PENGARUH MODEL PROJECT BASED LEARNING BERBANTUAN MEDIA SMART BOX TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF IPAS PESERTA DIDIK DI KELAS V SEKOLAH DASAR
DOI:
https://doi.org/10.71282/jurmie.v2i6.526Keywords:
Model Project Based Learning, Media Smart Box , Berpikir Kreatif IPASAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model Project based learning berbantuan media Smart Box terhadap kemampuan berpikir kreatif IPAS Peserta Didik di Kelas V di Sekolah Dasar. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan desain penelitian yaitu quasi experimental design. Teknik pengumpulan data melalui Pretest dan Posttest. Sampel dalam penelitian yang digunakan adalah kelas V. Penelitian dilakukan karena kemampuan berpikir kreatif IPAS peserta didik masih rendah. Peneliti menggunakan uji Independent Sample T-test untuk melihat pengaruhnya. Hasil uji Independent Sample T-test yaitu 0.002 < 0.05 dan hasil pada uji effect size memperoleh nilai sebesar 1.13 yang berkategori besar, artinya terdapat pengaruh secara signifikan terhadap kemampuan berpikir kreatif IPAS peserta didik, sesuai dengan pengambilan keputusan bahwa Ho ditolak dan Ha diterima. Sehingga, terdapat pengaruh yang signifikan dan berpengaruh besar terhadap model Project based learning Berbantuan Media Smart Box Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif IPAS Peserta Didik di kelas V Sekolah Dasar.
Downloads
References
Ayu Andraini, M., & Hayun, M. (2024a). Pengaruh Model Project Based Learning (PjBl) Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Pada Pembelajaran IPAS Siswa Kelas V SD. Jurnal Guru Sekolah Dasar, 1(4), 52–59. https://doi.org/10.70277/jgsd.v1i4.6
Ayu Andraini, M., & Hayun, M. (2024b). Pengaruh Model Project Based Learning (PjBl) Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Pada Pembelajaran IPAS Siswa Kelas V SD. Jurnal Guru Sekolah Dasar, 1(4), 52–59. https://doi.org/10.70277/jgsd.v1i4.6
Furqon Al Hadiq Muhamad, Mas Ramadhan Gilang, & Rahayu Devi Sri. (2022). Pengaruh Model Project-Based Learning Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa SD. Journal of Elementary Education, 05, 3.
Hardani, Auliah Nur Hikmatul, Andriani Helmina, & dkk. (2020). Buku Metode Penelitian Kualitatif & Kuantitatif (A. Md. ,A. K. Abadi Husnu, Ed.; 1st ed.). CV. Pustaka Ilmu Group Yogyakarta. https://www.researchgate.net/publication/340021548
Jumanto, & Adi Yogi Kuncoro. (2022). Profil Kemampuan Berpikir Kreatif Peserta Didik Kelas VI Ditinjau dari Prestasi Akademik. Jurnal Sinektik, 5(2620–6560), 82–87. https://doi.org/10.33061/js.v3i2.7533
Maulidah Nur, N., Lubis, H. A., Amalia Yulia, & dkk. (2021). Analisis Kemampuan Berpikir Kreatif pada Pembelajaran Matematika dengan Menerapkan Model Drill. Edu Society: Jurnal Pendidikan, Ilmu Sosial, Dan Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(3), 369–378.
Mulyawati Yuli, & Purnomo Heru. (2021). Pentingnya Keterampilan Guru Untuk Menciptakan Pembelajaran Yang Menyenangkan. Elementa: Jurnal PGSD STKIP PGRI Banjarmasin, 3(2), 25–32. https://doi.org/10.33654/pgsd
Nopiani, S., Purnamasari, I., Nuvitalia, D., & Rahmawati, A. (2023). Kompetensi 4C Dalam Implementasi Kurikulum Merdeka di Kelas IV Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah PGSD FKIP Universitas Mandiri, 09(02), 5202–5210.
Nurhayati, I., Pramono, K. S. E., & Farida, A. (2024). Keterampilan 4C (Critical Thinking, Creativity, Communication And Collaboration) dalam Pembelajaran IPS untuk Menjawab Tantangan Abad 21. Jurnal Basicedu, 8(1), 44–53. https://doi.org/10.31004/basicedu.v8i1.6842
Safitri, R. A., & Wulandari, F. (2023). Pengaruh Model Project Based Learning terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa Sekolah Dasar. Emergent: Journal of Educational Discoveries and Lifelong Learning, 2(1), 1–11. https://doi.org/10.47134/emergent.v2i1
Sajidah, A. P., & Amelia, C. (2024). Pengaruh Model Pembelajaran Project Based Learning Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa di Sekolah Dasar. Didaktika: Jurnal Kependidikan, 13(4), 4983–4990. https://jurnaldidaktika.org
Saofah, T., Uswatun, D. A., & Sutisnawati, A. (2024). Pengembangan Media Smart Box berbasis Science Environment Technology Society (SETS) dalam Pembelajaran IPA Sekolah Dasar. Ideguru: Jurnal Karya Ilmiah Guru, 10(1), 357–365. https://doi.org/10.51169/ideguru.v10i1.1301
Wanggi, S. L., Santoso, D., & Lestari, T. A. (2023). Pengaruh Model Pembelajaran Project Based Learning Terintegrasi Etnosains Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa Pada Mata Pelajaran IPA Kelas VII di SMPN 2 Pujut. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 8(4), 1920–1926. https://doi.org/10.29303/jipp.v8i4.1660
Yamin, M., & Syahrir. (2020). Pembangunan Pendidikan Merdeka belajar (Telaah Metode Pembelajaran). Jurnal Ilmiah Mandala Education, 6(1), 126–136. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.58258/jime.v6i1.1121
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Syifa Annisa, Dadang Iskandar, Nurul Fazriyah (Author)

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.