Pengaruh Model Project Based Learning Berbantuan Media Video Youtube Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Dalam Mata Pelajaran Ipas Kelas Iii Sekolah Dasar
DOI:
https://doi.org/10.71282/jurmie.v2i7.730Keywords:
Project-Based Learning (PjBL), Media Video YouTube, Hasil Belajar, IPAS, Sekolah DasarAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh model Project-Based Learning (PjBL) berbantuan media video YouTube terhadap hasil belajar IPAS pada peserta didik kelas III SD. Studi tersebut dilatarbelakangi hasil belajar IPAS yang rendah pada peserta didik kelas III di SDN Ciluncat 01 Kabupaten Bandung, tahun ajaran 2024/2025. Hasil penelitian menunjukkan bahwa PjBL berbantuan media video YouTube terbukti jauh lebih efektif dalam meningkatkan antusiasme dan hasil belajar IPAS dibandingkan model direct instruction. Kelas eksperimen menunjukkan peningkatan signifikan dalam partisipasi, kecepatan penyelesaian tugas, dan hasil belajar, didukung oleh pengalaman belajar baru dari video YouTube. Sebaliknya, kelas kontrol kurang termotivasi dan pasif. Peningkatan hasil belajar IPAS kelas eksperimen cenderung tinggi (N-Gain 0,8091, kategori tinggi) dibanding kelas kontrol (N-Gain 0,6607, kategori sedang). Uji effect size sebesar 1,747 mengindikasikan pengaruh besar PjBL berbantuan video YouTube terhadap hasil belajar IPAS. Temuan ini diperkuat penelitian sebelumnya mengenai efektivitas YouTube dan PjBL dalam meningkatkan partisipasi, antusiasme, dan keterampilan esensial melalui proyek nyata. Disimpulkan bahwa model PjBL yang didukung media video YouTube secara signifikan membuat peningkatan hasil belajar peserta didik. Inovasi pendekatan dan media pembelajaran ini penting untuk menciptakan lingkungan belajar yang dinamis dan mendorong prestasi. Disarankan peserta didik proaktif memanfaatkan media digital, guru terus mengintegrasikan PjBL dengan media digital, dan peneliti selanjutnya mengkaji dampak jangka panjang model ini serta faktor-faktor keberhasilannya.
Downloads
References
Abubakar, HRI (2021). Pengantar metodologi penelitian . SUKA-Press UIN Sunan Kalijaga.
Achdiyat, M., & Utomo, R. (2018). kemampuan numerik, dan prestasi belajar matematika. Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 7(3).
Aldin, A., Sukmawati, S., & Muhammad, M. (2023). Penggunaan YouTube dalam media pembelajaran. Bintang: Jurnal Pendidikan dan Sains, 5(3), 12-19.
Almulla, MA (2020). Efektivitas pendekatan pembelajaran berbasis proyek (PBL) sebagai cara untuk melibatkan siswa dalam pembelajaran. Sage Open , 10 (3), 2158244020938702.
Altaftazani, D. H., Arga, H. S. P., Kelana, J. B., & Ruqoyyah, S. (2020). Analisis pembelajaran daring membuat seni kolase menggunakan model project based learning pada masa pandemi covid 19. P2M STKIP Siliwangi, 7(2), 185-191.
Andrian, D., et al. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Terhadap Hasil Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan, 21(2), 65-75.
Anggraini, F. D., Aprianti, V. A. V., & Hartanto, A. A. (2022). Pembelajaran Statistika Menggunakan Software SPSS untuk Uji Validitas dan Reliabilitas.
Apriany, W. A., Winarni, E. W., & Muktadir, A. M. (2020). Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Project Based Learning (PJBL) terhadap Hasil Belajar Kognitif Siswa pada Mata Pelajaran IPA di Kelas V SD Negeri 5 Kota Bengkulu. Jurnal Pembelajaran Dan Pengajaran Pendidikan Dasar, 3(2), 88–97. https://doi.org/10.33369/dikdas.v3i2.12308
Arikunto, S. (2013). Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.
Ariyanto, M. (2016). Peningkatan Hasil Belajar IPA Materi Kenampakan Rupa Bumi Menggunakan Model Scramble. Profesi Pendidikan Dasar, 3(2), 134-140.
Arsyad, A. (2017). Media Pembelajaran. Jakarta: Rajagrafindo Persada
Azis, TN (2019, Desember). Strategi pembelajaran era digital. Dalam Konferensi Tahunan Pendidikan Islam dan Ilmu Sosial (Vol. 1, No. 2, hlm. 308-318).
Damayanti, A. (2022). Faktor-faktor yang mempengaruhi hasil belajar peserta didik mata pelajaran ekonomi kelas x sma negeri 2 tulang bawang tengah. In Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Ekonomi (Vol. 1, No. 1, pp. 99-108).
Daniyati, A., Saputri, IB, Wijaya, R., Septiyani, SA, & Setiawan, U. (2023). Konsep dasar media pembelajaran. Jurnal Penelitian Mahasiswa , 1 (1), 282-294.
Devi, SK, Ismanto, B., & Kristin, F. (2019). Peningkatan kemandirian dan hasil belajar tematik melalui pembelajaran berbasis proyek. Jurnal Riset Teknologi dan Inovasi Pendidikan (JARTIKA) , 2 (1), 55-65.
Dwanda Putra, A., et al. (2023). Analisis Penggunaan Media Video YouTube dalam Meningkatkan Minat Belajar Pendidikan Pancasila Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Tambusai, 8(2), 29342-2934.
Elisabet, E., Relmasira, S. C., & Hardini, A. T. A. (2019). Meningkatkan motivasi dan hasil belajar IPA dengan menggunakan model pembelajaran project based learning (PjBL). Journal of Education Action Research, 3(3), 285-291.
Erik Fahron Setiadi, Alia Azmi, & Junaidi Indrawadi. (2019). Youtube Sebagai Sumber Belajar Generasi Milenial.
Fahrezi, I., & Taufiq, M. (2020). Meta-analisis pengaruh model pembelajaran project based learning terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA sekolah dasar. Jurnal Ilmiah Pendidikan Profesi Guru , 3 (3), 408-415.
Faulhah, F., & Rosy, B. S. (2021). Evaluasi Pembelajaran: Teori dan Praktik. Surabaya: CV. Jakad Media Publishing.
Gunawan, B., & Hardini, AAT (2018). Penerapan model pembelajaran project based learning untuk meningkatkan hasil belajar IPA dan kemampuan berpikir kreatif siswa kelas V SD. JTIEE (Jurnal Pengajaran di Pendidikan Hamna, A., & BK, R. (2020). Analisis Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran IPA. Jurnal Ilmiah Pendidikan, 8(1), 45-52.
Hamna, & Windar. (2022). Implementasi Pendidikan Karakter di Sekolah Dasar Melalui Penguatan Pelaksanaan Kurikulum 2013 di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Pendekar PGSD: Pengembangan Pendidikan Dan Pembelajaran Sekolah Dasar, 1(1), 1–12.
Hamna, & Windar. (2022). Implementasi Pendidikan Karakter di Sekolah Dasar Melalui Penguatan Pelaksanaan Kurikulum 2013 di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Pendekar PGSD: Pengembangan Pendidikan Dan Pembelajaran Sekolah Dasar, 1(1), 1–12.
Handayani, D. (2020). Pemanfaatan YouTube Pada Saat pandemi Covid-19 Untuk Media Pembelajaran Bahasa Inggris Dalam Meningkatan Vocabulary Dan Pemahaman Siswa. Pendidikan, 2(2579-4035), 4.
Handayani, D. (2020). Pemanfaatan Youtube Pada Saat Pandemi Covid 19 Untuk Media Pembelajaran Bahasa Inggris Dalam Meningkatkan Vocabulary Dan Pemahaman Siswa. JUPENDIK: JURNAL PENDIDIKAN, 4(2), 12–18.
Handayani, N. Penggunaan Media Youtube Film Berubah dalam Keterampilan Menulis Teks Ulasan Siswa Kelas VIII SMP Kebangsaan Kota Tangerang Selatan Tahun Pelajaran 2021/2022 (Skripsi).
Hayaturraiyan, H., & Harahap, A. (2022). Strategi Pembelajaran Di Pendidikan Dasar Kewarganegaraan Melalui Metode Active Learning Tipe Quiz Team. Dirasatul Ibtidaiyah , 2 (1), 108-122.
Herlambang, B. A. (2021). Tantangan Pendidikan Dasar dalam Membangun Dasar Pengetahuan dan Keterampilan Esensial. Jurnal Basicedu, 5(10), 4319–4327.
Herman, H., Rahim, A. R., & Syamsuri, A. S. (2021). Analisis Instrumen Tes Hasil Belajar Berbasis Higher Order Thinking Skill (Hots). Jurnal Riset Dan Inovasi Pembelajaran, 1(3), 88–101.
Hidayati, NI, Hidayat, MT, Kasiyun, S., & Rahayu, DW (2021). Pengaruh aplikasi YouTube sebagai media pembelajaran yang berani untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada materi ekosistem di sekolah dasar. Jurnal Basicedu , 5 (5), 4085-4092.
Jusmaniar, W. O. N. A., Genggong, M. S., & Kamil, S. U. R. (2022). Pengunaan youtube sebagai media pembelajaran. Jurnal Literasi Perpustakaan dan Informasi UHO, 2(1), 32-43.
Kelana, J. B., & Pratama, D. F. (2019). Bahan ajar IPA berbasis literasi sains. Bandung: Lekkas.
Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi. (2022). Permendikbud Ristek Nomor 008/H/KR/2022 tentang Capaian Pembelajaran pada Pendidikan Anak Usia Dini, Jenjang Pendidikan Dasar, dan Jenjang Pendidikan Menengah. Jakarta: Kemdikbud Ristek.
keterampilan anak usia dini . Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 2 (2), 183 - 193
keterampilan anak usia dini . Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 2 (2), 183 - 193
Kusumaningrum, Hening, Unik Hanifah Salsabila, Nanik Rahmanti, Istiani Nur Kasanah, and Dian Sidik Kurniawan. “Optimalisasi Media Youtube Sebagai Media Pembelajaran Daring.” SALIHA : Jurnal Pendidikan Agama Islam 5 (2022): 92–114.
Lucas, G. (2005). Yayasan pendidikan George Lucas. Diperoleh pada tanggal 20 Maret 2005.
M. Ismail Alif, dkk. (2018). Fungsi dalam YouTube. Jakarta: Penerbit Media Edukasi.
Maisyarah, M., & Lena, M. S. (2023). Penerapan Model Project Based Learning (Pjbl) pada Pembelajaran Tematik Terpadu di Sekolah Dasar. E-Jurnal Inovasi Pembelajaran Sekolah Dasar, 10(3), 171-184.
Marlina, L., & Sholehun, S. (2021). ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI HASIL BELAJAR BAHASA INDONESIA PADA SISWA KELAS IV SD MUHAMMADIYAH MAJARAN KABUPATEN SORONG. FRASA: Jurnal Keilmuan, Bahasa, Sastra, Dan Pengajarannya, 2(1), 66–74. Retrieved from https://e-journal.unimudasorong.ac.id/index.php/jurnalfrasa/article/view/854Mazidah & Sartika. (2023).
Maulana, A. (2022). Analisis Validtas, Reliabilitas, dan Kelayakan Instrumen Penilaian Rasa Percaya Diri Siswa. Jurnal Kualita Pendidikan, 3(3), 133–139.
Mazidah, NR, & Sartika, SB (2023). Pengaruh Pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL) Terhadap Hasil Belajar Kognitif pada Mata Pelajaran IPA Kelas V di SDN Grabagan. Jurnal Papeda: Jurnal Publikasi Pendidikan Dasar , 5 (1), 9-16.
Mokambu, F. (2022, Januari). Pengaruh model project based learning terhadap kemampuan berpikir kreatif siswa pada pembelajaran ipa di kelas V SDN 4 Talaga Jaya. Dalam Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Dasar .
Mukhid, A. (2021). Metodologi Penelitian Pendekatan Kuantitatif. Surabaya: CV. Jakad Media Publishing.
Mulyani, DK (2022). Aplikasi Kinemaster sebagai MediaPembelajaran Daring pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam. Ar-Rusyd: Jurnal Pendidikan Agama Islam , 1 (1), 1-26.
Muslihin, H. Y., Loita, A., & Nurjanah, D. S. (2022). Instrumen Penelitian Tindakan Kelas untuk Peningkatan Motorik Halus Anak. Jurnal Paud Agapedia, 6(1), 99–106.
Nashrullah, M., Maharani, O., Rohman, A., Fahyuni, E. F., Nurdyansyah, & Untari, R. S. (2023). Metodologi Penelitian Pendidikan (Prosedur Penelitian, Subyek Penelitian, Dan Pengembangan Teknik Pengumpulan Data). UMSIDA Press.
Natty, R. A., Kristin, F., & Anugraheni, I. (2019). Peningkatkan kreativitas dan hasil belajar siswa melalui model pembelajaran project based learning di sekolah dasar. Jurnal basicedu, 3(4), 1082-1092.
Nisah, N., Widiyono, A., Milkhaturrohman, M., & Lailiyah, N. N. (2021). Keefektifan Model Project Based Learning Terhadap Peningkatan Hasil Belajar IPA di Sekolah Dasar. Pedagogi: Jurnal Penelitian Pendidikan, 8(2)
Niswara, R., Muhajir, M., & Untari, M. F. A. (2019). Pengaruh model project based learning terhadap high order thinking skill. Mimbar PGSD Undiksha, 7(2).
Nurhikmah, A., Madianti, H. P., Azzahra, P. A., & Marini, A. (2023). Pengembangan 756 JPDSH Jurnal Pendidikan Dasar Dan Sosial Humaniora Vol.2, No.6 April 2023, Media Pembelajaran Melalui Game Educandy untuk Meningkatkan Karakter Belajar Siswa di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dasar dan Sosial Humaniora Vol.2 No.3, 441.
Nurrahman, MN, Meisyaroh, S., Sagala, VS, & Marini, A. (2022). Keefektifan Media Pembelajaran dalam Bentuk Permainan Papan Pada Pembelajaran IPA di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dasar Dan Sosial Humaniora , 2 (2), 437-446.
Nurul'Azizah, A., & Wardani, NS (2019). Upaya peningkatan hasil belajar matematika melalui model project based learning siswa kelas V SD. Jurnal Riset Teknologi dan Inovasi Pendidikan (Jartika) , 2 (1), 194-204.
Oktavia, SA (2020). Model-model pembelajaran.
Paus, J. R., & Sumilat, J. M. (2021a). Assessment of Learning Outcomes in Online Learning Process. European Journal Of Humanities and Educational Advancement, 2(7), 75–77.
Permendikbud. (2014). Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 103 Tahun 2014 tentang Pembelajaran pada Pendidikan Dasar dan Menengah. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.Pitnelly dkk (2021)
Pitnelly, P., dkk. (2021). Metode Penelitian Eksperimen: Konsep dan Aplikasinya. Jakarta: Penerbit Ilmu Mandiri.
Poerwati, CE, & Cahaya, IME (2018). Aktivitas menggambar berbasis proyek dalam meningkatkan sosial emosional
Poerwati, CE, & Cahaya, IME (2018). Aktivitas menggambar berbasis proyek dalam meningkatkan sosial emosional keterampilan anak usia dini . Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 2 (2), 183 – 193.
Prasetyo, R. F., Apriyanto, N., & Fatra, F. (2020). Pengaruh Kelengkapan Alat dan Bahan Praktik Bengkel Otomotif Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Materi Transmisi. Journal of Vocational Education and Automotive Technology, 2(2), 134-141.
Purwanto. (2016). Evaluasi hasil belajar. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Rahmayati, GT, & Prastowo, A. (2023). Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam Dan Sosial Di Kelas IV Sekolah Dasar Dalam Kurikulum Merdeka. Jurnal Sekolah Dasar Pgsd Fip Unimed , 13 (1), 16-25.
Ramadhan, M. F., Siroj, R. A., & Afgani, M. W. (2024). Validitas and Reliabilitas. Journal on Education, 6(2), 10967–10975.
Reynata, A. V. E. (2022). Penerapan YouTube sebagai media baru dalam komunikasi massa. Komunikologi: Jurnal Ilmiah Ilmu Komunikasi, 19(2), 96-105.
Ricardo, R., & Meilani, D. (2017). Evaluasi Pembelajaran. Bandung: CV. Pustaka Setia.
Ridhoi, M. (2022). Analisis faktor-faktor yang mempengaruhi hasil belajar matematika siswa MTs Miftahul Ulum Pandanwangi. JURNAL e-DuMath , 8 (2), 118-128.
Rizki lestari ,dkk, pengembangan media berbasis video pada pembelajaran ipas materi permasalahan lingkungan di kelas V SD, jurnal ilmiah PGSD, (2023).
Rohimah, S. M. (2024). Statistika Penelitian Pendidikan (Analisis Manual dan IBM SPSS). Depok. Rajawali Pers.
Rosyid, A. (2019). Psikologi Pendidikan. Semarang: CV. Budi Utama.
Sajdah, C., Nurhidayati, N., & Sari, N. P. (2022). Media Pembelajaran: Konsep dan Implementasi. Bandung: CV. Widina Bhakti Persada Bandung.
Samosir, FT (2019). Efektifitas Pemanfaatan Youtube Melaui Video Online Sebagai Media Pembelajaran Oleh Mahasiswa (Studi Di Fakultas Fisip Universitas Bengkulu). Jurnal Rekam dan Perpustakaan, 4 (2), 81–91 .
Sari, S. P., Manzilatusifa, U., & Handoko, S. (2019). Penerapan Model Project Based Learning (PjBL) untuk meningkatkan kemampuan berfikir kreatif peserta didik. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Ekonomi Akuntansi, 119-131.
Sholekah, S. (2020). Penerapan Model Pembelajaran Project Based Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Pada Siswa Sekolah Dasar. Pinisi Journal of Education (PJE).
Siti Nuralan, S., Sari, N. P., & Rahmawati, R. (2022). Pengaruh Model Pembelajaran terhadap Hasil Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan, 10(2), 123-131.
Siti Nuralan, S., Sari, N. P., & Rahmawati, R. (2022). Pengaruh Model Pembelajaran terhadap Hasil Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan, 10(2), 123-131.
Sudijono, A. (2015). Pengantar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: RajaGrafindo Persada.
Sudjana. (2006). Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Sugiyono. (2022). Metode Penelitian Pendidikan: Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Sugiyono. (2023). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Yogyakarya. Alfabeta.
Sumarni, E., Rahmawati, S., & Hilman, C. (2023). Pembelajaran Berbasis Proyek dalam Membangun Ideologi Mahasiswa Pancasila. At-Tasyrih: jurnal pendidikan dan hukum Islam , 9 (2), 155-164.
Suprijono, A. (2021). Cooperative Learning: Teori & Aplikasi PAIKEM. Surabaya: Pustaka BelajarWahyuni, E., & Fitriana, F. (2021). Implementasi model pembelajaran project based learning (pjbl) dalam meningkatkan hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran pendidikan agama islam SMP Negeri 7 Kota Tangerang. Tadarus Tarbawy: Jurnal Kajian Islam dan Pendidikan , 3 (1).
Suryaman. (2021). YouTube sebagai media pembelajaran. Dalam Susanti, E. T. (Ed.), Pemanfaatan YouTube sebagai media pembelajaran audio visual (hlm. 16). Jakarta: Penerbit Edukasi.
Suryaningsih, A., & Koeswanti, HD (2021). Perbedaan model pembelajaran problem based learning dan project based learning terhadap peningkatan kemampuan berpikir kritis ipa siswa SD. MIMBAR PGSD Undiksha , 9 (1), 40-48.
Sutarti, T., & Astuti, W. (2021). Dampak media YouTube dalam proses pembelajaran dan pengembangan kreatifitas bagi kaum milenial. Widya Aksara: Jurnal Agama Hindu, 26(1), 98–99.
Sutrisno. (2021). Evaluasi Pembelajaran. Jakarta: Prenada Media.
Trianti, T. (2020). Perbedaan Hasil Belajar Model Pembelajaran Direct Instruction dan Problem Based Learning pada Gambar Teknik Di SMK. Jurnal Kajian Pendidikan Teknik Bangunan, 6(2), 1–5.
Ubabuddin. (2019). Hakikat Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jurnal Edukatif, 5(1), 18-27.
Utomo, J. 2017. Analisis Efektivitas Pelaksanaan Program Adiwiyata di SMA Negeri 4 Pontianak. Jurnal Pendidikan Sosiologi dan Humaniora, 8(1), 23-41.
Vika Elvira Karami, Ud’uni Yulita Rachmayanti, Dan Izzatur Rif’ah. (2021). Penggunaan Aplikasi Berbasis Audio Visual (Youtube Dan Tiktok) Sebagai Media Pembelajaran Bahasa Arab. Seminar Nasional Bahasa Arab Mahasiswa, 5, 378–388. Http://Prosiding.Arab-Um.Com/Index.Php/Semnasbama/Article/ View/
Wahyuni, S. (2019). Pengaruh model pembelajaran project based learning terhadap kemampuan pemahaman konsep siswa mata kuliah kapita selekta matematika pendidikan dasar fkip umsu. EduTech: Jurnal Ilmu Pendidikan dan Ilmu Sosial , 5 (1).
Wibowo, DC, Ocberti, L., & Gandasari, A. (2021). STUDI KASUS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI HASIL BELAJAR MATEMATIKA DI SD NEGERI 01 NANGA MERAKAI. Jurnal Ilmiah Aquinas, 4 (1), 60–64. https://doi.org/10.54367/aquinas.v4i1.974Wiryany & Tiarani Vidia Pratami. (2019).
Widodo, ANA, Amalia, SR, Khasanah, A., & Raharjo, M. (2022). Pengaruh pembelajaran mandiri, kepercayaan diri dan disposisi matematis terhadap kemampuan pemecahan masalah. Jurnal Pendidikan Surya Edukasi (JPSE) , 8 (2), 151-161.
Widyawati, A., & Lisa, R. (2019). Efektivitas Model Problem Based Learning Berbantu Media Komik Dalam Meningkatkan Kemampuan Belajar IPA Siswa. Jurnal Penelitian Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 7(2), 80–87.
Wiryany, Detya, and Tiarani Vidia Pratami. “Kekuatan Media Baru Youtube Dalam Membentuk Budaya Populer.” ArtComm : Jurnal Komunikasi Dan Desain 2, no. 02 (2019): 25–30
Wulandari, AR, Masturi, M., & Fakhriyah, F. (2021). Pengaruh media pembelajaran berbasis youtube terhadap hasil belajar IPA siswa di sekolah dasar. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan , 3 (6), 3779-3785.
Wulandari, W. Pengaruh Model Pembalajaran Project Based Learning (PjBL) Berbantuan GeoGebra Terhadap Kemampuan Literasi Matematis Siswa (Skripsi, Jakarta: FITK UIN Syarif Hidayatullah Jakarta).
Yandi, A., Putri, ANK, & Putri, YSK (2023). Faktor-faktor yang mempengarui hasil belajar peserta didik (tinjauan literatur). Jurnal Pendidikan Siber Nusantara, 1 (1), 13-24.
Yulistian, A., dkk. (2023). Peran Media Pembelajaran Interaktif dalam Meningkatkan Antusiasme Belajar Peserta Didik. Jurnal Pendidikan, 15(1), 101-110.
Yusriani, Y., Nasution, M., & Syahputra, E. (2022). Pemanfaatan Aplikasi You Tube Sebagai Media Pembelajaran Bahasa Indonesia. Jurnal Multidisiplin Dehasen (MUDE), 1(3), 215-218.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Deudeu Nurul Wahidah, Darda Abdullah Sjam, Nurul Fazriyah (Author)

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.