Kompetensi Dasar Kejuruan Siswa SMK.” Jurnal Penelitian Dan Evaluasi Pendidikan 19, no. 2 (October 1, 2015): 168–75. https://doi.org/10.21831/pep.v19i2.5577.

Hanifah, Diva Salma, Annasjla Byandra Haer, Saraswati Widuri, and Meilanny Budiarti Santoso. “Tantangan Anak Berkebutuhan Khusus (ABK) Dalam Menjalani Pendidikan Inklusi Di Tingkat Sekolah Dasar.” Jurnal Penelitian Dan Pengabdian Kepada Masyarakat (JPPM) 2, no. 3 (January 31, 2022): 473. https://doi.org/10.24198/jppm.v2i3.37833.

Haryanto. “Model Penanganan Anak Berkesulitan Belajar Spesilik Karena Faktor Dislungsi Minimal Otak (DMO) Di Sekolah Dasar.” Cak.Rawala Pendidikan XXII, no. 3 (November 2023). https://journal.uny.ac.id/index.php/cp/article/viewFile/7425/pdf.

Ilhami, M. Arya Hilal Ridho, Maya Rosydiana Luthfiah, Muhammad Efendi Ilyas, and Kaniati Amalia. “Implementasi Evaluasi Program Pendidikan Yang Holistik Dan Berkelanjutan Untuk Memastikan Kualitas Pendidikan Yang Optimal.” TSAQOFAH 4, no. 4 (June 4, 2024): 3024–38. https://doi.org/10.58578/tsaqofah.v4i4.3123.

Iman, Mujhirul. DIAGNOSIS KESULITAN BELAJAR. Malang: PT. Literasi Nusantara Abadi Grup, 2024.

Inayah, Ayu, Rasiman Rasiman, and Sumarno Sumarno. “Implementasi Pembelajaran Berdiferensiasi Terhadap Mutu Sekolah DI SDN Karangjati 02 Kecamatan Bergas Kabupaten Semarang.” Jurnal LOCUS:Penelitian & Pengabdian 3, no. 8 (2024). https://locus.rivierapublishing.id/index.php/jl/article/view/3074/640.

Iskandar, Rozi, and Farida F. “Implementasi Model ASSURE Untuk Mengembangkan Desain Pembelajaran Di Sekolah Dasar.” Jurnal Basicedu 4, no. 4 (August 16, 2020): 1052–65. https://doi.org/10.31004/basicedu.v4i4.468.

Ngaisah, Nur Cahyati, * Munawarah, and Reza Aulia. “Perkembangan Pembelajaran Berdiferensiasi Dalam Kurikulum Merdeka Pada Pendidikan Anak Usia Dini.” Bunayya : Jurnal Pendidikan Anak 9, no. 1 (January 31, 2023): 1. https://doi.org/10.22373/bunayya.v9i1.16890.

Nuraini, Nuraini. “Pelaksanaan Metode Pengajaran Variatif Pada Pembelajaran Fiqih Di Madrasah Tsanawiyah Negeri 3 Mendahara.” Jurnal Literasiologi 6, no. 2 (July 1, 2021). https://doi.org/10.47783/literasiologi.v6i2.257.

Pradana, Muhammad Fernanda Adi, Azizatuz Zahro, and Didin Widyartono. “Desain Pembelajaran Model ASSURE Dalam Pembelajaran Menulis Kreatif Berbasis Media Plotagon Di Era Merdeka Belajar.” Alinea: Jurnal Bahasa, Sastra, Dan Pengajaran 12, no. 1 (April 27, 2023): 13. https://doi.org/10.35194/alinea.v12i1.2852.

Primasari, Ika Firma Ningsih Dian, and Asep Supena. “Meningkatkan Kemampuan Membaca Siswa Disleksia Dengan Metode Multisensori Di Sekolah Dasar.” Jurnal Basicedu 5, no. 4 (June 16, 2021): 1799–1808. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i4.1055.

Purba, Mariati, Nina Purnamasari, Sylvia Soetantyo, Irma Rahma Suwarma, and Elisabet Indah Susanti. Naskah Akademik Prinsip Pengembangan Pembelajaran Berdiferensiasi (Differentiated Instruction) Pada Kurikulum Fleksibel Sebagai Wujud Merdeka Belajar. 1st ed. Jakarta: Pusat Kurikulum dan Pembelajaran, Badan Standar, Kurikulum, dan Asesmen Pendidikan, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi, Republik Indonesia, 2021.

Putri, Deby Amelia, M Rafi Nurlyan, Berliana Cahya Tharistya, Rosita Dwi Utami, Kharisma Suci Wulandari, Lailatul Nuraini, and Bambang Supriadi. “Analisis Gaya Belajar Siswa SMA/MA/AMK Di Wilayah Mataraman Jawa Timur.” EDUKATIF : JURNAL ILMU PENDIDIKAN 3, no. 5 (July 13, 2021): 2607–19. https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i5.678.

Rahim, Abdul. “Pendidikan Inklusif Sebagai Strategi Dalam Mewujudkan Pendidikan Untuk Semua.” Trihayu: Jurnal Pendidikan Ke-SD-An 3, no. 1 (September 2016). https://doi.org/10.30738/trihayu.v3i1.819.

Rasidi, Tessa Qoriah. “Implementasi Desain Pembelajaran Assure Model Pada Mata Pelajaran Pai Dengan Materi Sejarah Perkembangan Ilmu Pengetahuan Umayyah Dan Abbasiyah.” Atthulab: Islamic Religion Teaching and Learning Journal 1, no. 2 (February 25, 2019): 209–23. https://doi.org/10.15575/ath.v1i2.2953.

Saputra, Nanda, Jasiah Jasiah, and Eko Purwanti. “Penerapan Model Pembelajaran Assure Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas IV Sekolah Dasar.” In Prosiding Seminar Nasional Pengabdian Kepada Masyarakat. Semarang, 2020.

Syahril. “Pengembangan Desain Model Assure Pada Pembelajaran IPS SD/MI.” Jurnal Tarbiyah Al-Awlad VIII, no. 1 (2018). https://doi.org/10.15548/alawlad.v8i1.1592.

Wahyuhastufi, Arfela. “Identifikasi Hambatan-Hambatan Guru Dalam Pembelajaran Di Kelas Iii A Sekolah Inklusi Sdn Giwangan Yogyakarta.” Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar 2, no. 5 (2016). https://journal.student.uny.ac.id/index.php/pgsd/article/view/408.

Wibowo, Nugroho. “Upaya Peningkatan Keaktifan Siswa Melalui Pembelajaran Berdasarkan Gaya Belajar Di SMK Negeri 1 Saptosari.” Elinvo (Electronics, Informatics, and Vocational Education) 1, no. 2 (May 15, 2016): 128–39. https://doi.org/10.21831/elinvo.v1i2.10621.

Wijaya, Ellen. “Identifikasi Dan Intervensi Gangguan Belajar Spesifik Pada Anak.” Damianus Journal of Medicine 19, no. 1 (2020): 70–79.

Downloads

Published

24-06-2025

How to Cite

PEMBELAJARAN BERDIFERENSIASI MODEL ASSURE PADA PEMBELAJARAN SEJARAH KEBUDAYAAN ISLAM ANAK BERKESULITAN BELAJAR SPESIFIK. (2025). Jurnal Riset Multidisiplin Edukasi, 2(6), 701-718. https://doi.org/10.71282/jurmie.v2i6.546

Similar Articles

1-10 of 72

You may also start an advanced similarity search for this article.