PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAM GAMES TOURNAMENT BERBANTUAN APLIKASI BAAMBOOZLE TERHADAP KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP IPA PESERTA DIDIK SD

Authors

  • Nabillah Putri Adinda Fahra Universitas Pasundan, Indonesia Author
  • Dadang Iskandar Universitas Pasundan, Indonesia Author
  • Nurul Fazriyah Universitas Pasundan, Indonesia Author

DOI:

https://doi.org/10.71282/jurmie.v2i6.527

Keywords:

Model Pembelajaran Team Games Tournament, Baamboozle, Pemahaman Konsep IPA, IPAS

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan pemahaman konsep IPA melalui model pembelajaran Team GamesTournament (TGT) berbantuan aplikasi Baamboozle dalam pembelajaran IPAS. Penelitian dilaksanakan menggunakan pendekatan kuantitatif metode kuasi eksperimen dengan desain penelitian Non Equivalent Control Group. Penelitian ini dilaksanakan di kelas V SDN 188 Bandung Baru Kota Bandung, karena pemahaman konsep IPA peserta didik yang masih rendah, hasil ulangan harian mayoritas peserta didik dibawah KKTP. Penelitian ini menggunakan uji deskriptif, uji normalitas, homogenitas dan hipotesis untuk mengetahui perbedaan rata-rata nilai peserta didik dan uji effect size dalam mengukur pengaruh penggunaan model TGT berbantuan aplikasi Baamboozle terhadap pemahaman konsep IPA. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa terdapat nilai rata-rata kelas eksperimen 82,31 > rata rata kelas kontrol 66,00 dengan besar perbedaan 16,31%. Selain itu, pengaruh model pembelajaran TGT berbantuan aplikasi Baamboozle terhadap kemampuan pemahaman konsep IPA yaitu sebesar 2.16 berkategori sangat besar. Berdasarkan hasil tersebut, penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe Team Games Tournament berbantuan aplikasi Baamboozle berpengaruh pada pemahaman konsep IPA dan dapat dijadikan salah satu model serta media pembelajaran untuk diterapkan pada pembelajaran IPAS di Sekolah Dasar.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Aen, R., & Kuswendi, U. (2020). Meningkatkan Pemahaman Konsep IPA Siswa SD Menggunakan Media Visual Berupa Media Gambar Dalam Pembelajaran IPA. COLLASE (Creative of Learning Students Elementary Education), 3(3), 99-103.

Anderson, L. W., Karthwohl, D. R., Airasian, P. W., Cruikhshank, K. A., Mayer, R. E., Raths, J., Wittrock, M. C. (2023) A Taxonomy for Learning, Teaching, and Assessing: A Revision of Bloom’s taxonomy of educational Objectivesc (diterjemahkan oleh Udin Juhrodin). Sumedang: Perum Griya Sampurna.

Andriyani, Y., Safitri, N., & Yuniar, Y. (2024). Penggunaan Media Interaktif Baamboozle Terhadap Motivasi Belajar Siswa Sekolah Dasar. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 9(04), 816-824.

Ariyanti, N. R., & Junaidi, E. (2025). Peningkatan Pemahaman dan Keaktifan Peserta Didik Melalui Penggunaan Aplikasi Baamboozle Matematika Kelas IV. Jurnal Pendidikan, Sains, Geologi, dan Geofisika (GeoScienceEd Journal), 6(1), 568-571.

Erdinda, B. (2025). Pengembangan Media Interaktif Berbantu Baamboozle Pada Materi Sistem Tata Surya Kelas Vi Sdn 105297 Helvetia. Inspirasi Edukatif: Jurnal Pembelajaran Aktif, 6(2).

Hadi, U., Hayati, L., Novitasari, D., & Sripatmi, S. (2025). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe TGT berbantuan Quizizz Terhadap Kemampuan Literasi Matematis Siswa. Griya Journal of Mathematics Education and Application, 5(2), 181-192.

Handayani, V., Maulidiana, F., Nasution, A. N. P., & Anjarwati, A. (2022). Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Peserta Didik. Jurnal Sosial Humaniora Sigli, 5(2), 1050-1063.

Hareta, D., Sarumaha, M., Fau, A., Telaumbana, T., Hulu, F., Telambana, K., ... &Ndraha, L. D. M. (2022). Penggunaan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Belajar Siswa. Aksara: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal, 8(1), 325-332.

Iskandar, S., Rosmana, P. S., Agnia, A., Farhatunnisa, G., Fireli, P., & Safitri, R. (2022). Pengunaan Aplikasi Baamboozle Untuk Meningkatkan Antusias Belajar Siswa di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan dan Konseling (JPDK), 4(6), 12500-12505.

Novanto, Y.s., Anitra, R., & Wulandari, F. (2021). Pengaruh Model Pembelajaran POE Terhadap Kemampuan Pemhaman Konsep IPA Siswa SD. ORBITA: Jurnal Pendidikan dan Ilmu Fisika, 7(1), halaman 205-211.

Nurhayati, N., Egok, A. S., & Aswarliansyah, A. (2022). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe TGT pada Pembelajaran IPA Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(5): halaman 9118-9126.

Nurwulan, D. A., Ardianti, S. D., & Fajrie, N. (2023). Pengaruh Model Teams Games Tournament Berbantu Media Ethno-Puzzle Terhadap Pemahaman Konsep IPA Siswa Kelas V. As-Sabiqun, 5(2), 431-440.

Pratiwi, D. A., Djumhana, N., & Hendriani, A. (2020). Penerapan model PBL untuk meningkatkan pemahaman konsep IPA siswa kelas V SD. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 5(1), 11-18.

Prayogi, A., & Kurniawan, M. A. (2024). Pendekatan Kualitatif dan Kuantitatif: Suatu Telaah. Complex: Jurnal Multidisiplin Ilmu Nasional, 1(2), 30-37.

Rahayu, B. A., & Suryani, E. (2022). Pengaruh model Teams Games Tournament (TGT) berbantuan media ular tangga untuk pemahaman konsep siswa pada pelajaran IPA kelas 4 SD Negeri Bakalrejo 01. Media Penelitian Pendidikan: Jurnal Penelitian dalam Bidang Pendidikan dan Pengajaran, 16(1), 14-20.

Rohmah, K., & Prayito, M. (2024). Penerapan Model Team Games Tournament (TGT) terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik Materi Kalimat Ajakan Kelas II SD Sawah Besar 01 Semarang. 8.

Saputri, Y., & Wardani, K. W. (2021). Meta analisis: efektivitas model pembelajaran problem solving dan problem based learning ditinjau dari kemampuan pemecahan masalah matematika sd. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 5(2): halaman 935-948.

Setiawan, Z., Lastya, H. A., & Sadrina, S. (2021). Penerapan TGT (Team Games Tournament) untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik di Kelas X Teknik Instalasi Tenaga Listrik SMKN 2 Sigli. Jurnal Edukasi Elektro, 5(2), 131-137.

Shiddiq, I., Sari, M., Nasution, Z. A., Purba, H. N., Kurniati, A., Junitri, A., ... & Syahputri, H. (2025). Implementasi Penggunaan Media Baamboozle untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Matematika Kelas 4 SDN 11 Panai Hulu. Indo-MathEdu Intellectuals Journal, 6(1), 532-539.

Suardin, S., Hamiyani, H., & Fazila, N. (2023). Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Melalui Penerapan Model Pembelajaran Teams Games Tournament (TGT) Pada Siswa Sekolah Dasar. Innovative: Journal Of Social Science Research, 3(4), 4437-4446.

Sukmawati, H., Intiana, S. R. H., & Handika, I. (2025). Pengaruh Model Pembelajaran Cooperative Learning Tipe Teams Games Tournament (TGT) Berbantuan Media Wordwall Terhadap Pemahaman Konsep IPA Kelas IV di SDN 37 Cakranegara. Journal of Classroom Action Research, 7(1), 197-205.

Sulistyowati, R. W., & Suteki, M. (2023). Meningkatkan Kemampuan Kognitif Melalui Pemanfaatan Media Pembelajaran Digital Baamboozle Pada Kelompok B DI TK ABA WASUR II. Prima Magistra: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 4(2), 156-162.

Usman, A. T., Munawaroh, N., Prahmana, P., & Saifullah, I. (2024). Penerapan Model Pembelajaran Team Games Tournament (TGT) Untuk Meningkatkan Keaktifan Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam. Jurnal Intelek Insan Cendikia, 1(6), 2143-2160.

Yunita, N. K. D., & Tristiantari, N. K. D. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Tgt Berbasis Kearifan Lokal Tri Hita Karana Terhadap Hasil Belajar. Jurnal Pendidikan Multikultural Indonesia, 1(2), 96-107.

Downloads

Published

20-06-2025

How to Cite

PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAM GAMES TOURNAMENT BERBANTUAN APLIKASI BAAMBOOZLE TERHADAP KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP IPA PESERTA DIDIK SD. (2025). Jurnal Riset Multidisiplin Edukasi, 2(6), 626-635. https://doi.org/10.71282/jurmie.v2i6.527

Similar Articles

1-10 of 86

You may also start an advanced similarity search for this article.