PENGGUNAAN MODEL PROJECT BASE LEARNING UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR PADA PEMBELAJARAN IPAS DI SEKOLAH DASAR
DOI:
https://doi.org/10.71282/jurmie.v2i6.563Keywords:
Project Based Learning, Pembelajaran, MotivasiAbstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya motivasi belajar peserta didik. Banyak peserta didik merasa bosan dan lelah ketika mendengarkan materi, terlalu banyak aktivitas menulis yang monoton, selain itu pendidik masih menggunakan model direct instruction yang dimana pendidik hanya menerangkan materi juga memberi tugas. jika tidak diimbangi dengan model pembelajaran yang tepat dapat membuat peserta didik merasa cepat lelah dan jenuh sehingga mengakibatkan pengetahuan peserta didik terkendala dan pemikirannya tidak berkembang. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model Project Based Learning (PjBL) terhadap motivasi belajar peserta didik pada pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam dan Sosial (IPAS). Penelitian ini menggunakan jenis pendekatan kuantitatif dengan metode penelitian eksperimen jenis quasi eksperimen dengan tipe nonequivalent control group design. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah menggunakan observasi, dan kuisioner/angket, dan dianalisis dengan uji N-Gain. Berdasarkan Hasil Uji Gain Ternormalisasi bahwa setelah melakukan kegiatan penelitian dan diperolehnya hasil data pretest dan posttest maka didapatkan hasil indeks gain dari kela eksperimen sebesar 37.8443 dan kelas kontrol sebesar 27,8860. Dapat disimpulkan bahwa kelas eksperimen mendapat kategori sedang dan kelas kontrol mendapat kategori rendah. Itu menunjukkan bahwa terdapat peningkatan motivasi belajar menggunakan model project based learning dibanding kelas kontrol yang menggunakan model direct intruction.
Downloads
References
Amir, M., & Azis Muslimin, A. (2022). PENGARUH MODEL PROJECT BASED LEARNING TERHADAP MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR IPS SISWA KELAS ATAS DI UPT SPF SD NEGERI MANGKURA IV MAKASSAR. 8(2).
Andra Ningsih, D., & Fadillah, L. (2019). EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN DI LUAR KELAS DALAM PEMBENTUKAN SIKAP PERCAYA DIRI PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN IPA DI KELAS V SDN 190 CENNING. Pendidikan Dasar Dan Keguruan, 4(2). http://journal.iaimsinjai.ac.id/index.php/JPDK
Asrulla, A. (n.d.). Populasi dan Sampling (Kuantitatif), Serta Pemilihan Informan Kunci (Kualitatif) dalam Pendekatan Praktis. https://www.researchgate.net/publication/386875018
Candra Susanto, P., Ulfah Arini, D., Yuntina, L., & Panatap Soehaditama, J. (n.d.). Konsep Penelitian Kuantitatif: Populasi, Sampel, dan Analisis Data (Sebuah Tinjauan Pustaka). https://doi.org/10.38035/jim.v3i1
Fakhruddin, U., & Saepudin, D. (2018). Integrasi dalam Sistem Pembelajaran di Pesantren. Ta’dibuna: Jurnal Pendidikan Islam, 7(1), 94. https://doi.org/10.32832/tadibuna.v7i1.1355
Lestari, E., Juaini, M., & Rokhmat, J. (2023). Penerapan Project Based Learning untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Peserta Didik. Journal of Classroom Action Research, 5(3). https://doi.org/10.29303/jcar.v5i3.5529
Pangesti, W. A., Fanani, A., Prastyo, D., & Artikel, I. (2020). PENGARUH MODEL PROJECT BASED LEARNING TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA. In Buana Pendidikan Spesial Issue (Vol. 16, Issue 30). http://jurnal.unipasby.ac.id/index.php/jurnal_buana_pendidikan/index
Prawiyogi, A. G., Sadiah, T. L., Purwanugraha, A., & Elisa, P. N. (2021). Penggunaan Media Big Book untuk Menumbuhkan Minat Membaca di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(1), 446–452. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i1.787
Rahman, S. (n.d.). PASCASARJANA UNIVERSITAS NEGERI GORONTALO PROSIDING SEMINAR NASIONAL PENDIDIKAN DASAR “Merdeka Belajar dalam Menyambut Era Masyarakat 5.0” PENTINGNYA MOTIVASI BELAJAR DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR.
Tohir, M. (n.d.). Hasil PISA Indonesia Tahun 2018 Turun Dibanding Tahun 2015. https://matematohir.wordpress.com/
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Inne Sulastri, Darda Abdullah Sjam, Acep Roni Hamdani (Author)

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.